Remote TV Macet Bisa Fungsi Lagi Hanya Digoyang atau Ditepuk, Ini Penjelasannya

Reporter : Sugiono
Rabu, 10 Juli 2019 11:12
Remote TV Macet Bisa Fungsi Lagi Hanya Digoyang atau Ditepuk, Ini Penjelasannya
Remote TV tidak berfungsi cukup digoyang atau ditepuk-tepuk bagian belakangnya.

Dream - Menonton televisi adalah kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk mendapatkan hiburan.

Saat menonton televisi, Anda pasti memerlukan remote untuk memindah saluran televisi atau menyesuaikan volume suara.

Namun, bagaimana jika remote TV tersebut tidak berfungsi? Sebagian orang mungkin akan memeriksa baterainya.

Tetapi ada cara aneh yang umum digunakan orang-orang. Mereka menggoyangkan remote TV atau menepuk bagian belakangnya sampai berfungsi lagi.

Nah, yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara seperti itu bisa membuat remote TV bekerja kembali?

1 dari 5 halaman

Penyebab Remote TV Tak Berfungsi

Sebelum menjelaskan soal 'keajaiban' tersebut, kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai penyebab utama remote TV terkadang tidak berfungsi.

Seperti diketahui, remote TV menggunakan baterai agar bisa berfungsi. Baterai ini akan berada di dalam remote dalam waktu yang lama.

Karena berada di lingkungan tertutup, tercipta lapisan oksida antara terminal pegas pada remote dan konektor pada baterai itu sendiri.

Lapisan oksida tersebut memiliki sifat penahan yang tinggi yang dapat menghalangi arus listrik dari baterai saat melewati terminal pegas.

Akibatnya, arus dari baterai terpengaruh dan menurun yang menyebabkan remote TV tidak berfungsi dengan baik.

2 dari 5 halaman

Membetulkan Baterai pada Posisi Semula

Namun, saat menggoyangkan remote TV atau menepuk bagian belakangnya, kita secara tidak sengaja membetulkan konektor baterai pada posisi semula yang membuatnya bisa mengalirkan listrik lagi.

Cara menyalakan alat yang unik ini dikenal dengan teknik Percussive. Teknik ini juga bisa dilakukan pada aki mobil, televisi, dan mesin fotokopi.

Jadi, jika Sahabat Dream melihat adegan menendang dan memukul untuk menghidupkan mobil atau mesin yang macet di film, maka itu adalah teknik Percussive.

Sumber: Siakapkeli.my

3 dari 5 halaman

Mengapa Harus Pakai Helm yang Pas di Kepala?

Dream – Banyak pengendara motor hanya mau pakai helm karena tidak mau ditilang polisi. Karena pemikiran ini, tak sedikit pengendara asal pilih helm.

Parahnya lagi, mereka sering melepas helm ketika melewati jalan yang tak dijaga polisi. Padahal, helm merupakan pelindung kepala untuk keselamatan pengendara.

Dikutip dari Suzuki, Selasa 9 April 2019, helm bukan hanya sekadar aksesoris atau pelengkap formalitas berkendara. Lebih dari itu, helm merupakan perangkat keselamatan yang berfungsi untuk melindungi dari benturan, baik saat terjatuh atau terjadi tabrakan.

Lalu, helm seperti apa yang harus digunakan?

Di Indonesia, ada regulasi khusus yang mengatur helm. Helm harus berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI). Label ini merupakan bukti bahwa produk tersebut sudah melewati tahap uji coba dan memastikan barangnya aman ketika digunakan untuk berkendara.

Memilih helm dengan label SNI merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan.

Selain harus memiliki label SNI, helm yang digunakan pun harus sesuai dengan ukuran kepala yang menggunakannya, tidak terlalu besar, tidak pula terlalu kecil.

Menurut Transport Research Laboratory, sebagaimana dikutip dari Visordown, setidaknya 20 persen responden mengklaim bahwa helm mereka hampir terlepas ketika tabrakan. Hal ini disebabkan karena sebanyak 25 persen pengendara sepeda motor memiliki helm yang salah ukurannya alias terlalu besar.

Dalam penelitian tersebut, terungkap jika 25 persen responden mengaku membeli helm secara online, dan hanya 3 persen yang membeli helm di toko resmi dan dicoba dulu kelayakannya, termasuk menentukan apakah ukurannya pas dengan ukuran kepala pengguna atau tidak. 

Tim peneliti menyebut bahwa menggunakan helm yang tidak sesuai dengan ukuran kepala sangat berbahaya. Helm bisa saja terlepas saat terjadi kecelakaan, dan menyebabkan cedera yang sangat serius, hingga menyebabkan meninggal dunia.

