Kominfo Jaring 24 Hoax Tentang Pilpres 2019, Paling Banyak Soal Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 19 April 2019 12:56
Kominfo Jaring 24 Hoax Tentang Pilpres 2019, Paling Banyak Soal Ini
Apa saja?

Dream – Pilpres 2019 tak lepas dari kabar bohong (hoax). Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyebut 24 berita hoax yang tersebar di jejaring sosial dan platform perpesanan.

Dikutip dari laman Kominfo, Jumat 19 April 2019, ada beragam hoax tersebar, mulai dari berita yang salah (disinformasi) sampai kabar yang benar-benar bohong.

Misalnya, ada eksodus WNI ke luar negeri karena cemas ada chaos usai Pilpres, salam dua jari di Millenial Road Safety Festival, dan Sandiaga Uno yang diusir oleh Prabowo Subianto karena menolak deklarasi kemenangan.

Ada juga soal tudingan lembaga survei yang berpihak terhadap salah satu pasangan capres-cawapres serta isu kecuangan di Pilpres 2019, misalnya surat suara tercoblos.

Berikut ini adalah rinciannya.

1 dari 24 halaman

Berita Hoax 1

 Berita hoax 1

 

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar di pesan grup Whatsapp yang mengajak untuk mewaspadai pengangkutan kertas suara dari TPS menuju tempat-tempat pengumpulan sampai dengan dibawa ke KPU. Dipesan itu memberikan informasi pihak penyelenggara ada rencana untuk membelokan kertas suara yang sudah tercoblos ke tempat lain yang sudah disiapkan untuk ditukar.

Faktanya alur penghitungan perolehan suara hasil Pemilu sudah ditetapkan oleh KPU. KPU telah memperlihatkan alur ini melalui infografik yang beredar di media sosial dan aplikasi. Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Viryan Aziz membenarkan informasi yang ada dalam infografik tersebut.

Link Counter :

https://www.tagar.id/infografis-perjalanan-surat-suara-dari-tps-ke-kpu

https://nasional.kontan.co.id/news/begini-alur-dan-tanggal-perhitungan-suara-kpu-dari-tps-hingga-nasional

2 dari 24 halaman

Berita Hoax 2

 Berita hoax 2

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Beredar sebuah postingan di media sosial facebook sebuah foto Syekh Ali Jaber bersama Joko Widodo. Dalam postingan foto tersebut dengan narasi setelah Abdul Somad, Syekh Ali Jaber dukung Jokowi.

Faktanya Syekh Ali jaber menyesalkan fotonya bersama Presiden Joko Widodo dijadikan bahan hoax.Syekh Ali jaber membenarkan sempat berfoto bersama dengan jokowi pada acara maulid di Palembang pada 24 November 2018.Syekh Ali Jaber memberikan klarifikasi lewat akun instagramnya yang sudah terverifikasi, beliau mengunggah tangkapan layar suatu situs yang menampilkan fotonya bersama Jokowi. Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa beliau berfoto dengan Jokowi tidak sendirian, melainkan bersama orang tua angkatnya, KMS H Abdul Halim Ali.Syekh Ali Jaber juga menjelaskan bahwa dirinya berfoto bersama Presiden RI, bukan foto bersama capres 2019, untuk Pilpres 2019.

Link Counter :

https://www.instagram.com/p/Br6svo4F6N6/

http://news.rakyatku.com/read/133187/2018/12/28/syekh-ali-jaber-klarifikasi-fotonya-bareng-jokowi-artinya-dukung-prabowo-

3 dari 24 halaman

Berita Hoax 3

 Berita hoax 3

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Telah beredar postingan di media sosial facebook tentang Amien tak percaya Mahkamah Konstitusi. Ali menyatakan “ ini bentuk provokasi yang nyata dan upaya mendelegitimasi KPU secara sistematis. Sangat disayangkan pernyataan tersebut dikeluarkan oleh seorang tokoh reformasi bangsa. Pernyataan itu seakan menarik mundur kembali bangunan demokrasi.

Faktanya berita itu salah. Amien Rais membantah tuduhan kepada kubunya terkait adanya upaya mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penanggung jawab pemilu." Kami seringkali dituduh melakukan upaya mendelegitimasi KPU. Sesungguhnya kita justru mengupayakan agar pemilunya legitimate," kata Amien dalam diskusi soal daftar pemilih tetap (DPT) di kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019).

Link Counter :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190409165904-32-384647/amien-rais-mengeluh-dituding-mendelegitimasi-kpu

https://tirto.id/amien-rais-bantah-berupaya-mendelegitimasi-pemilu-dlBE

4 dari 24 halaman

Berita Hoax 4

 Berita hoax 4

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Hasil Exit Poll TPS2 di Luar Negeri menunjukan kemenangan mutlak 02 Di Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand.Buat grup WA di setiap jenjang penjumlahan C1 dari kecamatan sampai KPU Daerah, merekap bersama hingga hasil penjumlahan dapat diketahui hari itu juga, untuk menjaga kesesuaian hasil di TPS dengan rekapitulasi akhir oleh KPU.

Adapun hasil exit poll itu disebut berasal dari hasil pemilu di Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Jerman, Amerika Serikat, dan Iran.Dilansir dari Tribunnews.com, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) menjelaskan bahwa pihaknya tidak mengatur regulasi mengenai exit poll hasil pemilu luar negeri. Dengan demikian, hasil exit poll yang dicantumkan dalam akun Twitter itu tidak memiliki dasar, baik secara regulasi maupun kelembagaan yang melakukannya.hasil exit poll tersebut, baik secara positif maupun negatif. Hasil exit poll tersebut belum dipastikan kebenarannya, sebab exit poll menunjukkan hasil berbeda. Satu hasil exit poll memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf, lainnya memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Link Counter :

https://nasional.kompas.com/read/2019/04/17/14283701/cek-fakta-hasil-exit-poll-pemilu-luar-negeri-beredar-di-medsos

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190416130635-32-386784/perbedaan-exit-poll-quick-count-dan-real-count

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4515449/ragukan-survei-luar-bpp-diy-berpegang-hasil-exit-poll-internal

5 dari 24 halaman

Berita Hoax 5

 Berita hoax 5

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Ditemukan broadcast yang bernarasikan ada kabar akan ada demo karena tidak terima atas kemenangan Jokowi.

Faktanya Polri memastikan informasi yang beredar di media sosial dan Whatsapp Group tentang akan ada situasi mirip 1998 di beberapa wilayah seperti Jawa Barat, DKI Jakarta dan Solo adalah hoaks. Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, semua konten-konten provokatif dan agitatif yang disebarkan oleh akun-akun di medsos sedang di profiling dan identifikasi oleh tim Cyber Bareskrim.

Link Counter :

https://news.detik.com/berita/d-4515681/isu-pergerakan-mirip-98-hoax-polisi-pastikan-situasi-kondusif?fbclid=IwAR1dWiG0f9P6v_geMhG_MuAXWDExSwjZtjUu45HesI-4jsUrx-HnkwfxD1I

http://indonews.id/artikel/20684/Pergerakan-Mirip-98-Adalah-Hoax-Polisi-Pastikan-Situasi-Kondusif/?fbclid=IwAR2neahViLtQuYYrjzbYLmo5yvB5LjsZydwWncPETIA-_PrN5ARlyPwhRLQ

6 dari 24 halaman

Berita Hoax 6

 Berita hoax 6

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar postingan di twitter dengan akun @greenblackcyber membuat kicauan yang menginformasikan cara kerja hasil hitung cepat. Dalam twitnya, pemilik akun mengungkapkan bahwa lembaga survei sengaja memenangkan salah satu pasang calon presiden dan calon wakil presiden untuk mengalihkan perhatian publik dan memancing emosi paslon lainnya. Hal itu bertujuan untuk membuat kecurangan pada hasil Pemilu.

Berdasarkan penelusuran, hasil quick count yang dilakukan oleh lembaga survei hanya menggunakan sejumlah suara dari beberapa tempat pemungutan suara (TPS) sebagai sampel. Sementara, hasil real count yang dilakukan oleh KPU menggunakan seluruh suara yang terkumpul dari semua TPS se-Indonesia. Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, hasil quick count bukan hasil resmi pemilu. Oleh karena itu, lembaga survei harus mengumumkan dengan jelas persentase sampel yang sudah diambil dari angka yang dimunculkan tersebut.

Link Counter :

https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/17/18062321/cek-fakta-quick-count-disebut-bentuk-kecurangan-hasil-pemilu

7 dari 24 halaman

Berita Hoax 7

 Berita hoax 7

 

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar kabar, salah satu pemilih di TPS 03 yang berada di Kelurahan Kedopok, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo mendapat surat suara ganda. Pada postingan Twitter atas nama Nina Noichil disebutkan, salah satu DPT mendapat 6 lembar surat suara. 1 surat suara Capres-Cawapres ganda.

Faktanya setelah dikonfirmasi ke pihak TPS 03 Kedopok, Achmad Harianto (35), Ketua KPPS membantahnya. Achmad menjelaskan, salah seorang laki-laki pada pukul 09.00 WIB mendapatkan dua surat suara. Namun, Achmad menegaskan setelah mengetahuinya, surat suara itu tidak sampai dicoblos, pun juga tidak sampai dimasukkan ke kotak suara.

Link Counter :

https://www.timesindonesia.co.id/read/210615/20190417/164334/salah-kecurangan-di-tps-kedopok-probolinggo/

https://www.wartabromo.com/2019/04/17/ini-penjelasan-kpps-soal-kabar-1-pemilih-dapat-surat-suara-ganda-di-kedopok/

8 dari 24 halaman

Berita Hoax 8

 Berita hoax 8

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Ketidakhadiran Sandiaga Uno pada konferensi pers kedua dan deklarasi kemenangan yang digelar Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada 17 April 2019 rupanya menyisakan banyak pertanyaan. Beberapa isu dihembuskan bahwa Sandiaga Uno diusir oleh Prabowo lantaran tidak setuju dengan adanya deklarasi kemenangan.

Tim Sandiaga, Yuga Aden Penuturan menuturkan bahwa ketidakhadiran Sandiaga Uno adalah lantaran Sandi dalam keadaan sakit. Yuga menuturkan, Sandiaga sudah mengalami penurunan kondisi kesehatan ketika mengisi kegiatan di Media Center Jl Sriwijaya, Jaksel. Hingga kini, tubuh Sandiaga disebutkan masih sakit.

Link Counter :

https://news.detik.com/berita/d-4515316/bpn-sandiaga-cegukan-nggak-putus-putus-sedang-istirahat

http://medan.tribunnews.com/2019/04/18/sandiaga-uno-sakit-terkuak-alasan-kenapa-gak-ikut-syujud-syukur-di-rumah-prabowo-ini-kata-tim-bpn

9 dari 24 halaman

Berita Hoax 9

 Berita hoax 9

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Telah beredar sebuah postingan berupa screenshot pesan Whatsapp yang berisi informasi BABINSA kota bandar lampung dikumpulkan dan di kurung dan tidak dilibatkan dalam Pemilu 2019 sedangkan BHABINKAMTIBMAS diperbolehkan ke TPS dan dilibatkan dalam Pemilu 2019.

Faktanya hal tersebut di atas adalah hal yang tidak benar dan cenderung menyudutkan satu pihak karena dikutip dari investigasibhayangkara.com tiga pilar (Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa) telah melakukan sinergitas dan solidaritas dalam rangka pengamanan pilpres 2019 dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh 1.684 personel terdiri Kapolres/Kapolresta, Forkopimda Provinsi Lampung, Dandim Korem 043/Gatam, Kapolsek dan Kasat Jajaran Polda Lampung, Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Lampung, Babinsa Jajaran Korem 043/Gatam, Babin Desa Pesisir TNI AL, dan Kepala Desa/Lurah se-Lampung.

Link Counter :

http://www.investigasibhayangkara.com/babinsa-bhabinkamtibmas-dan-kepala-desa-di-lampung-siap-amankan-pemilu-2019/

10 dari 24 halaman

Berita Hoax 10

 

 Berita hoax 10

 

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Sempat beredar kabar yang diduga datang dari dari Panglima Komando Daerah Pertahanan III Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Ndugama Egianus Kogeya. Ia menyebut anggota TPNPB melakukan penyerangan selama tiga jam dan menewaskan satu prajurit TNI. Sehari kemudian, pasukan TPNPB bergerak ke-32 distrik di Papua untuk membakar kotak suara yang akan didistribusikan kepada warga di Kabupaten Nduga.

Dilansir dari tirto.id Kolonel Infanteri Muhammad Aidi, Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XVII Cendrawasih mengklarifikasi, kabar tewasnya satu prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Distrik Yal, Kabupaten Nduga, Papua yang terjadi pada 15 April 2019 dipastikan hoaks. Ia menyebut, peristiwa kontak senjata antara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dan TNI terkait pelaksanaan Pilpres 2019 sama sekali tak terjadi. Aidi juga menjelaskan, pelaksanaan Pemilihan Umum di Nduga dilaksanakan terpusat di Kenyam, ibu kota Kabupaten Nduga. TNI juga mengerahkan 7000 personel yang bertugas membantu Polda Papua mengamankan jalannya pemilihan umum.

Link Counter :

https://tirto.id/klaim-tpnpb-tewaskan-1-prajurit-dan-bakar-surat-suara-hoaks-dmvb

11 dari 24 halaman

Berita Hoax 11

 Berita hoax 11

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Telah beredar sebuah postingan yang memberikan keterangan " BANG YOSS MERAPAT KE 02 TANDA2 PEMILU SUDAH BERAKHIR KARENA MANTAN KEPALA BIN SUDAH TAHU PRABOWO AKAN MENANG TELAK"

Faktanya adalah foto dalam postingan tersebut memang mantan Kepala BIN Sutiyoso bertemu dengan Prabowo namun pertemuan tersebut sesungguhnya terjadi tidak sengaja terjadi pada acara sebuah pameran foto-foto satwa peliharaan, bukan dalam urusan politik maupun pemilu 2019.

Link Counter :

https://www.viva.co.id/pemilu/berita-pemilu/1140063-sutiyoso-akui-bertemu-prabowo-tapi-kebetulan-saja

https://politik.rmol.co/read/2019/04/16/386278/Bang-Yos:-Saya-Kebetulan-Bertemu-Prabowo-Di-Pameran-Foto-Binatang-?fbclid=IwAR1q7_uN792PpgEv1kChSE_jRV8bhbSCrmmHvoWcjWACvVh3WYPUAyFTQHI

12 dari 24 halaman

Berita Hoax 12

 Berita hoax 12

 

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar video mengenai surat suara untuk 01 sudah tercoblos di Kalimas 1 Madya Pabean Cantian Surabaya. Video berdurasi hampir satu menit itu menampilkan petugas KPPS yang mengatakan bahwa sejumlah surat suara telah tercoblos untuk pasangan nomor urut 1, Jokowi-Ma’ruf Amin.

Adapun faktanya, dilansir dari detiknews.com surat suara yang disebut bukan tercoblos melainkan rusak. Hasanudin sebagai Panwas Kelurahan Nyamplungan menjelaskan, " ada lima lembar surat suara untuk pilpres yang rusak tapi ini sudah clear oleh saya sebagai panwas dan dibantu oleh pengawas TPS. Saksi yang hadir anggota KPPS dan PPK mengklarifikasi membuktikan bahwa surat suara tersebut memang rusak" .

Link Counter :

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4514862/viral-surat-suara-di-surabaya-panwas-bukan-tercoblos-tapi-rusak

13 dari 24 halaman

Berita Hoax 13

 Berita hoax 13

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Sebuah akun Twitter @m_mirah, atas nama Mirah Sumirat menulis bahwa Prabowo-Sandi menang telak di Bekasi. Melalui cuitan yang diunggah pada 17 April 2019, ia menyampaikan kemenangan telak Prabowo-Sandi di Bekasi. “ Hasil laporan anggota di berbagai wilayah Kota Bekasi jumlah TPS ada lebih dari 6000 an dan hampir lebih dari 70% pasangan 02 menang per tanggal 17 april 2019 pukul. 15.00wib,” begitu ia tulis di akun Twitternya.

Menurut penelusuran VIVA.co.id, yang disampaikan oleh akun @m_mirah itu mengandung informasi yang keliru. Ia mengatakan, jumlah TPS di Bekasi ada lebih dari 6.000-an, tapi faktanya, dilansir dari akun resmi KPUD Kota Bekasi, http://kpud-bekasikota.go.id, total jumlah TPS di Bekasi hanya 3.030 TPS bukan 6000 TPS.

Link Counter :

http://www.melekpolitik.com/2019/04/17/hoax-di-bekasi-ada-6-000-tps-dan-prabowo-menang/

http://kpud-bekasikota.go.id/index.php/berita-kpu-kota-bekasi/item/486-ini-jumlah-dpt-di-setiap-kecamatan/486-ini-jumlah-dpt-di-setiap-kecamata

14 dari 24 halaman

Berita Hoax 14

 Berita hoax 14

 

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Telah Beredar sebuah postingan Photo di media sosial tentang beberapa lembaga survei setelah PEMILU 2019 kemarin, karena dianggap berpihak kepada salah satu Capres dalam narasinya mengatakan " Mereka bukan lembaga survei tapi timses Jokowi, Pendukung Prabowo di harap tenang" .

Faktanya, Wahyu Setiawan selaku Komisioner KPU sudah mengumumkan bahwa pada pemilu 2019 ini sudah ada 40 lembaga survey yang terverifikasi, yang bisa dijadikan acuan masyarakat melihat hasil quick count, karena lembaga survei tersebut tidak berpihak kepada Capres manapun. 40 lembaga survey yang terverifikasi tersebut salah satunya adalah Penelitian dan Pengembangan Kompas, Indo Barometer, Charta Politika Indonesia, Poltracking Indonesia.jadi 4 lembaga survei yang ada dalam postingan tersebut adalah termasuk lembaga survei yang terverifikasi dan bukan Timses Jokowi

Link Counter :

https://news.okezone.com/read/2019/04/16/605/2044220/kpu-umumkan-daftar-40-lembaga-survei-yang-terverifikasi

https://www.liputan6.com/pilpres/read/3943362/daftar-40-lembaga-survei-yang-boleh-umumkan-quick-count-pemilu-2019

https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/politik/pq1olk377/ini-40-lembaga-survei-terdaftar-untuk-hitung-cepat-pilpres

15 dari 24 halaman

Berita Hoax 15

 Berita hoax 15

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Telah beredar postingan di media sosial dan pesan berantai yang menampilkan tayangan hasil Quick Count hasil Pemilihan Umum 17 April 2019 pada laman berita Metro TV. Disebutkan bahwa data yang ditampilkan pada tayangan Metro TV hasilnya memperlihatkan bahwa suara terbanyak ada pada Pasangan Calon nomor urut 02, yaitu Pasangan Prabowo-Sandi.

Terkait hal tersebut, pihak Metro TV sudah memberikan klarifikasinya melalui web dan akun Instagram resminya. Pihak Metro TV menyatakan bahwa terjadi kesalahan teknis dalam penayangan grafis data hasil sementara penghitungan cepat Pilpres 2019 pada pukul 15.12 WIB. Dalam tayangan tersebut terdapat perbedaan data grafis dengan election ticker yang muncul di layar.

Link Counter :

http://m.metrotvnews.com/headline-news/JKREY8Ok-klarifikasi-grafis-data-hasil-sementara-quick-count-pilpres-2019

https://www.instagram.com/p/BwXHrdqgoNu/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=d6l9pdpx4jzb

16 dari 24 halaman

Berita Hoax 16

 Berita hoax 16

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Beredar postingan di media sosial Facebook foto acara Millennial Road Safety Festival yang diadakan oleh Polresta Serang di alun-alun Barat Kota Serang, dalam foto tersebut para penonton mengangkat tangan dan berpose dua jari.

Faktanya Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kombes. Pol Wibowo menegaskan kegiatan Millennial Road Safety Festival tidak ada kaitannya dengan politik, baik pileg maupun pilpres. Program tersebut dilaksanakan dalam rangka mengkampanyekan dan mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas khususnya kepada generasi millenial dan masyarakat pada umumnya. Kombes. Pol Wibowo mengatakan " Saya sudah sudah lihat foto yang tersebar di medsos itu dan saya menduga itu foto hasil rekayasa. Apalagi panggung kegiatan yang digelar Polres Serang Kota pada acara MRSF tidak sama dengan foto tersebut.

Link Counter :

http://poskotanews.com/2019/03/13/millenial-road-safety-festival-di-serang-diterpa-foto-hoaks/

http://www.detakbanten.com/today/13082-kombes-pol-wibowo-kegiatan-mrsf-di-seluruh-wilayah-polda-banten-tidak-ada-kaitannya-dengan-politik

17 dari 24 halaman

Berita Hoax 17

 Berita hoax 17

Beredar isu di media sosial tentang akan ada kerusuhan saat pemilu dan membuat masyarakat lari ke luar negeri.

Terkait hal tersebut, Menko Polhukam Wiranto memastikan isu itu tidak benar. Wiranto menjelaskan eksodus ke luar negeri itu belum terlihat hingga kini. Hal itu ditandai dengan grafik kedatangan dan keberangkatan luar negeri yang stabil. Dia bahkan menyebut masyarakat menyambut antusias pemilu di dalam negeri. Hal itu ditandai dengan banyaknya orang yang masuk ke Indonesia dibanding yang meninggalkan Indonesia.

Link Counter :

https://news.detik.com/berita/d-4511340/wiranto-ancaman-rusuh-saat-pemilu-hoax-tak-ada-eksodus-ke-luar-negeri

18 dari 24 halaman

Berita Hoax 18

 Berita hoax 18

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Telah beredar di beberapa media sosial tentang hasil perhitungan surat suara sementara dari ke 32 Provinsi yang dimana dari hasil itu dimenangkan oleh pasangan nomor urut 02 dengan perolehan suara sebanyak 68%.

Faktanya sampai dengan saat ini hasil perhitungan suara sementara masih dimenangkan oleh kubu 01 dengan perolehan suara sebagai berikut:

Jokowi-Ma'ruf: 55,21%

Prabowo-Sandiaga: 44.79%.

Link Counter :

https://news.detik.com/berita/d-4514949/quick-count-sementara-lsi-denny-ja-jokowi-5521-prabowo-4479

https://news.okezone.com/read/2019/04/17/605/2044713/hasil-sementara-quick-count-charta-politika-jokowi-ma-ruf-unggul-55-22

19 dari 24 halaman

Berita Hoax 19

 

 Berita hoax 19

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Beredar postingan di Facebook dengan akun bernama " Dian" yang menerangkan hasil penghitungan sementara suara pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 dari KPU yang menjelaskan bahwa paslon 02 menang mutlak 73.37%.

Faktanya postingan tersebut tidak benar karena setelah ditelusuri lebih dalam hasil penghitungan masih pada tingkat capaian 0,00811% dari 813.350 TPS

Link Counter :

https://pemilu2019.kpu.go.id/?fbclid=IwAR0PMcNvPcDCqjZwIbkc8myzzjTL_0PfZ7e4LbvMyfCuUyVegYaMgEy4wRo#/ppwp/hitung-suara/

20 dari 24 halaman

Berita Hoax 20

 Berita hoax 20

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Sempat heboh taruhan sebidang tanah dengan luas 1 hektar di di Empagae, Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap lengkap dengan kwitansinya yang berpose salaman. Selain itu, terdapat pula foto kwitansi perjanjian taruhan bermaterai Rp 6.000 yang ditandatangani kedua pihak.

Faktanya " Soal foto viral itu, mereka sudah minta maaf kemarin, itu tindakan usil saja," kata Humas Kabid Humas Sidrap Hidayatullah Abbas. Untuk diketahui jika taruhan kedua pria yang bekerja sebagai petani itu hanyalah iseng belaka. Taruhan mereka adalah bentuk protes lantaran tanah yang mereka jadikan bahan taruhan itu adalah lapangan yang tidak terurus selama bertahun-tahun.

Link Counter :

https://regional.kompas.com/read/2019/04/16/07591351/viral-dua-pria-pendukung-jokowi-dan-prabowo-taruhan-tanah-1-hektar-dalam?page=all&fbclid=IwAR1LJNahl6iFCMdgGfbkKZcRccumPJym2LnYZWLFL9SvIYcbhoLsexPBm0Y

https://kumparan.com/makassar-indeks/viral-taruhan-1-hektar-tanah-di-sidrap-ternyata-iseng-1qtnMtOeB28?fbclid=IwAR14OZsU_ddi__IC_w4anBCEA5uE5cmzcPG6ksN2_GtPW7ZAngMlb-M8t4M

21 dari 24 halaman

Berita Hoax 21

 Berita hoax 21

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar pesan di WhatsApp berisi imbauan kepada pemilih terutama yang lanjut usia (lansia) agar membawa kertas contekan untuk dipakai ketika di bilik suara.

Menanggapi pesan tersebut anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Muladi Wibowo, menyatakan dalam rapat KPU dan Bawaslu tingkat Jawa Tengah, Pemilih dilarang membawa kertas contekan sebagai bantuan dalam memberikan suaranya, dan KPPS 4 dan 5 memastikan pemilih tidak membawa bahan tersebut. Di samping larangan itu, pemilih juga dilarang membawa HP ke bilik suara, mendokumentasikan, hingga mengunggah ke medsos.

