Ricky Harun Akui Beratnya Berhijrah

Reporter : Amrikh Palupi
Senin, 4 Februari 2019 19:40
Ricky Harun Akui Beratnya Berhijrah
Begini cerita Ricky Harun nikmati perjalanan memperdalam ilmu agama atau berhijrah.

Dream - Ricky Harun mulai berhijrah. Meski terus mendalami ilmu-ilmu agama, dia mengaku tidak akan meninggalkan dunia keartisan.

" Kita boleh hijrah, tapi tidak kerjanya juga harus sesuai syariat. Pelan-pelan-lah, tidak bisa langsung," kata Ricky Harun, dikutip dari Liputan6.com, Senin 4 Februari 2019.

Dia mengatakan, dalam proses berhijrah, sesuatu yang tidak baik dalam kehidupannya memang harus ditinggalkan. Namun, tidak semua dalam kehidupannya dilarang oleh syariat sehingga masih boleh dilakukan.

" Yang tidak baik ditinggalkan, tapi tetap bisnis dan kerja. Terus semangat aja karena kalau itu sumber pemasukan kenapa ditinggal?" imbuhnya.

rickyharun© rickyharun

Foto : @rickyharun

Selain itu, Ricky Harun mengaku mulai pilih-pilih pekerjaan. Ia tak mau bermain sinetron atau film yang lebih banyak bersinggungan dengan kaum Hawa.

" Ini sudah mulai agak memilih. Ada beberapa hal yang harus direvisi aja gitu. Kita kasih solusi dan diobrolin gimana enaknya. Misalnya kayak adegan pelukan. Meski itu bohongan, tapi kan sama saja itu pelukan. Sama ya, adegan-adegan yang bernilai tidak baik ke masyarakat," kata Ricky.

1 dari 3 halaman

Bertambah Job Pekerjaan

Suami Herfiza Novianti ini mengaku, sejak memutuskan berhijrah pekerjaannya bukannya berkurang. Tawaran pekerjaan justru membanjir.

Meski pekerjaan tersebut merupakan hal yang baru, Ricky Harun merasa mendapat ilmu dari pekerjaan itu.

rickyharun© rickyharun

Foto : @rickyharun

" Nambah, tapi di job-job lain. Sekarang jadi nge-host, dapat pekerjaan mc, dapat pekerjaan mengisi di acara-acara luar kota bareng teman-teman. Ada keuntungan tersendiri sih. Jadi dapet uang dan ilmu," ucapnya.

Sumber : www.liputan6.com/Sapto Purnomo

2 dari 3 halaman

Akui Berhijrah Berat

Tapi, tak dipungkiri pria kelahiran Bandung, 12 Januari 1987 ini jalan untuk berhijah cukup berat dia lalui. Sebab, Ricky Harun harus meninggalkan kebiasaan yang dahulu sering dilakukan, dan ternyata dilarang oleh agama.

" Kalau berat sih memang berat, karena yang biasanya kita lakukan itu tidak boleh.Buat kita berat," kata Ricky Harun.

ricky harun© ricky harun

Foto : @rickyharun

Meski sulit, perlahan Ricky Harun mulai terbiasa untuk meninggalkan hal tersebut. Semua semata-mata untuk menjadikan dirinya sebagai pribadi yang lebih baik lagi, dan mendalami ilmu agama.

" Setelah kita belajar, dan dikasih tahu dengan penjelasan yang baik, jadi kita mengerti. Kalau berat sudah pasti berat, tapi ganjarannya nanti setimpal sama apa yang kita perbuat sekarang," lanjut Ricky Harun.

 

 

3 dari 3 halaman

Bersyukur

Ricky mengaku bersyukur tak sedikit dari sahabat-sahabat yang ikut hijrah mendoakan dirinya agar tetap istikomah. Hal itu membuat dirinya semakin yakin untuk mendekatkan diri kepada Sang Khaliq.

Ricky Harun© Ricky Harun

Foto : @rickyharun

" Justru mereka mensyukuri, 'Alhamdulilah lo sekarang belajar' gitu. Yang lain banyak juga yang minta didoain supaya dikasih hidayah. Kan banyak temen masih begitu, shalatnya sudah lima waktu, tapi masih begitu. Jadi mereka minta didioain supaya diberi hidayah," tuturnya.

Sumber : www.liputan6.com/Sapto Purnomo

Beri Komentar