Selain itu, sebelum berkendara kamu pun harus memastikan jika tali helm sudah terpasang dengan baik. Sudah banyak contoh kecelakaan yang terjadi akibat dari tali pelindung helm yang tidak dipasang dengan baik, salah satunya contohnya tragedi yang menimpa pembalap Moto GP Marco Simoncheli.

Kesimpulannya, punya label helm SNI saja belum cukup untuk menjaga kamu dari risiko kecelakaan, helm harus memiliki ukuran yang pas dengan pengendara, dan tali pengikatnya dipasang dengan baik.

4 dari 5 halaman

Ini Penjelasan Mengapa Orang Lapar Cenderung Uring-uringan

Dream - Menahan lapar bisa sangat menyiksa bagi seseorang. Badan lemas dan perut terasa nyeri karena asam lambung naik. Tak hanya itu, rasa lapar bisa membuat seseorang lebih emosional. Ini bukanlah mitos.

Sebuah studi dari University of Guelph, Kanada, menyatakan bahwa emosi yang memuncak di kala lapar adalah reaksi dari penurunan kadar glukosa drastis atau hipoglikemia.

" Kami menemukan bahwa perubahan kadar glukosa bisa menyebabkan efek besar pada suasana hati," ungkap Francesco Leri, seorang ahli psikologi.

Pada awalnya, Leri meragukan sikap seseorang yang lebih emosional ketika belum makan. Tapi kini dia percaya bahwa hipoglikemia memiliki dampak pada kondisi psikologis dan fisiologis.

Jurnal Psychopharmacology membuat penelitian akibat penurunan kadar glukosa terhadap sikap pada sejumlah tikus. Sebagian tikus sudah disuntik terlebih dahulu sehingga kagar glukosanya menurun dan mengalami hipoglikemia. Di ruang lainnya, tikus tersebut diberikan air.

Ketika diberikan kesempatan untuk memilih ruangan, sebagian besar tikus menghindari tempat dimana mereka mengalami hipoglikemia.

" Mereka menghindar karena merasa stres dan takut. Mereka tidak mau mengalami hipoglikemia lagi," ungkap Leri.

Riset membuktikan darah tikus yang mengalami hipoglikemia mengandung zat kortikosteron. Zat tersebut merupakan zat pengindikasi stres.

Para peneliti percaya bahwa kebiasaan menunda lapar atau makan, bisa membuat sifat menjadi lebih emosional. Namun, mereka masih akan melakukan penelitian lebih lanjut tentang efek jangka panjangnya.

" Suasana hati dan pola makan yang buruk bisa menjadi kebiasaan jika seseorang tidak memenuhi kebutuhan asupannya. Suasana hati akan memburuk dan napsu makan hilang," ujar Thomas Horman, kepala penelitian tersebut.

5 dari 5 halaman

Mengapa Embun Sering Muncul di Kaca Mobil Saat Musim Hujan?

Dream – Hujan sering menyebabkan kaca mobil jadi berembun. Sehingga mengurangi penglihatan pengendara yang bisa menimbulkan risiko kecelakaan kalau dibiarkan begitu saja dan tak segera diatasi.

Dikutip dari Suzuki, Senin 18 Februari 2019, AC mobil menjadi biang kerok munculnya embun di kaca mobil. Kabin mobil yang lembab karena banyaknya partikel air ketika terkena hawa dingin dari AC mobil yang dingin , maka munculah embun di kaca mobil.

Selain itu, pada pagi hari, ketika atau setelah hujan, umumnya kelembaban udara di luar kabin cukup tinggi. Udara akan lebih mudah berubah jadi embun atau kabut yang menempel di kaca mobil.

Embun di dalam kabin mobil muncul karena tingkat kelembaban udara tinggi. Embun pada kaca bisa muncul juga bisa karena adanya perbedaan suhu antara kabin dan suhu di luar. Suhu kabin yang lebih panas ketimbang suhu di luar bisa memunculkan embun di kaca mobil.

Proses terbentuknya embun disebut dengan kondensasi. Ketika hujan, udara di dalam kabin awalnya akan mengikuti udara di luar yang mengandung kelembaban yang tinggi. Karena kita berada di dalam mobil, embusan nafas yang juga sudah mengandung banyak uap air akan bertemu dengan tekanan udara dalam kabin.

Uap air yang sudah tidak bisa ditampung, baik itu oleh tubuh atau pun udara kabin, otomatis akan mencari lokasi yang terdingin. Nah, yang paling dekat adalah kaca mobil dan terjadilah kondensasi pada kaca mobil. Kadar embun ini akan lebih banyak ketika kabin mobil diisi lebih dari satu penumpang.

Untuk menghindari proses kondensasi, pemilik mobil disarankan untuk melakukan perawatan AC secara berkala. Minimal setiap tiga bulan filter kabin dibersihkan dan jangan lupa untuk mengecek juga tekanan freon.

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri