Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Pasta Gigi

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 6 November 2019 12:10
Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Pasta Gigi
Masih belum yakin jika pasata gigi mampu untuk menghilangkan jerawat? Beberapa jenis pasta gigi ternyata ampuh loh, sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat di wajah Kamu.

Dream- Sudah mencoba semua jenis obat dan sabun khusus jerawat, namun jerawat masih belum hilang? Ingin sekali mencoba perawatan khusus jerawat, tapi memakan banyak biaya? Jangan khawatir, masih banyak cara lain untuk mengatasi jerawat di wajah Kamu. Salah satunya, coba lihat dan ambil pasta gigi di kamar mandimu. 

Pasta gigi adalah zat pembersih untuk membersihkan dan menyegarkan gigi dan mulut. Namun tahukah Kamu, beberapa tipe pasta gigi berkhasiat menghilangkan jerawat dan bekas-bekasnya. Kandungan dari pasta gigi dianggap bisa membersihkan dan mengangkat sel kulit mati dan komedo penyebab jerawat

Sebelum kamu mempraktekkan cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan menggunakan pasta gigi, ada baiiknya kamu mengerti dan memahami dulu segala keperluan dan persiapan-persiapan sebelumnya. Alasannya, pasta gigi sejatinya tidak dibuat untuk penggunaan pada kulit wajah Kamu. 

1 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Beberapa pasta gigi memiliki kandungan yang ramah terhadap kulit wajah Kamu. Dengan pemilihan pasta gigi dan pemakaian yang tepat, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini akan sangat efektif untuk Kamu. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi beserta tips dan triknya:

Pakai Pasta Gigi Warna Putih

 pasta gigi

Pasta gigi yang paling aman dan bisa digunakan di wajah Kamu adalah pasta gigi berwarna putih atau standard. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan pasta gigi berwarna lain karena di dalamnya terkandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit wajah.

Alasan lain kenapa harus memilih varian putih ini adalah karena ia punya kandungan zat aktif baking soda, peroksida, dan triclosan yang dibutuhkan untuk membuat jerawat menjadi kering.

Hindari Pasta Gigi yang Mengandung Pemutih

 Gigi Bayi Juga Memerlukan Pasta Gigi

Hal lain yang harus diingat dalam pengaplikasian cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini adalah menghindari produk-produk yang mengandung whitening, atau zat pemutih gigi. Zat pemutih ini bisa membahayakan kulitmu, dengan menimbulkan iritasi dan sensasi panas.

Bahkan efek pemutih ini juga bisa mempengaruhi warna kulit Anda. Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini akan efektif dan aman apabila Anda mengindahkanya.

Perhatikan Kadar Fluoride Pasta Gigi

 pasta gigi

Pasta gigi berwarna putih kebanyakan mengandung fluoride, yang berfungsi menjaga kekuatan gusi, membersihkan plak, dan mencegah karang gigi. Sayangnya kandungan flouride yang tinggi dapat merusak kulit dan menimbulkan reaksi alergi berupa ruam merah.

Jadi sebaiknya cari informasi dulu untuk menemukan pasta gigi berkadar fluoride rendah sebelum menggunakannya sebagai obat jerawat.

Hindari Menggunakan Pasta Gigi Gel

 Kandungan Pasta Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

Hal lain yang perlu menjadi perhatian dari cara-cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi adalah menghindari penggunaan pasta gigi dalam bentuk gel. Kebanyakan pasta gigi gel memiliki zat pewarna hijau atau biru. Formulasi kandungan dalam pasta gigi gel juga berbeda dengan pasta gigi berwarna putih biasa.

Pakai Pasta Gigi Organik

 pasta gigi

Cara Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang paling efektif dan aman adalah dengan menggunakan pasta gigi yang berasal dari bahan-bahan organik. Pasta gigi organik hampir sama sekali tidak memiliki kandungan bahan-bahan kimia berbahaya bagi kulit.

Oleh karena itu mengobati jerawat dengan pasta gigi yang dibuat secara organik bakal lebih aman dan nyaman. Pasta gigi organik juga memiliki kandungan baking soda dan minyak batang teh yang ampuh melawan dan mengeringkan jerawat.

Gunakan di Malam Hari

 pasta gigi

Penggunaan pasta gigi untuk jerawat, akan lebih baik Kamu lakukan di malam hari sebelum tidur. Saat tidur, pasta gigi akan bekerja mengeringkan jerawat. Akan tetapi metode ini tidak cocok buat Kamu yang memiliki kulit sensitif.

Untuk yang punya problem ini, sebaiknya tidak membiarkan pasta gigi menempel di wajah terlalu lama. Setelah 15 menit, bilaslah pasta gigi di wajah dengan menggunakan air bersih.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Pasta Gigi

Selain mampu menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat, kandungan dalam pasta gigi tertentu juga mampu menghilangkan bekas jerawat. Namun, kembali lagi yang terpenting adalah pastikan pasta gigi tidak mengandung floride yang tinggi, pewarna serta pemutih.Cara menghilangkan bekas jerawat dengan pasta gigi pun cenderung mudah dan praktis.

 masker pasta gigi

 

Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan pasta gigi:

  • Siapkan pasta gigi herbal atau berbahan organik.
  • Ambil sedikit dan oleskan pada bekas jerawat.
  • Gunakan saat malam hari sebelum tidur.
  • Bilas dengan air bersih di pagi harinya.

Selain itu, untuk menambah khasiat dari pasta gigi, Anda bisa menambahkan sedikit susu kedalam racikannya. Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan campuran pasta gigi dan susu, beserta langkah-langkahnya:

  • Campurkan sejumput pasta gigi dengan 1 sdt susu.
  • Oleskan pada bekas jerawat Anda.
  • Gunakan saat malam sebelum tidur.
  • Bilas dengan air bersih di pagi hari.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi dan Garam

 masker pasta gigi

Kamu juga bisa menambahkan garam dengan pasta gigi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Yodium pada garam berkhasiat mengangkat sel-sel kulit mati, sedangka flouride pada pasta gigi berperan sebagai pencegah peradangan di kulit akibat dari komedo itu sendiri.

Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi dan garam, beserta langkah-langkahnya:

  • Campurkan 1 sdt garam dan 1 sdt pasta gigi mint.
  • Oleskan pada kulit berkomedo.
  • Diamkan selama 5 mennit.
  • Pijat area tersebut dengan lembut.
  • Bilas dengan air bersih.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Kamu bisa mencoba cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini secara baik dan bijak di rumah. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan pasta gigi sejatinya bukan diperuntukan pada wajah seseorang. Jadi apabila kulit wajah Kamu tidak cocok dengan cara ini, segera hentikan pemakaian.

(David Mulyanto Saryono/Sumber: Merdeka,Liputan6 dan sumber lainnya)

 

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie