Memahami Makna Surat Al Qariah dan Gambaran Panasnya Api Neraka 'Hawiyah'

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 8 April 2022 15:00
Memahami Makna Surat Al Qariah dan Gambaran Panasnya Api Neraka 'Hawiyah'
Berikut isi kandungan Surah Al Qariah yang menceritakan tentang peristiwa hari kiamat. Surat Al Qariah turun di Mekkah dan memiliki 11 ayat.

Dream - Surat Al Qariah merupakan surat ke-101 dalam Al Quran yang tergolong sebagai surat Makkiyah. Sementara berdasarkan urutan turunnya, surat Al Qariah menempati urutan ke-30 yaitu setelah surat Quraisy, sebelum surat Al Qiyamah.

Ayat-ayat Al Quran turun kepada Nabi Muhammad Saw karena suatu sebab tertentu atau disebut dengan istilah asbabun nuzul. Namun tidak semuanya demikian, ada pula ayat yang turun tanpa sebab tertentu salah satunya adalah surat Al Qariah.

Menurut Musthafa al-Maraghi, surat Al Qariah tidak memiliki asbabun nuzul. Isi kandungan dalam surat 11 ayat ini merupakan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada hari kiamat, mulai dari manusia bertebaran, gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimbang hingga ancaman siksa neraka.

1 dari 4 halaman

Bacaan Surah Al Qariah Arab dan Artinya

Berikut bacaan Surah Al Qariah lengkap dengan artinya:

اَلْقَارِعَةُۙ

  • Hari Kiamat,

مَا الْقَارِعَةُ ۚ

  • Apakah hari Kiamat itu?

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ

  • Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ

  • Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan,

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ

  • dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ

  • Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,

فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ

  • maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang).

وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ

  • Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,

فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ  ۗ

  • maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ

  • Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?

نَارٌ حَامِيَةٌ ࣖ

  • (Yaitu) api yang sangat panas.
2 dari 4 halaman

Makna Surah Al Qariah

Sebagai kitab suci umat Islam yang dijadikan pedoman hidup, sudah semestinya isi kandungan di dalamnya perlu dipahami dengan baik dan benar. Mengingat bahasa dalam Al Quran penuh metafora yang memerlukan penafsiran mendalam dari para ahli tafsir.

Sebagai orang awam, mempelajari tafsir dan isi kandungan al Quran adalah hal yang sudah seharusnya. Sebab perbedaan penafsiran yang tidak dihadapi dengan kebijaksanaan bisa menimbulkan perpecahan.

Salah satu surah dalam Al Quran yang penting untuk diketahui makna kandungannya adalah Surah Al Qariah. Dirangkum dari beberapa kitab tafsir al Quran, maka dapat diambil beberapa makna kandungan dari Surah Al Qariah. Berikut ulasan selengkapnya:

Surah Al Qariah menggambarkan tentang kejadian luar biasa pada hari kiamat. Kata Al Qariah diulang sampai tiga kali sebagai pengingat kepada manusia bahwa hari kiamat sudah pasti akan terjadi.

Surah ini menggambarkan fenomena yang terjadi pada hari kiamat seperti manusia yang bertebaran seperti anai-anai, kondisinya yang lemah dan kebingungan serta hancur tak tentu arah.

Digambarkan pula kondisi bumi yang hancur, gunung-gunung memuntahkan segala isinya hingga menghantam satu sama lain.

Surah Al Qariah juga mengabarkan bahwa setelah hari kiamat ada hari di mana semua amal manusia ditimbang.

Apabila timbangan amal baiknya lebih berat maka ia akan dikembalikan ke surga. Namun jika timbangan amal buruknya lebih berat maka ia akan mampir ke neraka.

3 dari 4 halaman

Gambaran Panasnya Api Neraka Hawiyah

Pada Surah Al Qariah ayat ke-9 disebutkan tentang neraka hawiyah. Fa ummuHuu Haawiyah yang artinya “ maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah”.

Ulama tafsir menyebutkan maksud dari ayat tersebut bahwa orang yang timbangan amal baiknya lebih ringan daripada amal buruknya maka akan dilempar dengan posisi kepala di bawah menuju ke neraka Hawiyah. Hawiyah adalah salah satu nama neraka yang ada dalam ajaran Islam. Kata 'ummuhu' diartikan sebagai otak manusia. Hal senada juga diungkapkan dalam sebuah riwayat hadis dari Ibnu Abbas, Ikrimah, Abu Shalih dan Qatadah.

Di samping itu, ada pula yang berpendapat bahwa arti dari ayat ke-9 tersebut adalah bahwa neraka Hawiyah merupakan tempat yang menjadi rujukan dan kembalinya pada hari kebangkitan kelak.

Ibnu Jarir menyebutkan bahwa Hawiyah disebut dengan istilah ummuhu (induknya), karena tidak ada tempat kembali baginya kecuali neraka tersebut.

4 dari 4 halaman

Maka dari itu pada ayat selanjutnya, Allah juga menjelaskan apa itu neraka Hawiyah. Wa maa adraaka maa Hiyah, naarun haamiyah (dan tahukah kamu apakah neraka hawiyah itu? yaitu api yang sangat panas).

Ayat ke-11 menjelaskan bahwa api di dalam neraka Hawiyah sangatlah panas. Dalam sebuah hadis digambarkan api di neraka Hawiyah 70 kali lipat panasnya dari api di dunia.

Abu Mush’ab meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallah 'anhu bahwa Rasulullah Saw bersabda: “ Api anak cucu Adam yang biasa kalian nyalakan itu hanya satu bagian dari tujuh puluh bagian neraka jahanam.”

Sementara itu, diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, para sahabat bertanya kepada Rasulullah Saw mengenai api neraka tersebut.

“ Wahai Rasulallah, satu bagian saja sudah sangat cukup.”

Kemudian beliau Saw menjawab: “ Sesungguhnya satu bagian api itu masih ditambah lagi dengan enampuluh sembilan bagian.”

 

Sumber: alquranmulia.wordpress.com, webmuslimah.com, pecihitam.org

Beri Komentar