Doa Didekatkan dengan Orang Baik Agar Tertular Kebaikan Darinya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 8 Desember 2022 20:01
Doa Didekatkan dengan Orang Baik Agar Tertular Kebaikan Darinya
Agar didekatkan dengan orang-orang baik, bacalah doa-doa di bawah ini!

Dream - Islam memerintahkan kepada para pemeluknya untuk bergaul dengan orang-orang yang baik. Seperti halnya keburukan, kebaikan juga bisa menular namun dengan kecepatan `penularan` yang tidak secepat keburukan.

Bergaul dengan orang-orang baik akan membuat kita semangat untuk berbuat kebaikan juga. Selain berusaha untuk mendekati dan bergaul dengan orang baik, ada bacaan doa yang bisa Sahabat Dream panjatkan agar bisa dekat dengan mereka.

Doa didekatkan dengan orang baik bisa menjadikan kita bersemangat untuk bergaul dengan orang-orang shaleh. Dengan begitu kita akan tertular untuk berperilaku kebaikan dan ibadah kepada Tuhan.

Berikut bacaan doa didekatkan dengan orang baik yang perlu kamu amalkan setiap hari, dirangkum Dream dari laman Bincang Syariah.

1 dari 2 halaman

1. Doa Didekatkan dengan Orang Baik

Doa didekatkan dengan orang baik hendaknya dibaca sebagai dzikir harian. Doa ini dikutip dari sebuah hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berikut ini:

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ ادْعُ اللَّهَ أَنْ يُحَبِّبَنِي أَنَا وَأُمِّي إِلَى عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِينَ وَيُحَبِّبَهُمْ إِلَيْنَا قَالَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ حَبِّبْ عُبَيْدَكَ هَذَا يَعْنِي أَبَا هُرَيْرَةَ وَأُمَّهُ إِلَى عِبَادِكَ الْمُؤْمِنِينَ وَحَبِّبْ إِلَيْهِمْ الْمُؤْمِنِينَ فَمَا خُلِقَ مُؤْمِنٌ يَسْمَعُ بِي وَلَا يَرَانِي إِلَّا أَحَبَّنِي

Artinya:

Saya berkata; Wahai Rasulullah, doakanlah kepada Allah agar Dia menjadikan aku dan ibuku mencintai hamba-hamba-Nya yang beriman dan mereka mencintai kami.’ Abu Hurairah berkata, ‘Kemudian Rasulullah Saw berdoa; ‘Ya Allah, jadikan hamba kecil-Mu ini, yakni Abu Hurairah, dan ibunya mencintai hamba-hamba-Mu yang beriman dan jadikan mereka mencintainya.’ Kemudian tidak ada orang mukmin yang mendengar dan melihatku kecuali dia mencintaiku.

Berdasarkan hadis tersebut, beginilah bacaan doa didekatkan dengan orang baik atau shaleh:

اللَّهُمَّ حَبِّبْ عَبْدَكَ هَذَا إِلَى عِبَادِكَ الْمُؤْمِنِينَ وَحَبِّبْ إِلَيْهِ الْمُؤْمِنِينَ

Allahumma habbib ‘abdaka haadzaa ilaa ‘ibaadikal mu’miniin wa habbib ilaihil mu’miniin.

Artinya:

" Ya Allah, jadikanlah hamba-Mu ini mencintai hamba-hamba-Mu yang beriman dan jadikanlah orang-orang yang beriman mencintainya."

2 dari 2 halaman

2. Doa Didekatkan dengan Orang Baik

Selain hadis dan doa di atas, ada lagi riwayat yang menyantumkan bacaan doa agar didekatkan dengan orang baik. Doa ini pernah dibaca oleh Sayyidina Umar berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dalam kitab Adabul Mufrad.

عن عمر؛ أنه كان فيما يدعو: اللهم توفني مع الأبرار، ولا تخلفني في الأشرار، وألحقني بالأخيار

Artinya:

“ Dari Sayidina Umar, sesungguhnya dia berdoa; ‘Allohumma tawaffani ma’al abror wala takhlufni fil asyror wa alhiqni bil akhyar.’”

Berdasarkan hadis di atas, berikut bacaan doa didekatkn dengan orang baik yang bisa kamu jadikan dzikir harian agar bisa dekat dan bergaul dengan orang-orang shaleh:

اَللَّهُمَّ تَوَفَّنِيْ مَعَ اْلأَبْرَارِ وَلَا تَخْلُفْنِيْ فِيْ اْلأَشْرَارِ وَأَلْحِقْنِيْ بِاْلأَخْيَارِ

Allahumma tawaffani ma’al abror wala takhlufni fil asyror wa alhiqni bil akhyar.

Artinya:

“ Ya Allah, wafatkanlah saya bersama orang-orang yang baik, dan janganlah Engkau tinggalkan saya bersama orang-orang yang buruk, serta pertemukanlah saya dengan orang-orang pilihan.”

Demikian itulah dua doa yang dapat kamu panjatkan agar didekatkan dengan orang-orang baik. Semoga dengan doa didekatkan dengan orang baik di atas, kita senantiasa didekatkan dengan kumpulan orang shaleh agar tertular kebaikan darinya.

Beri Komentar