6 Manfaat Sikap Percaya Diri, Salah Satunya Bisa Bantu Kelola Perasaan Cemas

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 25 Juli 2022 12:36
6 Manfaat Sikap Percaya Diri, Salah Satunya Bisa Bantu Kelola Perasaan Cemas
Sikap percaya diri bisa membuat kita lebih berani untuk bertindak.

Dream – Sikap percaya diri menjadi nilai plus yang dimiliki oleh seseorang. Sikap ini sangat membantunya saat sedang bersosialisasi dengan orang lain. Tidak sedikit orang yang mengalami krisis kepercayaan diri sehingga membuatnya kesulitan saat harus bersosialisasi dengan orang lain, apalagi yang jumlahnya banyak.

Dengan memiliki sikap percaya diri, hal ini juga akan membawamu kepada sikap yang lebih optimistis saat sedang mengahadapi sesuatu. Ada keberanian yang besar di dalam diri untuk melakukan sesuatu tanpa memikirkan apakah nanti yang dilakukannya tersebut bisa berhasil atau tidak. Yang penting ia sudah berani melakukannya dengan kepercayaan diri tersebut.

Sikap percaya diri tidak hanya dimiliki seseorang sejak ia dilahirkan saja. Bisa juga dilatih dari sekarang jika Sahabat Dream memang benar-benar mau berusaha keras untuk mengasah kepercayaan diri tersebut. Karena ada banyak sekali manfaat sikap percaya diri yang bisa menguntungkan dirimu.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat sikap percaya diri sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Sikap Percaya Diri

Manfaat Sikap Percaya Diri© Unsplash.com

Sehat Secara Emosional

Manfaat sikap percaya diri yang pertama adalah bisa sehat secara emosional. Hal ini telah dilakukan sebuah studi yang membuktikan bahwa seseorang yang memiliki sikap percaya diri, maka akan lebih sehat dan bisa hidup lebih lama.

Seseorang yang kurang percaya diri, lalu sering bergumul dengan emosinya yang tidak baik. Misalnya saja seperti merasa ketakutan, depresi, dan cemas, maka hal ini bisa dihubungakan dengan kesehatan yang negatif.

Meningkatkan Hubungan

Dalam bersosialisasi, menjalin hubungan yang baik adalah poin yang sangat penting. Tentunya dalam menjalin hubungan dengan orang lain, rasa percaya diri diperlukan agar komunikasi dan interaksi yang dibangun bisa berjalan dengan mudah. Ketika Sahabat Dream percaya diri, maka kamu mampu dan berani untuk mengandalkan diri sendiri ketika berhubungan.

Selain itu, kamu juga tidak akan bergantung kepada orang lain, karena kamu percaya akan kemampuan dan kekuatan yang kamu miliki sendiri. Kamu lebih jujur dan kamu bisa mempertahankan batasan secara sehat dalam menjalin suatu hubungan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Sikap Percaya Diri

Manfaat Sikap Percaya Diri© Freepik.com

Membantu Mengambil Keputusan

Ketika Sahabat Dream memiliki sikap percaya diri, hal ini sangat baik untuk membantu kamu dalam mengambil suatu keputusan. Menyadari bahwa dalam hidup ini kita kerap kali dihadapkan dengan beberapa pilihan yang membuat kita harus segera mengambil keputusan dan bertindak. Dengan rasa percaya diri yang baik, ini sangat membantu saat membuat keputusan dalam hidupmu.

Ketika merasa tidak percaya diri, maka sulit sekali untuk mengambil sebuah keputusan. Ada perasaan ragu, khawatir, dan ketakutan yang cukup besar. Jika keputusan yang diambil tidak sesuai dengan ekspektasi, maka akan merasa merendahkan diri sendiri.

Berbeda jika Sahabat Dream percaya diri, maka segala keputusan yang kamu ambil adalah sesuai dengan kemampuanmu sendiri.  Bila hasilnya tidak sesuai ekspektasi, kamu tidak akan terlalu menyalahkan diri sendiri juga.

Menjadi Komunikator yang Baik

Manfaat sikap percaya diri selanjutnya adalah bisa menjadi komunikator yang baik. Komunikator sendiri adalah orang ataupun kelompok orang yang menyampaikan pesan kepada komunikan. Bagi Sahabat Dream yang memiliki rasa percaya diri, maka kamu tidak akan takut untuk berterus terang.

Seseorang yang tidak percaya diri, maka akan merasa kesulitan untuk bisa menjelaskan apa yang ia butuhkan dan inginkan karena merasa tidak yakin akan apa yang dijelaskan dan khawatir pada respons orang lain setelah mendengar penjelasannya. Oleh karena itu, dengan rasa percaya diri yang baik, hal ini bisa membuat komunikasi yang terjalin lebih jujur.

3 dari 3 halaman

Manfaat Sikap Percaya Diri

Manfaat Sikap Percaya Diri© Unsplash.com

Bisa Mengelola Perasaan Cemas

Manfaat sikap percaya diri juga bisa membantu dalam mengelola perasaan cemas. Ya, kecemasan memang bisa dirasakan oleh setiap orang. Tidak semua orang bisa mengelola rasa cemasnya dengan baik. Jika kecemasan tidak dikelola dengan baik, maka hal tersebut tidak baik bagi dirimu sendiri, terutama dari segi mental.

Oleh karena itu, rasa percaya diri diperlukan untuk bisa membantu dalam mengelola perasaan cemas. Hal ini akan sangat berguna saat Sahabat Dream mendapatkan pengalaman yang baru, misalnya kerja di tempat baru, bertemu dengan orang baru, dan sebagainya.

Jika kamu merasa percaya diri, maka rasa cemas berhadapan dengan pengalaman baru bisa ditangani dengan baik. Hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai tantangan sekaligus motivasi yang mendorong kamu untuk menjadi lebih baik.

Meningkatkan Pertahanan Diri

Manfaat sikap percaya diri berikutnya adalah bisa meningkatkan pertahanan diri. Di mana, ketika suatu saat Sahabat Dream mengalami kegagalan, maka kamu bisa melihat dari sudut pandang yang lebih baik. Dalam artian, kamu tidak akan selalu menyalahkan diri sendiri. Tetapi bisa melihat ada sisi baik di balik kegagalan tersebut, bahkan bisa memacu kamu untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Pandangan tersebut bisa dimiliki ketika Sahabat Dream ada rasa percaya diri yang baik. Kamu tidak takut untuk menghadapi suatu tantangan, meskipun ada risiko di baliknya. Semakin banyak dan beragam tantangan yang kamu hadapi, justru hal tersebut bisa membuatmu semakin kuat dan mampu mengatur strategi untuk menemukan solusinya. (mut)

Beri Komentar