Link Counter :

https://soloraya.solopos.com/read/20190416/490/985805/cek-fakta-bolehkah-bawa-contekan-ke-bilik-suara-

22 dari 24 halaman

Berita Hoax 22

 Berita hoax 22

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredarnya informasi tentang hasil Exit Poll luar negeri di beberapa negara bahwa paslon capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi menang.

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali menjelaskan tentang pengertian exit poll yang juga merupakan bagian dari survei. Kata dia, Exit poll berbeda dengan quick count dan real count. Ia mengatakan exit poll selalu dilakukan beberapa saat setelah pemilih telah menyalurkan pilihan politiknya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bantah beredarnya hasil exit poll dari pemungutan suara pemilu 2019 di luar negeri. KPU menegaskan bahwa pihaknya hanya mengatur regulasi tersebut di pemilu dalam negeri. Selain itu, Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menyatakan, metode penghitungan exit poll memiliki kelemahan jika dilakukan di luar negeri. Pasalnya, pencoblosan di luar negeri tidak semua dilakukan melalui TPS, tapi juga melalui pos dan kotak suara keliling (KSK).

Link Counter :

https://www.kabarmakassar.com/posts/view/6553/cek-fakta-exit-poll-prabowo-sandi-menang-ln.html

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190416130635-32-386784/perbedaan-exit-poll-quick-count-dan-real-count

https://www.tagar.id/kpu-respon-hasil-exitpoll-di-luar-negeri

23 dari 24 halaman

Berita Hoax 23

 Berita hoax 23

 

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar himbauan lewat media sosial di Kota Makassar. Warga di himbau hati-hati saat mencoblos Calon Presiden, Calon Anggota Legislatif, dan Partai. Karena akan merugikan salah satu Calon Presiden.

Setelah ditelusuri, anggota Bawaslu Kota Makassar Abdul Hafid mengatakan informasi yang disebar itu hoax. Indonesia mengadopsi cara penghitungan perolehan suara dengan berdasarkan jumlah kursi dengan model penghitungan Sainte-Lague. Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sulawesi Selatan Mardiana Rusli mengatakan, sistem Pemilu di Indonesia jauh berbeda dengan Amerika.

Link Counter :

https://makassar.terkini.id/cek-fakta-beredar-informasi-jika-mencoblos-gambar-partai-calon-presiden-kalah/

24 dari 24 halaman

Berita Hoax 24

 Berita hoax 24

 

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Sebuah cuitan dari akun twitter JS Prabowo di @berteman_mari pada 16 April 2019 pukul 11.17 WIB mengklaim bahwa terjadi kekacauan pada proses pemilihan presiden di Turki. Dengan narasi " Malaysia, Qatar, Jepang, Hongkong, Frankfurt kini giliran Turki proses Pilpres kacau. Diperkirakan ribuan suara 02 hangus. Jangan biarkan terjadi di dalam negeri. Datang ke TPS, Tusuk Prabowo Sandi. Awasi kotak suara, lawan kecurangan, jangan pulang sebelum menang" .

Komisi Pemilihan Umum mencatat ada sebanyak 2 juta lebih atau tepatnya 2.058.191 pemilih WNI di luar negeri. Jumlah pemilih terbanyak ada di Malaysia yakni 985.216 orang, disusul pemilih di Cina mencapai 465.032 warga. Selain itu, klaim bahwa ada ribuan pemilih 02 yang kehilangan suara juga tidak berdasar karena memang hanya ada 500-an pemilih yang terdaftar di Turki.

Link Counter :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/232/fakta-atau-hoaks-benarkah-ribuan-suara-pemilih-prabowo-hangus-karena-kecurangan-pemilu-di-turki

https://www.cnbcindonesia.com/news/20190415103723-4-66714/karut-marut-pilpres-ri-2019-di-luar-negeri-salah-siapa

https://kabar24.bisnis.com/read/20190414/15/911643/534-wni-di-istanbul-mencoblos-hari-sabtu

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/16/16545401/kpu-sebut-jumlah-data-pemilih-luar-negeri-sementara-2-juta-jiwa 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone