Doa Ketika Turun Hujan Arab, Latin dan Terjemahannya, Lengkap dengan Manfaat Hujan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 21 September 2022 11:00
Doa Ketika Turun Hujan Arab, Latin dan Terjemahannya, Lengkap dengan Manfaat Hujan
Doa turun hujan dibaca sebagai permohonan agar terhindar dari bencana yang diakibatkannya.

Dream – Memanjatkan doa merupakan wujud bahwa manusia tidak ada apa-apanya tanpa pertolongan Allah subhanahu wata’ala. Umat Muslim dianjurkan membaca doa setiap saat, seperti ketika hendak makan, hendak tidur, hendak masuk rumah, bahkan sampai ketika turun hujan.

Membaca doa ketika turun hujan sangat dianjurkan dengan harapan hujan yang turun menjadi berkah dan membawa manfaat bagi makhluk hidup.

Doa turun hujan dibaca sebagai permohonan agar terhindar dari bencana yang diakibatkan oleh turunnya hujan. Selain itu juga sebagai bentuk syukur atas hujan yang membawa berkah bagi alam.

Doa turun hujan arab, latin dan terjemahannya perlu diketahui agar bisa menghayati dan memahami maknanya ketika memanjatkan doa.

Berikut bacaan doa turun hujan arab, latin dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia, disertai manfaat hujan bagi makhluk hidup.

1 dari 4 halaman

Doa Turun Hujan Arab 1

Ilustrasi© Pixabay.com

Terdapat doa turun hujan arab, latin dan terjemahannya yang sering dibaca. Doa ini termasuk doa yang paling umum dibaca ketika turun hujan. Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shoyyiban nafi’an.

Artinya: Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang memberi manfaat.

Doa Turun Hujan 2

Ketika turun hujan disertai angin kencang, doa yang perlu dibaca adalah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa ini ketika turun hujan disertai angin kencang.

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

2 dari 4 halaman

Doa Turun Hujan Arab 3

Selain itu, doa turun hujan arab juga menyebutkan permohonan perlindungan kepada Allah ketika turun dengan sangat lebat. Ketika takut saat hujan turun dengan lebat, bacalah doa turun hujan berikut ini:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wad-dhiraabi, wa buthunil auwdiyati, wa manabitis-syajari.

Artinya: Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.

Doa Turun Hujan 4

Apabila hujan turun disertai petir, maka bacalah doa seperti yang tertulis dalam hadis Imam Malik, bahwa Rasulullah SW membaca doa ini saat hujan disertai petir.

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Hujan bagi Makhluk Hidup

Allah SWT menurunkan hujan bukan tanpa alasan. Hujan yang turun sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Selain memanjatkan doa ketika turun hujan, kita juga dianjurkan mengucap rasa syukur karena turunnya hujan membaca berkah dan manfaat.

Berikut beberapa manfaat hujan bagi makhluk hidup, antara lain:

  1. Menyuburkan tanaman.
  2. Menumbuhkan biji-bijian di dalam tanah.
  3. Persediaan air minum.
  4. Mendukung keberhasilan dalam bercocok tanam.
  5. Sumber tenaga listrik.
  6. Menghemat air tanah.
  7. Menjaga kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan.
  8. Memperbaiki kualitas udara.
  9. Sumber perekonomian sebagian masyarakat.
4 dari 4 halaman

Renungan Mensyukuri Turunnya Hujan

Renungan Mensyukuri Turunnya Hujan© Unsplash.com

Hujan yang turun ke bumi adalah berkah dari Allah SWT yang patut untuk disyukuri. Namun terkadang masih ada manusia yang mengeluh dengan kondisinya. Di mana ketika hujan turun dan saat itu seseorang sedang bepergian, maka kehadiran hujan kerap dianggap sebagai penghambat. Namun ketika musim kemarau tiba, umat manusia mengeluh dan berharap agar hujan segera turun membasahi bumi, menyirami tanaman yang mati, dan memenuhi sungai yang mengering.

Hadirnya hujan terkadang memang menjadi bencana bagi makhluk hidup di dunia jika curahnya terlalu tinggi. Namun jika melihat kembali kondisi lingkungan yang kotor oleh tumpukan sampah, maka apakah menjadi hal yang benar jika kita menyalahkan turunnya hujan dan mengakibatkan daratan diterjang banjir? Tentu ini menjadi renungan bagi kita semua untuk menjaga lingkungan sebaik mungkin. Karena ketika kita menjaga lingkungan dengan baik, maka lingkungan juga akan menjaga kita.

Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Az-Zukhruf ayat 11 bahwa Allah SWT menurunkan hujan sebagai air yang turun dengan ukuran tertentu. Berikut adalah bunyi ayatnya:

وَالَّذِيْ نَزَّلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۢ بِقَدَرٍۚ فَاَنْشَرْنَا بِهٖ بَلْدَةً مَّيْتًا ۚ كَذٰلِكَ تُخْرَجُوْنَ

Artinya: Dan yang menurunkan air dari langit menurut ukuran (yang diperlukan) lalu dengan air itu Kami hidupkan negeri yang mati (tandus). Seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari kubur).” (QS. Az-Zukhruf: 11).

Selain itu, hujan yang diturunkan oleh Allah SWT adalah rahmat dari-Nya untuk seluruh makhluk di bumi. Seperti yang dijelaskan dalam surat Asy-Syura ayat 28 berikut:

وَهُوَ الَّذِيْ يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْۢ بَعْدِ مَا قَنَطُوْا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهٗ ۗوَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيْدُ

Artinya: Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Maha Pelindung, Maha Terpuji.” (QS. Asy-Syura: 28).

Melalui ayat-ayat di atas, sahabat Dream bisa merenungkan kembali tentang turunnya hujan ke bumi. Mungkin selama ini yang kerap mengeluh dengan hadirnya hujan, cobalah untuk menerimanya dengan senang dan mensyukurinya.

Itulah beberapa manfaat hujan bagi makhluk hidup. Dengan mengetahui manfaatnya yang luar biasa, diharapkan bisa membuat seorang muslim semakin bersyukur atas nikmat dan rezeki yang Allah berikan dalam segala bentuk.

Asalkan pemanfaatan alam dilakukan secara seimbang, maka hujan yang turun tidak akan menjadi bencana. Hujan menjadi bencana karena ulah manusia yang tidak memerhatikan alam.

Beri Komentar