Galeri Rasulullah Hadir di Masjid Al-Jabbar Bandung, Apa Saja Isinya?

Reporter : Dinda Permata Sari
Selasa, 28 Maret 2023 17:01
Galeri Rasulullah Hadir di Masjid Al-Jabbar Bandung, Apa Saja Isinya?
Galeri Rasulullah sudah bisa dikunjungi, gratis namun harus daftar online karena kapasitas dibatasi.

Dream - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi membuka Galeri Rasulullah yang terletak di lantai bawah Masjid Al-Jabbar, Bandung, dan dapat dikunjungi masyarakat umum. Selain menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW, galeri ini juga menghadirkan sejarah perkembangan Islam di Nusantara dan Jawa Barat

Galeri Rasulullah memiliki luas bangunan mencapai 3.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat deskripsi sejarah perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW, perjuangannya dalam menyebarkan agama Islam, dan perjalanan Isra Mi'raj.

Semuanya kisah perjalanan Rasulullah tersebut bisa dinikmati dengan dukungan visual yang megah dan teknologi canggih. Para pengunjung juga bisa memanfaatkan teknologi interaktif melalui teknologi touch read.

1 dari 2 halaman

Resmi Dibuka, Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar Bisa Dikunjungi Masyarakat Umum Gratis© YouTube Angelick Vaulina/ Merdeka.com

" Insyaallah ini terbesar dan tercanggih, mungkin di dunia. Kami secara resmi membuka fasilitas teristimewa di Indonesia yang bernama Galeri Rasulullah. Kini sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat umum," ujar Ridwan Kamil dalam peresmian Galeri Rasulullah yang juga dihadiri mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan pejabat Pemprov Jabar, Senin 27 Maret 2023.

Ridwan memastikan Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar memiliki banyak informasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Keberadaannya juga menunjang fungsi masjid menjadi semakin lengkap.  

" Di atasnya terdapat ruang sholat yang sangat besar, di bawahnya terdapat tempat pengetahuan keislaman yang sangat lengkap dan komprehensif," tambahnya.

Meski tak dipungut biaya alis gratis, untuk sementara pengunjung yang ingin berkunjung ke Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar harus mendaftar secara daring karena adanya pembatasan jumlah pengunjung. 

Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar ini akan dibuka setiap Rabu hingga Minggu pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

2 dari 2 halaman

Resmi Dibuka, Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar Bisa Dikunjungi Masyarakat Umum Gratis© YouTube Angelick Vaulina/ Merdeka.com

Benny Bachtiar, selaku Divisi Seni Budaya Sains Museum Bidang Ekonomi dan Kemandirian Masjid Raya Al-Jabbar menyatakan, pengunjung dapat memperoleh tiket daring melalui aplikasi Sapawarga.

" Masih gratis, bisa satu bulan atau dua bulan ke depan. Sampai kita mencari berapa nilai yang layak untuk ditetapkan agar masyarakat tertarik hadir dan tidak terlalu membebani masyarakat. Untuk tiket bisa didapat lewat aplikasi Sapawarga," ucap Benny.

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov Jabar. mengungkapkan, untuk sementara waktu kapasitas pengunjung Museum Rasulullah sebanyak 120 orang.

" Target 120 orang per hari. Karena ini baru permulaan, berikutnya akan dievaluasi apakah bisa ditambah atau dikurangi. Ada enam sesi," kata Benny.

sumber: Merdeka.com

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More