Doa Sapu Jagat Lengkap Latin dan Arti, Berikut Dalil beserta Keutamaannya

Reporter : Arini Saadah
Senin, 3 Oktober 2022 09:58
Doa Sapu Jagat Lengkap Latin dan Arti, Berikut Dalil beserta Keutamaannya
Seringnya Nabi SAW membaca doa ini menandakan betapa penting doa sapu jagat bagi umat Islam.

Dream - Doa sapu jagat merupakan doa memohon kebaikan dunia dan akhirat yang sudah tak asing bagi kaum Muslim. Doa ini mencakup permohonan untuk kebahagiaan dan merupakan doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW.

Doa sapu jagat sebaiknya dibaca setiap selesai sholat fardhu. Seringnya Nabi SAW membaca doa ini menandakan betapa penting doa sapu jagat bagi umat Islam. Bahkan Rasulullah selalu membaca doa sapu jagat lengkap selama itikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Tak hanya memohon kebaikan dunia dan akhirat, doa sapu jagat juga membuat seseorang lebih mantab hatinya dalam mengambil keputusan. Berikut bacaan doa sapu jagat lengkap latin dan artinya yang perlu kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Doa Sapu Jagat Lengkap Latin dan Artinya

Doa sapu jagat lengkap latin dan artinya menjadi bacaan yang dianjurkan bagi umat Islam, terutama setiap usai sholat wajib.

Doa sapu jagat lengkap ini merupakan bacaann doa singkat dan familiar di kalangan kaum Muslim. Tak hanya setelah sholat, doa sapu jagat dapat diamalkan kapan saja dan di mana saja.

Berikut bunyi doa sapu jagat lengkap latin dan artinya:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa, aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya:

" Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka."

Bukan sembarang doa, doa sapu jagat ini merupakan potongan ayat dari Surat Al-Baqarah ayat 201. Berikut bunyi ayat tersebut:

مِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: Dan di antara mereka ada yang berdoa, “ Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

2 dari 4 halaman

Sering Dibaca Nabi SAW

Selain keterangan dari Al-Quran, doa sapu jagat juga disampaikan dalam salah satu hadis. Disebutkan, doa sapu jagat lengkap ini termasuk doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW.

Anas bin Malik mengatakan:

“ Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “ Allahumma Rabbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar” (Ya Allah, Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka)” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian itulah bacaan doa sapu jagat lengkap latin dan artinya yang perlu diketahui. Doa tersebut sangat umum dan sering dibaca oleh umat Islam. Meskipun bacaan doa sapu jagat sangatlah pendek, namun doa ini menyimpan makna yang penting dalam kehidupan umat Islam, baik dunia maupun akhirat.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat memiliki keutamaan yang perlu diketahui kaum Muslim. Dengan mengetahui keutamaannya, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak membacanya setiap hari. Berikut beberapa keutamaan doa sapu jagat yang rutin dipanjatkan:

  • Doa sapu jagat adalah doa yang mencakup semua kebaikan dunia dan memalingkan semua keburukan.
  • Mendapat kebaikan akhirat yaitu masuk surganya Allah.
  • Termasuk doa yang paling sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Doa sapu jagat merupakan harapan untuk selalu berada pada jalan keselamatan.
  • Menurut hadis riwayat Imam Muslim dari Anas bin Malik, doa sapu jagat dipercaya sebagai doa yang bisa menyembuhkan penyakit.
4 dari 4 halaman

Waktu Paling Tepat Membaca Doa Sapu Jagat

Waktu Paling Tepat Membaca Doa Sapu Jagat© Shutterstock.com

Doa sapu jagat menjadi salah satu doa yang sering dibaca oleh umat Islam. Oleh karena itu, wajar saja jika sebagian besar umat Islam sudah menghafalnya. Namun, ada waktu-waktu tertentu dan paling baik untuk membaca doa sapu jagat ini. Berikut adalah beberapa waktu paling tepat untuk membaca doa sapu jagat yang perlu sahabat Dream ketahui:

Antara Azan dan Iqamah

Waktu paling tepat yang pertama adalah di antara azan dan iqamah. Di antara waktu itulah sahabat Dream dianjurkan untuk membaca doa sapu jagat.

Setelah Sholat Fardhu

Waktu berikutnya adalah setelah menyelesaikan sholat fardhu. Nah, inilah yang biasanya dilakukan oleh sebagian besar umat Islam setelah selesai sholat dan membaca doa sapu jagat terlebih dahulu kemudia membaca doa-doa lainnya yang ingin dipanjatkan.

Setelah Sholat Sunah di Sepertiga Malam

Sahabat Dream juga dianjurkan untuk membaca doa sapu jagat setelah sholat sunah di sepertiga malam. Tepatnya pada pukul 01.00 sampai sebelum masuk waktu sholat subuh.

Malam Lailatul Qadar

Waktu yang paling tepat untuk membaca doa sapu jagat adalah pada malam lailatul qadar. Di mana malam lailatul qadar adalah malam seribu bulan yang menjadi malam terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT, termasuk doa sapu jagat.

Malam ke-23 Bulan Ramadan

Sahabat Dream tentunya sudah tahu bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang suci dan penuh berkah. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah pada bulan ini. Namun, sahabat Dream juga jangan lupa bahwa pada malam ke-23 bulan Ramadan ada banyak berkah dari Allah SWT. Sehingga usahakan untuk membaca doa sapu jagat.

Demikian itulah bacaan doa sapu jagat lengkap beserta penjelasan hadis dan keutamaannya. Semoga artikel di atas semakin menginspirasi kita untuk terus meningkatkan ibadah dan memperbanyak doa kepada Tuhan. Sebab kebahagiaan dunia dan akhirat tak hanya diusahakan secara materi saja, melainkan kepasrahan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Beri Komentar