Jadwal Lengkap Pelaksanaan Haji 2015

Reporter : Eko Huda S
Senin, 2 Maret 2015 13:04
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Haji 2015
Kementerian Agama telah mengeluarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) untuk tahun 1436 Hijriyah. Pelaksanaan puncak haji, yaitu wukuf di Arafah, dijadwalkan jatuh pada 22 September 2015.

Dream - Kementerian Agama telah mengeluarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) untuk tahun 1436 Hijriyah. Sesuai jadwal tersebut, pelaksanaan puncak haji, yaitu wukuf di Arafah, dijadwalkan jatuh pada 22 September 2015.

Sebagaimana dikutip Dream dari laman resmi Kementerian Agama, Senin 2 Maret 2015, proses penyelenggaraan haji tahun ini dimulai 20 Agustus dan berakhir pada 26 Oktober.

Pada 20 Agustus, calon jamaah haji sudah masuk asrama dan 21 Agustus menjadi awal pemberangkatan calon jamaah haji gelombang I dari Tanah Air ke Madinah.

Tanggal 4 September menjadi awal keberangkatan calon jamaah haji gelombang ke II dari Tanah Air menuju Jeddah. Sementara, tanggal 17 September merupakan pemberangkatan terakhir seluruh jamaah haji. Pemberangkatan terakhir akan dilakukan.

Jamaah haji gelombang pertama ditempatkan dulu di Madinah kemudian diberangkatkan ke Mekah sebelum proses ibadah haji di Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Sementara jamaah haji gelombang ke dua langsung ditempatkan di Mekah dan baru kemudian diberangkatkan ke Madinah setelah proses ibadah haji selesai. Artinya, beberapa hari sebelum ibadah haji, seluruh jamaah haji berada di Kota Mekah.

Wukuf di Arafah, yang merupakan puncak haji, diperkirakan jatuh pada Selasa 22 September. Saat itu, seluruh jamaah haji, yang jumlahnya jutaan, berkumpul di Padang Arafah, sejak Zuhur hingga petang hari. Jamaah melakukan sejumlah kegiatan, antara lain melakukan zikir, istighfar, dan doa baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Biasanya, jamaah haji Indonesia telah tiba di Arafah satu hari sebelumnya.

Setelah wukuf di Arafah, proses ibadah haji selanjutnya bermalam di Muzdalifah dan melempar jumrah di Mina.

Awal pemulangan jamaah haji gelombang I dari Jeddah ke Tanah Air dilakukan 29 September 2015. Adapun akhir kedatangan jamaah haji gelombang II dari Madinah ke Tanah Air dijadwalkan pada 26 Oktober 2015.

Untuk diketahui, pada 2014, kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 168.800 orang yang terdiri atas 155.200 jamaah haji reguler dan 13.600 jamaah haji khusus. (Ism) 

 

Kirimkan kisah umrah dan haji Anda ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website/Facebook yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Baca Juga: Tips Memilih Biro Umrah Agar Tak Tertipu Cara Mengantre di `Taman Surga` Menikah Sambil Umrah, Bagaimana Caranya? Umrah Hingga ke Spanyol, Apa Saja yang Dikunjungi? Hajar Aswad Semula Berwarna Putih Susu, Mengapa Jadi Hitam? Umroh Backpacker: Jalan-Jalan Murah Sambil Ibadah

Beri Komentar