Jamaah Haji Indonesia Terbaik di Dunia

Reporter : Eko Huda S
Senin, 19 Januari 2015 15:03
Jamaah Haji Indonesia Terbaik di Dunia
Saudi menilai jamaah asal Indonesia disiplin, ramah, dan mematuhi peraturan. Karena itu layak memperoleh predikat sebagai jamaah terbaik.

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin, mengatakan pemerintah Arab Saudi menilai jamaah haji asal Indonesia menjadi yang terbaik. Penilaian itu disampaikan kepada Lukman saat melakukan kunjungan kerja ke Saudi pekan lalu.

" Jamaah haji kita mendapat predikat jamaah haji terbaik," kata Lukman sebagaimana dikutip Dream dari laman resmi Kementerian Agama, Senin 19 Januari 2015. Saudi menilai jamaah asal Indonesia disiplin, ramah, dan mematuhi peraturan. Karena itu layak memperoleh predikat sebagai jamaah terbaik.

" Kita juga dinilai dapat menyukseskan pelaksanaan haji 2014 dan berterimakasih ke pemerintah Indonesia. Namun, sesungguhnya penghargaan itu lebih tepat diberikan ke jemaah haji Indonesia sendiri," tambah dia.

Dalam kunjungan kerja itu, Lukman menyampaikan beberapa usulan, mulai penerapan data sistim berbasis elektronik hingga penembahan kuota haji Indonesia. Semua usulan disetujui Saudi, kecuali satu, penambahan kuota haji.

" Alhasil kuota kita akan dipotong kembali menjadi 20 persen," jelas Lukman. Kuota haji Indonesia sebesar 168.800 orang setelah dipotong 20 persen dari kuota normal 211 ribu orang.

Menurut Lukman, Saudi keberatan dengan permohonan penambahan kuota haji Indonesia karena proyek perluasan Masjidil Haram di Mekah belum selesai. Alasan utama adalah keselamatan bagi jamaah haji lebih diutamakan, jika terlalu banyak jamaah kapasitas masjid terbesar itu tak dapat menampung. " Kita memahami ini," kata Lukman. (Ism)

Beri Komentar