6 Manfaat Memperbanyak Puasa Sunnah, Cara untuk Melawan Nafsu & Melatih Kesabaran

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 26 Februari 2022 18:01
6 Manfaat Memperbanyak Puasa Sunnah, Cara untuk Melawan Nafsu & Melatih Kesabaran
Manfaat puasa sunnah di antaranya membuat jiwa lebih kuat dan mampu menahan hawa nafsu untuk berbuat keburukan.

Dream – Setiap perintah Allah SWT dan ucapan yang disampaikan Rasulullah SAW pasti memiliki hikmah dan manfaat yang luar biasa. Tak hanya sebagai amal ibadah, tuntutan yang dijalankan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu anjuran yang sangat bermanfaat adalah rutin menjalani puasa sunnah.

Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, puasa sunnah juga banyak dilakukan umat Islam. Puasa sunnah terdiri dari banyak macam, di antaranya puasa Senin-Kamis, puasa ayyamul bidh, puasa daud, puasa syawal dan puasa dzulhijjah.

Memperbanyak puasa sunnah sudah banyak diyakini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi yang melaksanakannya. Di antara manfaat puasa sunnah adalah membuat jiwa lebih kuat dan mampu menahan hawa nafsu untuk berbuat keburukan.

Selain itu masih banyak manfaat memperbanyak puasa sunnah yang akan Dream bahas di bawah ini. Yuk disimak!

1 dari 4 halaman

Dalil Manfaat Puasa

Puasa merupakan ibadah yang diperuntukkan untuk Allah. Sehingga Allah menjanjikan dua kebahagiaan, yakni kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu Tuhannya.

Hal ini seperti yang dijelaskan hadis berikut ini:

" Setiap amal anak Adam akan dilipatgandakan satu kebaikan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan atas kehendak Allah, Allah berfirman, “ Kecuali puasa, puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, ia tinggalkan makan dan minumnya karena Aku.

Orang yang berpuasa itu mempunyai dua kebahagiaan, satu kebahagiaan ketika tiba waktu berbuka, dan satu kebahagiaan lagi ketika berjumpa dengan Rabb-nya. Dan sungguh, bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari bau minyak kesturi.” (HR Ibnu Majah)

2 dari 4 halaman

Manfaat Memperbanyak Puasa Sunnah

1. Tubuh Lebih Sehat

Manfaat memperbanyak puasa sunnah dari sisi kesehatan adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Jika tubuh terlatih berpuasa, maka organ-organ di dalam tubuh melakukan detoksifikasi untuk membuang segala racun dan penyakit. Puasa juga akan menyehatkan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, manfaat memperbanyak puasa sunnah juga akan melatih kecerdasan emosional sehingga kita dapat mengontrol diri sehingga tidak mudah depresi atau stres.

2. Jiwa Menjadi Lebih Kuat

Manfaat memperbanyak puasa sunnah yang kedua adalah bisa menjadikan jiwa lebih kuat. Sebab selama berpuasa, seorang muslim dituntut bisa melawan hawa nafsu untuk berbuat keburukan.

Puasa melatih seseorang tentang kesabaran dalam menghadapi ujian. Selain itu, memperbanyak puasa sunnah akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

3 dari 4 halaman

3. Hidup Jadi Disiplin

Manfaat memperbanyak puasa sunnah yang selanjutnya adalah menjadikan hidup lebih disiplin. Waktu buka dan saur yang pasti membuat seseorang harus melakukannya dengan tepat. Selain itu, ketika berpuasa sunnah, kamu akan lebih mawas diri karena merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan kita. Dengan begitu, kamu akan takut untuk berbuat dosa yang dapat membatalkan puasa.

Selain disiplin, manfaat berpuasa juga akan membuat seseorang lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang pastinya akan mendekatkan dirinya dengan Allah SWT.

4. Melawan Hawa Nafsu

Manfaat memperbanyak puasa sunnah yang paling penting adalah bisa membantu melawan hawa nafsu. Setiap hari ketika beraktivitas tentu akan banyak godaan setan yang mengajak berbuat dosa dan maksiat.

Namun dengan puasa, hawa nafsu kamu akan terlatih untuk dikontrol, sehingga kamu tidak akan melakukan perbuatan yang dilarang Allah.

4 dari 4 halaman

5. Mengajarkan Hidup Sederhana

Manfaat memperbanyak puasa sunnah yang tak kalah penting adalah mengajarkan kepada kita untuk hidup sederhana. Saat berpuasa, umat Islam sebenarnya dilatih untuk tidak membeli makanan dan minuman yang berlebihan. Selain itu juga menahan diri untuk hal-hal duniawi lainnya.

Puasa sunnah juga mengajarkan kepada kita untuk lebih berempati kepada sesama makhluk di lingkungan sekitar yang mungkin hidupnya lebih kurang beruntung dari kita.

6. Mendapat Nikmat Tiada Tara

Manfaat memperbanyak puasa sunnah yang terakhir adalah akan mendapatkan kenikmatan sebagai umat Rasulullah SAW. Kenikmatan ini tidak akan didapatkan oleh orang yang tidak pernah menjalankan puasa sunnah.

Kita akan semakin bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita setiap harinya. Ketika berbuka rasa nikmat itu muncul dengan tiada terkira. Sungguh menjadi umat Nabi Muhammad SAW adalah suatu nikmat yang tak tertandingi oleh apapun.

(Sumber: unpak.ac.id dan smartcity.patikab.go.id)

Beri Komentar