Status Kasus Palu Arit Rizieq Naik ke Tahap Penyidikan

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 18 Januari 2017 21:22
Status Kasus Palu Arit Rizieq Naik ke Tahap Penyidikan
Status Rizieq masih menjadi saksi.

Dream - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan status hukum kasus dugaan penghinaan logo Bank Indonesia oleh Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab dinaikkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan.

" (Kasusnya) sudah dinaikkan ke tahap penyidikan," kata Argo di Rumah Sakit Kramat Jati Polri, Jakarta Timur, Rabu, 18 Januari 2017.

Namun demikian, kata Argo, penyidik belum menetapkan Rizieq sebagai tersangka. Saat ini status Rizieq masih sebagai saksi.

" (Rizieq) masih saksi," ucap dia.

Sebelumnya, Rizieq dilaporkan melakukan penghinaan terhadap logo BI dalam uang kertas rupiah baru.

Dalam sebuah ceramah, Rizieq menyebut logo tersebut berbentuk palu arit, yang merupakan lambang Partai Komunis Indonesia (PKI).

Sekadar informai, dugaan logo palu arit ini sempat menghebohkan dunia maya. Ada yang mengaitkan logo BI yang ada di uang rupiah, terutama uang kertas, sebagai logo Partai Komunis Indonesia (PKI).

Gubernur Bank Indonesia sendiri sudah menjelaskan jika logo yang dimaksud itu sebenarnya adalah rectoverso dari BI. Gambar saling isi ini merupakan salah satu bagian dari unsur pengaman rupiah. Unsur pengaman ini dicetak dengan teknik khusus sehingga terpecah menjadi dua bagian di sisi depan dan belakang lembaran uang.

Logo ini hanya dilihat utuh kalau diterawang. Rectoverso sendiri sudah digunakan sejak tahun 1990-an sebagai pengaman rupiah. Untuk logo BI sendiri, rectoverso digunakan sejak tahun 2000-an.(Sah)

Beri Komentar