Biar Keren Foto sama Ular Kobra, Ngeri! Malah Jadinya Begini

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 13 April 2017 10:02
Biar Keren Foto sama Ular Kobra, Ngeri! Malah Jadinya Begini
Konyolnya, alih-alih membawa turis itu ke rumah sakit, pawang ular mengantarkannya ke seorang dukun.

Dream - Seorang turis pria di India tewas beberapa saat setelah swafoto sambil memegang ular kobra. Tanpa dia tahu, ular itu tiba-tiba menggigitnya.

Kejadian bermula saat pawang membuat atraksi dengan menaruh ular itu di lehernya, sementara yang lain menonton dan merekam. Tiba-tiba saja, ular berbisa itu menggigit pipi pria malang itu.

Awalnya, pria itu tidak menyadari ular itu telah menyalurkan bisa dalam dosis mematikan. Dia sempat bertanya pada pawang ular tentang gigitan ular itu sebelum akhirnya tak sadarkan diri.

Konyolnya, alih-alih membawa turis itu ke rumah sakit, pawang ular mengantarkannya ke seorang dukun di Jodhpur, Rajasthan. Akibatnya, turis itu meninggal satu jam kemudian.

Seperti diketahui, bisa ular kobra sangat ganas. Setelah menyebar melalui aliran darah, bisa ular kobra menyebabkan kelumpuhan, gagal pernapasan, serangan jantung dan mati.

Pakar di University of Michigan mengatakan ular kobra memiliki beberapa metode untuk menyuntikkan bisa mematikan mereka ke dalam tubuh mangsanya.

Beberapa jenis ular kobra meludahkan bisa mereka ke mata korban, menyebabkan rasa sakit ekstrem dan kebutaan.

" Namun kebanyakan kobra menyuntikkan bisa mautnya melalui gigitan," kata mereka.

Satu-satunya cara melawan efek mematikan bisa ular adalah segera menyuntikkan anti-bisa yang sesuai begitu digigit.

" Jika tidak ada anti-bisa, gunakan alat bantu pernapasan buatan sampai kelumpuhan pada otot diafragma hilang," tambah mereka.

(Sumber: Metro.co.uk)

1 dari 4 halaman

King Kobra Marah Diberi Air Minum, Astaga Reaksinya...

Dream - Biasanya, ular kobra akan mencoba melarikan diri ketika bertemu dengan manusia. Tetapi satu video yang direkam di India membantah anggapan itu. 

Seorang penyelamat hewan liar di selatan India berhasil merekam peristiwa saat ular kobra sepanjang 3,7 meter tiba-tiba menjadi ramah terhadap manusia ketika ia terdesak.

Dalam video yang diunggap di laman Siakapkeli, terlihat sang ular sangat kehausan akibat kekeringan panjang di wilayah tersebut.

Diyakini, ular itu memasuki Desa Kaiga di Uttara Kannada, Distrik Karnataka, India untuk mencari sumber air minum. Sebab, area tersebut dilanda kemarau panjang yang menyebabkan kesulitan air.

 

Dalam video yang diunggah, seorang penyelamat hewan terlihat menuangkan air ke arah ular itu. Seperti layaknya hewan jinak, ular tersebut terlihat begitu bersemangat meminum air itu.

Tetapi, meskipun itu adalah momen yang 'bersahabat', penyelamat tahu saat itu bisa berubah menjadi tragedi kapan saja. Pria yang memberi air itu juga terlihat memegang besi penangkap ular untuk menjaga keamanan.

Jangan berani-berani mencoba ya Sahabat Dream!

2 dari 4 halaman

Ini Penyebab Akbar Tak Bisa Lolos Saat Ditelan Piton Bulat-bulat!

Dream - Kasus seorang petani Indonesia ditelan bulat-bulat oleh seekor ular piton tidak hanya membuat heboh warga lokal tapi juga menjadi perhatian dunia internasional.

Sebelumnya, polisi mengatakan seorang petani di Sulawesi Barat telah ditelan oleh seekor ular piton. Hal itu diketahui ketika penduduk yang menangkap dan membunuh ular itu ramai-ramai membelah perutnya.

Mereka menemukan korban masih dalam keadaan utuh saat perut ular raksasa itu dibelah.

Akbar, petani berusia 25 tahun itu kemungkinan diserang dan ditelan di sebuah perkebunan kelapa sawit di dekat desanya di Sulawesi Barat.

Kejadian yang sangat langka tersebut menimbulkan sejumlah pertanyaan di kalangan netizen. Banyak yang heran bagaimana petani tersebut bisa sampai tertelan secara utuh.

Berikut ini penjelasan bagaimana seekor ular piton menelan mangsanya hingga tetap utuh di dalam tubuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Membuat Mangsa Tetap Utuh

Ular piton yang memangsa petani itu termasuk jenis piton retikulasi. Artinya ular tersebut menggunakan belitan untuk melemahkan mangsanya sebelum menelannya.

Ular jenis ini biasanya sangat panjang dan kuat. Menurut laporan, ular tersebut panjangnya sampai 7 meter.

Dengan tubuh yang panjang dan besar, ular itu mampu membelit dan menghancurkan bagian dalam tubuh mangsanya hingga mati karena lemas atau serangan jantung.

Namun cara makan ular piton yang membuat mangsanya bisa utuh saat berada di dalam perutnya.

Ular tidak mengunyah makanannya, tapi harus menelannya secara utuh. Rahang ular dihubungkan oleh ligamen yang sangat fleksibel yang dapat meregang saat menelan mangsa yang berukuran lebih besar. Meski begitu, ada batasnya.

" Faktor yang membatasi itu adalah tulang belikat manusia yang tidak bisa dilipat," kata Mary-Ruth Low, petugas konservasi dan riset untuk Wildlife Reserves Singapura dan pakar ular piton kepada BBC, dikutip Dream, Kamis 30 Maret 2017.

4 dari 4 halaman

Jarang Terjadi

Jadi, meskipun serangan ular piton retikulasi terhadap manusia jarang terjadi di masa lalu, para pakar telah lama mempertanyakan apakah ular piton jenis ini bisa menelan seorang pria dewasa.

" Ular piton sebenarnya hanya berburu hewan mamalia. Mereka makan reptil lainnya atau buaya. Tapi kadang juga makan tikus dan binatang kecil lainnya," tambah Low.

Tetapi ketika ular piton jenis ini menjadi dewasa, makanan seperti tikus sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan kalorinya.

" Intinya, mereka bisa menyesuaikan ukuran tubuhnya saat menelan mangsa yang lebih besar," kata Low.

Beri Komentar