20 Kata-Kata 17 Agustus 1945, Jadi Bahan Renungan untuk Tetap Berjuang Mengisi Kemerdekaan

Reporter : Arini Saadah
Senin, 1 Agustus 2022 11:46
20 Kata-Kata 17 Agustus 1945, Jadi Bahan Renungan untuk Tetap Berjuang Mengisi Kemerdekaan
Proklamasi 17 Agustus 1945 ini adalah awal dari keinginan Indonesia untuk berdikari menjadi satu bangsa yang merdeka dari penjajahan.

Dream – Kemerdekaan Indonesia adalah pencapaian bangsa setelah bertahun-tahun dijajah dan dikeruk sumber kekayaannya oleh penjajah. Kekayaan sumber daya alam, manusia, dan budaya dikeruk habis-habisan oleh bangsa penjajah. Masyarakat menjadi budak di negara sendiri.

Momen proklamasi menjadi momen kebanggaan yang sulit diungkapkan oleh kata-kata. Proklamasi 17 Agustus 1945 ini adalah awal dari keinginan Indonesia untuk berdikari menjadi satu bangsa yang merdeka dari segala bentuk penjajahan.

Meskipun setelah proklamasi 17 Agustus 1945, Indonesia masih terus berjuang karena bangsa penjajah berusaha menguasai kembali ibu pertiwi. Namun para pahlawan bangsa berjuang bersama untuk mempertahankan kemerdekaan.

Tahun ini, Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-77 tahun. Dengan semangat kemerdekaan, mari kita sama-sama berjuang untuk mengisi kemerdekaan. Kata-kata 17 Agustus 1945 menjadi salah satu ungkapan yang bisa menggelorakan semangatmu. Kata-kata 17 Agustus 1945 ini semoga bisa membuatmu termotivasi dan lebih semangat dalam menjalani kehidupan.

1 dari 4 halaman

Kata-kata 17 Agustus 1945 Penuh Arti

Kata-kata 17 Agustus 1945 dapat membangkitkan semangatmu selayaknya berjuang dalam merebut kemerdekaan. Setiap kalimat dari kata-kata 17 Agustus 1945 ini mengandung makna tentang semangat perjuangan.

Terutama saat peringatan hari kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus. Seluruh rakyat Indonesia bersuka cita menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan ini, salah satunya dengan membagikan kata-kata 17 Agustus 1945.

  1. “ Kemerdekaan hanya dapat dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati.”
  2. “ Keindahan hidup itu bukan terletak pada puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan.”
  3. “ Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa.”
  4. “ Kemerdekaan merupakan pencapaian besar suatu bangsa, namun merawat dan mengisi kemerdekaan adalah perjuangan yang tidak ada selesainya.”
  5. “ Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan untuk dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita.”
2 dari 4 halaman

Kata-kata 17 Agustus 1945 Jadi Pengingat Perjuangan

Berikut kata-kata 17 Agustus 1945 yang selanjutnya. Cocok untuk meramaikan dunia maya saat menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

  1. “ Merdeka itu hak segala bangsa, dan juga hak semua orang. Padamkan kebencian antar bangsa, dan ciptakan perdamaian antar dunia.”
  2. “ Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Jepang, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa.”
  3. “ Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir. Putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh.”
  4. " Semangat tak hanya bergelora saat bangsaku baik-baik saja, namun di saat-saat penuh perjuangan inilah sesungguhnya kami ada.
  5. " 17 Agustus 1945 adalah hari bersejarah bagi Indonesia. Semoga di hari kemerdekaan ini, bangsa kita kedepannya benar-benar merdeka dalam segala lini kehidupan.”
3 dari 4 halaman

Kata-kata 17 Agustus 1945 Penuh Semangat

Banyak kata-kata 17 Agustus 1945 yang bisa menjadi penyemangat. Beberapa di antaranya bisa kamu baca berikut ini:

  1. “ Jika kamu pernah merasakan betapa pedih dan menderitanya dijajah oleh bangsa asing, maka kamu akan bisa menghargai setiap darah yang diteteskan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia.”
  2. “ Jangan pernah mengaku sebagai pemuda Indonesia jika tidak mau berjuang dalam mewujudkan cita-cita.”
  3. “ Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan.”
  4. “ Kemerdekaan ialah pencapaian yang harus diisi tanpa batas. Semakin lemah suatu bangsa, maka kemerdekaan itu semakin tiada artinya. Mari berjuang dan berkarya bersama-sama demi negara Indonesia tercinta!”
  5. “ Jadikan bahumu menjadi kokoh bak baja. Karena masih banyak saudara-saudara kita yang masih memerlukan tempat untuk bersandar. Selamat HUT RI ke-77!”
4 dari 4 halaman

Kata-kata 17 Agustus 1945

Kumpulan kata-kata 17 Agustus 1945 berikut ini bisa juga jadi rekomendasi lainnya:

  1. “ Para pahlawan membayar kemerdekaan ini dengan darah, kita menghargai kemerdekaan itu dengan keringat kerja keras untuk berkarya membanggakan Indonesia.”
  2.  “ Jangan pernah bermimpi untuk merdeka, ketika kalian sendiri malas untuk mengejarnya.”
  3. “ Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.”
  4. “ Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkanlah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih adalah warna benderamu.”
  5. " Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri."

Itulah kumpulan kata-kata 17 Agustus 1945 yang dapat membangkitkan semangatmu dalam berjuang mengisi kemerdekaan. Banyak hal positif untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, termasuk mengedepankan kejujuran, ketulusan dan kerja keras tanpa pamrih.

Beri Komentar