Brrrrr! Suhu Dingin Sampai 4 Derajat Celcius, Iguana Jadi Kaku dan Berjatuhan dari Pohon Bak Hujan

Reporter : Sugiono
Kamis, 27 Januari 2022 08:47
Brrrrr! Suhu Dingin Sampai 4 Derajat Celcius, Iguana Jadi Kaku dan Berjatuhan dari Pohon Bak Hujan
Iguana merupakan reptil berdarah dingin. Mereka tak punya kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri

Dream - Sebuah fenomena aneh baru-baru ini mengejutkan warga Florida, Amerika Serikat. Kota tersebut tengah diserang musim dingin ekstrem yang melanda wilayah beriklim sub-tropis itu.

Rupanya kondisi dingain yang menusuk tubuh tak hanya dirasakan para penduduk. Rendahnya suhu udara di musim saat ini menyebabkan hewan reptil Iguana membeku.

Saking tak bisa bergerak, hewan yang banyak dikoleksi karena bentuknya itu berjatuhan dari pohon dalam kondisi tubuh kaku.

Tak tahan dingin, tubuh Iguana membeku dan berjatuhan dari pohon.© Daily Star

Otoritas setempat memberi peringatan warga Florida untuk menghindari tempat-tempat yang memiliki banyak pohon agar tidak kejatuhan Iguana.

Masalahnya Iguana ini sering terlihat bertengger di dahan pohon. Ketika tak bisa beradaptasi dengan suhu rendah, tubuh mereka menjadi kaku.

1 dari 4 halaman

Reptil Berdarah Dingin

Seperti diketahui, Iguana merupakan reptil berdarah dingin. Sama seperti reptil lainnya, mereka tak punya kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Untuk menghangatkan tubuhnya, bangsa reptil seperti Iguana ini mengandalkan kondisi lingkungan sekitarnya yang panas.

Namun, ketika suhu udara di sekitarnya menjadi sangat dingin, Iguana tak bisa bertahan sehingga tubuh mereka menjadi kaku.

2 dari 4 halaman

Bisa Pulih dengan Cepat

Akibat tubuhnya yang kaku, kaki para Iguana ini tidak bisa mencengkeram ranting atau dahan hingga mereka jatuh dari pohon.

Tak tahan dingin, tubuh Iguana membeku dan berjatuhan dari pohon.© Daily Star

Uniknya, para Iguana yang jatuh dari pohon ini pulih cukup cepat sehingga warga diimbau untuk menjauh jika menemukan reptil itu terbujur kaku di tanah.

" Kita telah memasuki 'musim gugur Iguana' akibat temperatur berada di angka 4 derajat Celcius di sebagian besar Broward dan Miami-Dade," cuit presenter info cuaca Vivian Gonzalez dari stasiun TV WSVN.

3 dari 4 halaman

Temperatur Terdingin Sejak Satu Dekade Lalu

Lebih lanjut Vivian mengatakan para Iguana ini tiba-tiba jadi lemot atau tak bisa bergerak sama sekali ketika temperatur turun. Mereka jatuh dari pohon tapi tidak mati.

Tak tahan dingin, tubuh Iguana membeku dan berjatuhan dari pohon.© Daily Star

" Jadi, jangan dekati mereka. Begitu matahari muncul, mereka akan bergerak seperti sedia kala," tambah Vivian.

Sementara itu cuitan yang lain menyoroti cuaca yang cukup fenomenal di bagian selatan Florida. Karena ini pertama kalinya temperatur turun hingga 4 derajat sejak Desember 2010.

4 dari 4 halaman

Iguana Dewasa Bisa Membahayakan

Warga Florida dilarang mendekat Iguana yang berjatuhan dari pohon karena bisa melukai orang yang tertimpa reptil tersebut.

Tak tahan dingin, tubuh Iguana membeku dan berjatuhan dari pohon.© Daily Star

Menurut spesialis hewan liar, Iguana jantan yang sudah dewasa dapat mencapai panjang 1,5 meter lebih, dengan berat hingga 9 kilogram.

Sementara itu Ron Magill, direktur komunikasi untuk Kebun Binatang Miami, mengatakan pada tahun lalu bahwa banyak Iguana di Florida Selatan mampu beradaptasi dengan temperatur dingin dengan menggali sarang di dalam tanah.

" Mereka biasanya tinggal dekat perairan, karena suhu dalam tanah dekat perairan lebih hangat daripada di tempat terbuka," tambah Magill.

Sumber: Daily Star

Beri Komentar