Hati-hati! Virus Pengubah Warna Aplikasi WhatsApp

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 31 Mei 2017 16:02
Hati-hati! Virus Pengubah Warna Aplikasi WhatsApp
Aplikasi itu akan membuat WhatsApp Anda bekerja tak maksimal,

Dream -  Jika mendapatkan pesan tentang aplikasi yang bisa mengubah warna WhatsApp, Anda harus waspada dan sebaiknya abaikan. Karena pesan tersebut ternyata adalah virus.

Menurut laporan The Independent, Rabu, 31 Mei 2017, pesan pengubah warna aplikasi WhatsApp itu akan mengirimkan tautan ke alamat laman WhatsApp. Tetapi bukan laman resmi, melainkan laman yang mirip dengan laman WhatsApp yang menggunakan font Cyrilic sebagai alamat domainnya.

Cara kerja virus tersebut cukup unik. Setelah mengunjungi tautan itu, sebuah pesan untuk mengubah warna WhatsApp muncul.

Pesan itu tertulis, " New colours for WhatsApp, now you can change your WhatsApp and leave it your favourite colours" (Warna baru untuk WhatsApp, sekarang Anda dapat mengubah WhatsApp sesuai warna favorit yang Anda pilih)" serta menambahkan informasi aplikasi itu tersedia untuk iOS, Windows, Apple, dan Blackberry.

Laman virus WhatsApp© Khaleej Times

Pengunjung lalu diminta membagi situs itu kepada 12 teman untuk proses 'verifikasi'. Pada saat 'verifikasi', pengunjung diberi tahu bahwa fitur tersebut hanya tersedia melalui situs desktop.

Para pengunjung lalu diminta memasang ekstensi yang disebut 'BlackWhats' dari Chrome Web Store. Tetapi, ekstensi itu sekarang sudah dihapus oleh Google.

Virus di laman WhatsApp palsu© Khaleej Times

" Alih-alih memberi pengguna pengalaman WhatsApp berwarna 'cantik', aplikasi tersebut sedang berusaha menambahkan virus adware," kata seorang staf Otoritas Keamanan Informasi dan Teknologi (ITA) Oman.

" Sebaiknya pengguna tidak mengunjungi situs atau aplikasi tersebut, dan hanya masuk ke situs resmi aplikasi, atau secara langsung melalui aplikasi resmi perusahaan yang sama." ucap ITA memperingatkan.

Beri Komentar