Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Telur Rebus Dipanaskan dengan Oven, yang Terjadi...

Telur Rebus Dipanaskan dengan Oven, yang Terjadi... Foto : Mirror.co.uk

Dream - Hati-hatilah saat memanaskan telur dengan menggunakan microwave. Sebab, baru-baru ini ada pelanggan restoran yang mengaku terluka bakar karena telur rebus yang dimakan meledak setelah dihangatkan menggunakan microwave.

Sudah menjadi kebiasaan, restoran memasak telur rebus setengah matang dan kemudian memanaskannya kembali menggunakan microwave demi efisiensi selama memberikan pelayanan. Namun rupanya, telur rebus yang dipanaskan dengan microwave itu meledak saat digigit.

Telur Meledak

Menurut laman IFL Science, kasus tersebut sudah diselesaikan di luar pengadilan, namun fenomena telur rebus meledak saat digigit itu tetap menjadi sorotan.

Hasil Percobaan, Ternyata....

Peneliti dari Charles M. Salter Associates di San Francisco, Anthony Nash dan Lauren von Blohn, mengaku telah melihat fenomena ini. Mereka meneliti meletusnya telur rebus yang dipanaskan pakai microwave itu setelah ada pelanggan menggugat restoran.

Para peneliti memulai riset dengan melihat video di Youtube yang menunjukkan telur meledak di dalam microwave. Mereka kemudian melakukan eksperimen dan menemukan bahwa beberapa telur rebus meledak saat dipanaskan di microwave.

Namun, 30 persen di antaranya tetap utuh saat dipanaskan di dalam micwowave. Telur yang utuh itu baru meledak setelah diambil dari dalam microwave dan ditusuk dengan benda tajam.

Telur-telur dalam eksperimen ini direbus, diletakkan di dalam air, dan kemudian dipanaskan selama tiga menit. Telur yang masih utuh dikeluarkan dan ditaruh di atas lantai, kemudian para peneliti menusuk telur-telur itu hingga meledak.

Para peneliti itu mendapati bahwa telur-telur yang ditusuk itu meledak hingga menghambur dengan jarak satu kaki serta mengeluarkan suara 86 hingga 133 desibel. Suara ini sekuat gergaji mesin atau petir yang keras, tapi ledakan telur ini sangat singkat sehingga tidak mungkin menyebabkan kerusakan pendengaran. Tapi ledakan seperti itu memang agak berbahaya.

"Menurut statistik, kemungkinan telur meledak dan merusak pendengaran seseorang cukup jarang terjadi. Ini seperti bermain rolet," kata Nash dalam sebuah pernyataan.

Telur-telur itu Meledak karena....

Namun yang menarik dalam percobaan itu, para peneliti menemukan bahwa kuning telur, baik yang meledak maupun tidak, suhunya lebih tinggi dari air di sekitarnya. Kondisi ini menunjukkan bahwa kuning telur lebih bisa menerima radiasi gelombang mikro daripada air.

Kondisi itu mungkin karena protein di dalam telur menjadi kantong yang memerangkap air di dalam kuning telur, yang kemudian menjadi sangat panas di atas titik didih air. Bila kantong ini dirusak, baik dengan cara ditusuk maupun digigit, bahan dalam telur yang sama-sama panas itu akan meledak.

Kesimpulannya, kemungkinan bukan ide bagus memanaskan telur rebus di dalam microwave, dan benar-benar berbahaya memakan telur rebus yang dipanaskan lagi dengan microwave.

Berikut Videonya

(Youtube.com/infrared213)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Lava Toast Ala Kafe Cuma dengan 6 Bahan, Bisa untuk Takjil

Bikin Lava Toast Ala Kafe Cuma dengan 6 Bahan, Bisa untuk Takjil

Membuat olahan roti ala kafe tidak membutuhkan oven. Kamu bisa membuatnya dengan cara yang praktis hanya menggunakan 6 bahan sederhana.

Baca Selengkapnya
Resep Serundeng Kelapa Gurih, Dijamin Bikin Nambah Nasi

Resep Serundeng Kelapa Gurih, Dijamin Bikin Nambah Nasi

Proses pembuatan serundeng juga nggak ribet banget, kok! Parutan kelapa disajikan dengan bumbu-bumbu yang diolah

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Cara Biar Gorengan Selalu Garing, Dijamin Tahan Seharian

5 Cara Biar Gorengan Selalu Garing, Dijamin Tahan Seharian

Jangan biarkan tekstur makanan yang renyah berubah setelah dibiarkan seharian. Lakukan 5 cara sederhana.

Baca Selengkapnya
Resep Nasi Daun Jeruk yang Gurih dan Wangi, Bikin Nafsu Makan Naik

Resep Nasi Daun Jeruk yang Gurih dan Wangi, Bikin Nafsu Makan Naik

Cara membuat hidangan ini tidak serumit yang dibayangkan. Manfaatkan saja rice cooker di rumah.

Baca Selengkapnya
Resep Telur Bacem Manis Gurih, Cara Masaknya Simpel Banget

Resep Telur Bacem Manis Gurih, Cara Masaknya Simpel Banget

Berikut ini adalah resep telur bacem asli yang mudah dibuat dan dijamin lezat.

Baca Selengkapnya
Resep Waffle Rumahan Bertekstur Lembut untuk Teman Minum Kopi

Resep Waffle Rumahan Bertekstur Lembut untuk Teman Minum Kopi

Waffle bisa dijadikan teman minum kopi yang tepat di sore hari. Rasanya yang manis bisa mengimbangi rasa pahit dari kopi dan membuat sajian lebih hangat.

Baca Selengkapnya