Doa Rasulullah Saat Membalikkan Posisi Tidur

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 13 Juni 2020 18:00
Doa Rasulullah Saat Membalikkan Posisi Tidur
Rasulullah ternyata juga pernah membalikkan tubuh ketika sedang tidur.

Dream - Posisi tidur seseorang tidak selamanya dalam keadaan tetap seperti saat pertama kali tertidur. Beberapa orang ada yang sering bergerak tak beraturan sehingga posisi tidurnya sering kali berubah. 

Karena mencari kenyamanan, terkadang kita membalikkan posisi tidur dari terlentang ke miring, dari miring tengkurap, maupun dari tengkurap ke telentang. Hal itu terjadi baik sadar maupun tidak.

Ketika sadar, kita membalikkan posisi tidur karena merasa tidak nyaman. Bisa juga karena merasa kelelahan dengan posisi awal.

Rupanya, hal yang sama juga dialami Rasulullah Muhammad SAW. Tidak jarang Rasulullah membalikkan posisi tubuh saat tidur, seperti tercantum dalam hadis riwayat Imam Ibnu Hibban dari Aisyah RA.

Dalam hadis tersebut pula, dijelaskan Rasulullah selalu membaca doa ini setiap kali membalikkan tubuh.

1 dari 5 halaman

Doa Membalikkan Tubuh

Doa Membalikkan Tubuh© Dream.co.id

La ilaha illallahul wahidul qohhar, rabbus samawati wal ardli wa ma bainahumal 'azizul ghaffar.

Artinya,

" Tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, Maha Perkasa, Tuhan yang menguasai langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya, Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Selalu Ridha Pada Ketetapan Allah SWT

Dream - Kehidupan setiap makhluk sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Baik itu soal rezeki, jodoh, serta kesempatan.

Setiap orang punya takdir. Bisa baik ataupun buruk, semuanya merupakan ketetapan yang sudah diputuskan Allah.

Kita wajib meyakini keberadaan takdir Allah karena itu adalah bagian dari rukun iman.

Meski demikian, sudah fitrah manusia yang sering kali merasa tidak puas saat mendapat takdir buruk. Kala iman menipis, kita merasa apa yang diputuskan Allah SWT terasa tidak adil. Meski sejatinya banyak hikmah dari ketetapan tersebut,

Sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk tetap ikhlas dan ridha menerimanya. Agar kita bisa selalu ridha atas ketetapan Allah, dianjurkan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Ridha Ketetapan Allah

Doa Ridha kepada Takdir Allah© Dream.co.id

Allahumma radhdhini bi qodhoika wa shobbirni 'ala balaika wa awzi’nii syukro ni’amaa-ika.

Artinya,

" Ya Allah, jadikan aku ridha dalam menerima qadha (ketentuan)-Mu, dan jadikan aku sabar dalam menerima bala dari-Mu, dan tunjukilah aku untuk mensyukuri semua nikmat-nikmat-Mu.

4 dari 5 halaman

Doa Ketika Lulus Sekolah

Dream - Sahabat Dream, mungkin ada sebagian dari kita yang menempuh pendidikan. Baik itu sekolah, madrasah, perguruan tinggi, sekolah kedinasan dan masih banyak lagi.

Ketika menjadi warga didik, momen kelulusan tentu sangat istimewa. Sebab, momen tersebut merupakan tanda kita menyelesaikan tahapan dalam belajar.

Seperti bulan-bulan ini. Banyak sekolah maupun kampus melaksanakan prosesi kelulusan.

Tetapi karena Covid-19, proses kelulusan itu harus digelar tanpa tatap muka. Mulai dari wisuda online sampai wisuda drive-thru.

Namun demikian, apapun prosesinya kita tetap patut bersyukur karena tahapan pendidikan telah diselesaikan. Nah, ketika merayakan momen kelulusan tersebut, dianjurkan membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Lulus

Doa Lulus Pendidikan© Dream.co.id

Allahumma allimna ma yanfauna wanfa’na bima allamtana wazidna ilma.

Artinya,

" Ya Allah ajarkanlah kami ilmu yang bermanfaat bagi kami. Jadikanlah kemanfaatan atas ilmu yang telag Engkau ajarkan dan tambahlah ilmu kami."

Sumber: Islami.co

Beri Komentar