Kumpulan Quotes Hari Guru yang Penuh Makna Mendalam

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 23 November 2022 16:34
Kumpulan Quotes Hari Guru yang Penuh Makna Mendalam
Quotes Hari Guru dapat mewakili penghormatan dan rasa terimakasihmu kepada para guru yang tak lelah mendidik siswa-siswinya.

Dream - Tak hanya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, guru juga merupakan lentera bagi kehidupan. Guru berperan penting dalam mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa.

Inilah mengapa Hari Guru Nasional dicetuskan, untuk mengingatkan kepada kita semua betapa besar jasa guru-guru kita. Ilmu yang mereka berikan laksana cahaya yang menerangi kegelapan.

Untuk memperingati Hari Guru yang jatuh pada 25 November itu, kita bisa merayakannya dengan membagikan quotes Hari Guru. Ucapan Hari Guru mungkin saja dapat mewakili penghormatan dan rasa terimakasihmu kepada para guru yang tak lelah mendidik siswa-siswinya.

Buat Sahabat Dream yang ingin mengucapkan selamat Hari Guru Nasional, kamu bisa mengutip beberapa quotes Hari Guru berikut ini. Quotes Hari Guru ini juga bisa kamu bagikan di media sosial atau grup-grup whatsapp.

1 dari 4 halaman

Quotes Hari Guru Penuh Makna Mendalam

Melalui quotes Hari Guru, kita menunjukkan rasa sayang dan dukungan kepada para guru. Quotes ini mungkin saja juga bisa membuat para guru senang dan bersemangat karena muridnya perhatian. Tak perlu pusing merangkai kata, kamu hanya cukup mengutip salah satu dari kumpulan quotes Hari Guru yang penuh makna mendalam di bawah ini sebagai referensi.

“ Seorang guru adalah orang yang menginspirasi bahwa selalu ada bebatuan di jalan yang menghadang dan bagaimana menyikapi batu tersebut.”

“ Tugas pendidik modern bukanlah menebang hutan, tetapi mengairi gurun.”

“ Terima kasih atas bimbingan dan ilmunya yang bermanfaat, amal kalian akan terus mengalir seiring dengan bermanfaatnya ilmu yang engkau berikan.”

" Sejatinya teknologi hanyalah alat. Sedangkan guru adalah sosok paling utama untuk membuat siswa bekerja sama dan menjadikan mereka termotivasi. Selamat Hari Guru!"

" Pendidikan merupakan pintu peradaban dunia. Pintu tersebut tidak akan terbuka kecuali dengan satu kunci yaitu guru yang peduli dengan peradaban dunia."

" Guru yang baik membuat murid yang nakal menjadi baik dan menjadikan murid yang baik menjadi unggul. Ketika murid gagal akhlaknya, berarti guru juga telah gagal mendidiknya."

" Guru yang paling pantas mengajar adalah orang yang mendidik keluarganya dengan baik."

" Kesuksesan seorang guru itu bukan dilihat pada dirinya pribadi, tetapi apabila muridnya jauh lebih sukses dari gurunya."

" Guru bak pelita, penerang dalam gulita, jasamu tiada

2 dari 4 halaman

" Guru Ibaratkan Matahari, Yang Menjadi Pencerah Kita Dalam Kebodohan."

“ Wahai Guruku! Engkau adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kegelapan. Semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan. Selamat Hari Guru!”

" Guru yang berhasil adalah guru yang mampu mengantarkan muridnya lebih berhasil darinya. Terima kasih."

" Satu di antara wujud keagungan sebagai guru sejati adalah: beliau tak pernah memposisikan orang-orang yang mengikuti ajaran yang dibawanya sebagai murid, tapi sebagai sahabat."

" Seorang guru yang baik yang bisa menerima bayaran nol dan membantu anak-anak berkembang secara fisik, emosional, sosial, secara harfiah adalah malaikat."

" Meski teknologi itu menakjubkan, namun peran guru tak akan mungkin tergantikan. Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2022."

" Jika guru adalah bulan, maka dialah bulan yang mengusir segenap kelam seraya menyinari jalan yang dilewati oleh anak-anak saat pulang."

" Guru ibarat ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah. Sepandai apapun seorang siswa, peran guru tetap paling utama sebagai pendidik dan pembimbing."

Demikian itulah beberapa quotes Hari Guru yang penuh makna mendalam. Kata-kata tersebut dapat Sahabat Dream ucapkan untuk sang guru favorit. Dengan quotes dan ucapan terimakasih, setidaknya kita mampu membuat para guru sebagai sosok yang istimewa dan luar biasa.

3 dari 4 halaman

Sejarah Lahirnya Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Sejarah Hari Guru Nasional tak terlepas dari perjalanan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ini berawal dari semangat kebangsaan Indonesia yang telah lama tumbuh di kalangan guru bangsa. Organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Organisasi ini bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah. Dengan latar pendidikan yang berbeda-beda mereka umumnya bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

Mengutip laman pgri.or.id, PGHB di awal berdirinya tak mudah memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Sejalan dengan keadaan itu berkembang pula organisasi guru baru antara lain Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB).

Organisasi guru lainnya juga berdiri dan bercorak keagamaan, kebangsaan atau lainnya seperti Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM), dan Nederlands Indische Onderwijs Genootschap (NIOG) yang beranggotakan semua guru tanpa membedakan golongan agama.

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pengunaan kata Indonesia mengejutkan pemerintah Belanda karena dianggap mencerminkan semangat kebangsaan yang sangat tidak disenangi oleh penjajah.

Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan.

Mereka adalah –guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 atau 100 hari setelah proklamasi, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan yang selanjutnya ditetapkan pemerintah sebagai Hari Guru Nasional.

4 dari 4 halaman

Di tahun ini, salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada peringatan Hari Guru Nasional ke-77 tahun ini, adalah pemberian apresiasi dan penghargaan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan yang inspiratif. Program untuk memperingati Hari Guru Nasional 2022 ini merupakan salah satu bentuk penghargaan pemerintah atas prestasi dan kinerja yang selama ini telah dihasilkan.

Pemberian penghargaan ini menjadi ikhtiar agar guru dan tenaga kependidikan dapat lebih termotivasi dan meningkatkan profesionalisme yang pada akhirnya nanti akan meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Kemendikbud juga sudah mengeluarkan logo dan tema peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022. Kali ini tema peringatan tersebut adalah Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar.

Beri Komentar