6 Bukti Kuasa Allah SWT yang Dijelaskan dalam Al-Quran, Bisa Tingkatkan Keimanan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 10 Agustus 2022 14:00
6 Bukti Kuasa Allah SWT yang Dijelaskan dalam Al-Quran, Bisa Tingkatkan Keimanan
Adanya bukti kekuasan Allah SWT seharusnya membuat umat Islam menjadi taat dan patuh kepada-Nya.

Dream – Sebagai umat Islam tentunya harus percaya secara penuh bahwa Allah SWT adalah zat yang Maha Kuasa. Allah SWT lah yang menciptakan dunia dengan segala isinya serta makhluk hidup yang ada di dalamnya. Sudah menjadi kewajiban umat manusia untuk tunduk dan patuh kepada-Nya. Bahkan Allah SWT jugalah yang memutuskan segala yang terjadi dalam hidup manusia.

Bukti akan kuasa Allah SWT ada banyak sekali dijelaskan dalam Al-Quran. Selain itu, sahabat Dream juga bisa merasakan dan mengamati secara langsung kuasa Allah SWT di sekeliling. Sedangkan hal-hal yang tidak bisa sahabat Dream rasakan dan amati, namun menjadi bagian kuasa Allah SWT misalnya saja tentang surga dan neraka.

Semua kuasa Allah SWT yang ditunjukkan di dunia ini tak hanya membuat takjub umat manusia. Namun hal ini seharusnya mampu meningkatkan keimanan seseorang kepada-Nya dan semakin membuat kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Untuk mengetahui apa saja tanda kuasa Allah SWT, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Bukti Kuasa Allah SWT

Bukti Kuasa Allah SWT© Unsplash.com

Kapal dan Bahtera di Laut

Bukti akan kuasa Allah SWT adalah keberadaan kapal dan bahtera yang ada di lautan. Jika sahabat Dream naik kapal di lautan, coba pikirkan dan renungkan, bagaimana bisa kapal yang berukuran sangat besar bisa dengan kokohnya mengapung di atas air? Belum lagi di dalam kapan tersebut terdapat banyak orang dan barang-barang yang membuat beban kapal tentunya sangatlah besar.

Jika kita pikirkan memang sangatlah luar biasa. Dan hal itu menjadi sesuatu yang mudah bagi Allah SWT. Karena Allah SWT adalah Maha Kuasa yang bisa menjadikan segala sesuatu yang menurut manusia mustahil, namun bagi-Nya adalah suatu hal yang bisa terjadi dalam sekejap. Fenomena ini dijelaskan dalam Al-Quran melalui surat Asy-Syura ayat 32 berikut:

وَمِنْ اٰيٰتِهِ الْجَوَارِ فِى الْبَحْرِ كَالْاَعْلَامِ ۗ

Artinya: Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung.” (QS. Asy-Syura: 32).

Burung-burung di Langit

Kuasa Allah SWT berikutnya adalah keberadaan burung-burung yang beterbangan di langit. Kita sebagai manusia akan bertanya-tanya bagaimana seekor burung bisa terbang di langit? Sedangkan manusia sendiri hanya bisa berjalan di daratan.

Ya, secara ilmu memang burung bisa terbang karena memiliki sayap. Tetapi tanpa adanya kuasa Allah SWT, burung tidak akan bisa dengan bebasnya menari-nari di langit. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 79 berikut:

اَلَمْ يَرَوْا اِلَى الطَّيْرِ مُسَخَّرٰتٍ فِيْ جَوِّ السَّمَاۤءِ ۗمَا يُمْسِكُهُنَّ اِلَّا اللّٰهُ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

Artinya: Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dapat terbang di angkasa dengan mudah. Tidak ada yang menahannya selain Allah. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nahl: 79).

2 dari 3 halaman

Bukti Kuasa Allah SWT

Bukti Kuasa Allah SWT© Unsplash.com

Terjadinya Siang dan Malam

Tanda kuasa Allah SWT yang setiap harinya sahabat Dream alami adalah terjadinya siang dan malam. Di mana saat siang ditandai dengan keberadaan matahari dan saat malam ditandai dengan keberadaan bintang dan bulan yang menerangi dalam kegelapan. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Fussilat ayat 37 berikut:

وَمِنْ اٰيٰتِهِ الَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُۗ لَا تَسْجُدُوْا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوْا لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَهُنَّ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Artinya: Dan sebagian dari tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, mata-hari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan jangan (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS. Fussilat: 37).

Pembatas Air Sungai dan Laut

Pernahkah sahabat Dream melihat air sungai yang berdampingan dengan air laut? Kenapa keduanya tidak bercampur menjadi satu? Hal ini tentu saja membuat banyak orang takjub melihatnya dan inilah salah satu bukti kuasa Allah SWT yang memberikan batasan antara air sungai dan air laut. Dijelaskan juga dalam firman-Nya melalui surat Furqon ayat 53 berikut:

۞ وَهُوَ الَّذِيْ مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هٰذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ وَّهٰذَا مِلْحٌ اُجَاجٌۚ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا بَرْزَخًا وَّحِجْرًا مَّحْجُوْرًا

Artinya: Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.” (QS. Furqon: 53).

3 dari 3 halaman

Bukti Kuasa Allah SWT

Bukti Kuasa Allah SWT© Pixabay.com

Makkah dan Madinah yang Bersinar di Luar Angkasa

Bukti kuasa Allah SWT berikutnya adalah bersinarnya Makkah dan Madinah dari luar angkasa. Mengingat bahwa kedua kota tersebut adalah kota yang suci. Fenomena ini diperlihatkan oleh seorang astronot dari India yang bernama Sunita Wiliam melalui sebuah foto yang diambil dari satelit NASA.

Foto itu memperlihatkan bahwa kota Makkah dan Madinah tampak lebih terang dibanding dengan kota-kota lainnya. Sungguh, ini adalah kebesaran Allah SWT yang sangat luar biasa.

Penciptaan Manusia

Bukti kuasa Allah SWT yang terakhir adalah penciptaan manusia. Jika melihat ke dalam tubuh manusia ada berbagai macam organ yang setiap waktunya selalu menjalankan fungsinya masing-masing.

Kemudian ada banyak sekali saraf di seluruh tubuh. Kesemuanya bekerja agar manusia bisa hidup dan menjalankan berbagai aktivitas setiap harinya. Kemudian ada bagian otak yang menjadi pusat dari tubuh manusia dan menjadikan manusia sebagai makhluk yang berakal.

Itulah mengapa manusia disebut sebagai makhluk yang sempurna. Dengan kesempurnaan inilah sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk selalu beriman kepada-Nya.

Beri Komentar