Twitter Akui Jual Data Pengguna

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 9 Agustus 2019 13:48
Twitter Akui Jual Data Pengguna
Duh, kok bisa?

Dream – Jejaring media sosial, Twitter, meminta maaf kepada para penggunanya. Mereka menyebut ada kemungkinan berbagi data privasi kepada pengiklan tanpa persetujuan pengguna.

“ Anda telah mempercayai kami untuk mengikuti dan menghormati pilihan Anda (terkait pilihan pengaturan iklan) dan kami gagal menjaga hal tersebut,” tulis Twitter dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 9 Agustus 2019.

“ Kami menyesali atas kejadian ini dan terus mengambil langkah untuk memastikan bahwa kesalahan seperti ini tidak akan terulang lagi,” tambah mereka.

Twitter mengatakan kebocoran data itu terjadi karena opsi pengaturan iklan tidak berfungsi. Jika pengguna melihat iklan melalui aplikasi seluler dan menggunakan sejak Mei 2018, datanya diberikan kepada pengiklan. Data itu berupa kode negara dan waktu interaksi dengan iklan.

Twitter juga telah menayangkan iklan yang relevan kepada pengguna meskipun yang bersangkutan tidak pernah meminta Twitter untuk melakukannya.

“ Data tersebut akan tetap berada di platform Twitter dan tidak mengandung informasi tertentu, seperti kata sandi, akun e-mail, dan lain sebagainya,” kata perusahaan.

1 dari 5 halaman

Pengguna Harus Bagaimana?

Twitter mengaku memperbaiki masalah ini pada 5 Agustus 2019. Platform ini juga menyelidiki siapa saja yang terdampak penjualan data pengguna.

“ Kami mengerti bahwa Anda mungkin ingin tahu apakah Anda telah terkena dampak oleh isu ini, serta berapa jumlah total orang yang terdampak,” tulis perusahaan.

Lalu, apa yang harus dilakukan pengguna? Twitter mengatakan pengguna hanya memeriksa bagian pengaturan.

“ Tidak ada hal lain yang perlu Anda lakukan. Jika memiliki pertanyaan, Anda dapat menghubungi Kantor Perlindungan Data Twitter melalui formulir ini,” tulis Twitter.

2 dari 5 halaman

Cuitan Kocak Netizen Twitter Komentari #Instagramdown

Dream -  Platform sosial media, Twitter, ramai memperbincangkan tagar Instagram down, #instagramdown, pada Jumat 14 Juni 2019 pagi tadi. Bahkan, tagar tersebut sempat menduduki puncak trending topic di Twitter.

Dengan jutaan bahkan miliaran pengguna, Twitter harus menerima banyak keluhan netizen yang datang dari berbagai negara di belahan dunia.

Tagar tersebut membuat beberapa netizen merespon dengan cuitan yang bisa bikin ketawa. Salah satunya dibuat akun Twitter @Jaredogden19 yang mengunggah video berdurasi 6 detik.

Video ini seakan menunjukan reaksi si pemilik akun. 

 

Akun Twitter @rudeiuns juga mengunggah sebuah video singkat berdurasi 9 detik yang menunjukan reaksi sang pemilik akun karena Instagram down.

3 dari 5 halaman

Beralih ke Twitter

Selain itu, warga net juga beramai-ramai memposting cuitan mereka yang mengatakan akan beralih menggunakan Twitter kembali. Akun Twitter @eikveer memposting unggahan yang memuat parodi video bagaimana warga net beralih ke Twitter setelah mendapati Instagram down.

 

Akun Twitter @TastySx juga memberikan responnya dengan memposting “ All of us running back and forth from instagram to Twitter 😂 #instagramdown”.

 

4 dari 5 halaman

Bakal Reuni di Twitter

Bahkan, salah satu akun Twitter @chikoshire mengatakan bahwa dirinya bahagia apabila Instagram mengalami penurunan performa, sebab semua orang akan beralih ke Twitter.

Pemilik akun ini merasa dengan semua orang beralih ke Twitter, seperti ajang reuni keluarga.

 

5 dari 5 halaman

Tanggapan Instagram

Setelah tagar Instagram Down (#instagramdown) memuncaki Trending Topic, pagi ini pihak Instagram memberikan tanggapan mengenai permasalahan tersebut.

Tanggapan tersebut disampaikan melalui akun resmi Instagram yang terdapat di beberapa sosial media.

 

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa