Jangan Ketinggalan! Fenomena Alam Bulan Biru `Bluemoon` Muncul Malam Ini

Reporter : Syahid Latif
Minggu, 22 Agustus 2021 15:15
Jangan Ketinggalan! Fenomena Alam Bulan Biru `Bluemoon` Muncul Malam Ini
Dunia astronomi mengenal empat macam bulan purnama yang salah satunya adalah Bluemoon. Fenomena bulan biru ini akan terjadi malam ini sekitar pukul 7 malam.

Dream - Fenomena alam menarik akan kembali muncul malam ini, (Minggu, 22 Agustus 2021) sekitar pukul 7 malam. Bulan Biru diperkirakan akan menerangi langit malam saat satelit bumi itu sedang mengalami purnamanya.

Menurut Peneliti Pusat Sains ANtariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang, kalangan pecinta astronomi selama ini mengenal dua definsi bulan biru atau bluemoon.

Pertama adalah bulan biru musiman yakni bulan purnam ketiga dari salah satu musim astronomis yang didalamnay terjadi empat kali Bulan Purnama. Kedua adalah Bulan Biru bulanan yaitu bulan purnam kedua dari salah satu bulan di dalam kalender masehi.

 

1 dari 4 halaman

Perhitungan Kemunculan Bluemoon

Catat Sejarah Baru, Pesawat Antariksa UEA Berhasil Mengorbit di Mars© MEN

Bluemoon pada hari ini termasuk dalam kategori Bulan Biru Musiman. Di dalam Almanak Petani Maine di Amerika Serikat, purnama ini dinamakan sebagai Purnama Sturgeon dikarenakan pada bulan Agustus, ikan Sturgeon (ikan penghasil kaviar) muncul ke permukaan danau sehingga mudah ditangkap.

Bulan Biru Musiman terjadi setiap dua atau tiga tahun sekali. Sebelumnya bluemoon pernah terjadi pada 19 Mei 2019 dan 22 Mei 2016. Fenomena ini akan terjadi kembali pada 20 Agustus 2024 dan 20 Mei 2027 mendatang.

Bulan Biru Bulanan juga terjadi setiap dua atau tiga tahun sekali, sebelumnya pernah terjadi pada 31 Juli 2015 dan 31 Januari 2018.

Fenomena ini akan terjadi kembali pada 31 Agustus 2023 dan 31 Mei 2026 mendatang.

" Umumnya, dalam sebuah musim astronomis (yang ditandai oleh solstis ataupun ekuinoks) dapat terjadi tiga kali Bulan Purnama," jelas Andi dikutip dari situs Lapan.

 

2 dari 4 halaman

Kapan Akan Muncul Bluemoon

Periode ini bisa terjadi dikarenakan durasi musim untuk musim gugur (belahan utara) dan musim dingin (belahan utara) rata-rata 89,5 hari sedangkan durasi musim untuk musim semi (belahan utara) dan musim panas (belahan utara) rata-rata 93 hari. Sehingga rata-rata lunasi atau satu siklus periode sinodis Bulan mengelilingi Bumi sebesar 29,53 hari.

" Sehingga 89,5 : 29,53 = 3,03 atau dibulatkan menjadi 3. Akan tetapi, jika Bulan Purnama pertama terjadi berdekatan dengan awal musim astronomis, maka memungkinkan dalam sebuah musim astronomis terjadi empat kali Bulan Purnama," jelasnya.

Bulan purnama ketiga dalam sebuah musim astronomis yang mengalami empat kali Bulan Purnama inilah yang kemungkinan disebut kalangan pengamat astronomi sebagai Bulan Biru.

Dalam kalender Masehi, ada tujuh bulan yang berumur 31 hari dan ada empat bulan yang berumur 30 hari. Nilai ini lebih besar dari rata-rata lunasi yakni 29,53 hari. Jika Bulan Purnama terjadi di sekitar awal bulan Masehi, maka memungkinkan dalam sebuah bulan di kalender Masehi terjadi dua kali bulan purnama.

Bulan Purnama kedua dalam sebuah bulan di kalender Masehi inilah yang disebut juga sebagai “ Bulan Biru”.

 

3 dari 4 halaman

Mengapa Dinamakan Bulan Biru

Hilal Tak Terlihat di Seluruh Titik Pengamatan di Indonesia© MEN

Diakui Andi, penampakan warna saat terjadi Bulan Biru memang tak sepenuhnya benar-benar berwarna biru. " Asal-usul historis istilah ini dan dua definisinya sebenarnya masih simpang siur dan kebanyakan pihak menganggapnya sebagai kesalahan interpretasi," ujarnya.

Ditambahkannya, banyak orang meyakini istilah Bulan Biru yang dimaknai sebagai sesuatu hal yang terjadi sangat langka berasal dari ketika kabut asap dan abu vulkanik dari letusan gunung berapi mengubah Bulan menjadi berwarna kebiruan.

Istilah ini sudah muncul setidaknya sejak 400 tahun yang lalu dari penelusuran saat ini. Kala itu seorang penutur cerita rakyat berkebangsaan Kanada, Dr. Philip Hiscock, mengusulkan bahwa penyebutan “ Bulan Biru” bermakna bahwa ada hal yang ganjil dan tidak akan pernah terjadi.

4 dari 4 halaman

Penjelasan Lengkap Bluemoon

Simak yuk penjelasan lapan di unggahan Instagramnya atau melalui situs LAPAN ini:

      View this post on Instagram      

A post shared by LAPAN (@lapan_ri)

 

Beri Komentar