Fenomena Unik Lubang Hitam 'Muntahkan' Bintang

Reporter : Nabila Hanum
Sabtu, 22 Oktober 2022 16:01
Fenomena Unik Lubang Hitam 'Muntahkan' Bintang
Sebuah lubang hitam terlihat tengah memuntahkan materi keluar darinya

Dream - Luar angkasa dan segala isinya menjadi hal yang menarik untuk dikupas. Salah satu objek angkasa menarik namun ditakuti adalah lubang hitam.

Dengan gravitasi yang amat kuat, lubang hitam dapat menarik seluruh materi di sekitarnya, bahkan cahaya sekalipun.

Namun, salah satu lubang hitam baru-baru ini menunjukkan perilaku unik yang menarik perhatian peneliti.

Sebuah lubang hitam terlihat tengah memuntahkan materi keluar darinya. Berlawanan dengan perilaku lubang hitam yang kita ketahui sebelumnya yaitu menarik tiap materi yang berada di wilayah kekuasaannya.

Dilansir dari Independent, lubang hitam itu sebelumnya pernah terlihat menarik sebuah bintang yang berjarak sekitar 665 juta tahun cahaya dari bumi pada tahun 2018.

Tetapi para ilmuwan terkejut menemukan bahwa tiga tahun kemudian, lubang hitam yang sama hidup kembali, mengeluarkan material.

Namun, tidak seperti biasanya, ia tidak melahap sesuatu yang baru yang ada di sekitarnya.

" Ini benar-benar mengejutkan kami, tidak ada yang pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," kata penulis utama studi baru tentang lubang hitam aneh itu, Yvette Cendes.

Para peneliti pertama kali melihat perilaku aneh lubang hitam itu pada tahun 2021, menggunakan Array Sangat Besar di New Mexico.

Pembacaan yang tidak biasa menunjukkan bahwa lubang hitam itu tampaknya telah hidup kembali, secara tak terduga.

Fenomena Unik Lubang Hitam 'Muntahkan' Bintang© Lubang hitam

Sebuah tim astronom internasional kemudian bergegas untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

Ketika mereka mengumpulkan informasi, mereka menemukan bahwa lubang hitam itu telah diam selama tiga tahun.

Terlebih lagi, materi yang keluar dari lubang hitam itu berjalan jauh lebih cepat dari biasanya. Ia melaju secepat setengah kecepatan cahaya.

Para ilmuwan akan lebih memahami lubang hitam itu dan perilakunya, serta mencoba memahami apakah lubang hitam telah melakukan hal itu selama ini atau apakah itu benar-benar hal yang tidak biasa.

Laporan : Erdyandra Tri Sandiva