Lengkap! Inilah Cara Menghilangkan Kantung Mata

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 26 Juni 2019 11:48
Lengkap! Inilah Cara Menghilangkan Kantung Mata
Mata panda sering mengganggu penampilan, karena membuat mata terkesan lelah dan lebam. Berikut cara menghilangkan kantung mata yang mudah dan efektif.

Dream - Dengan bertambahnya usia, kantung mata akan lebih mudah muncul. Hal ini disebabkan karena jaringan di bawah kelopak mata mulai mengendor dan melemah.

Kendornya jaringan tersebut membuat bagian bawah kelopak mata terlihat seperti lebam. Untuk mengurangi keberadaan kantung mata, biasanya bisa ditutupi dengan kosmetik atau dengan produk perawatan kulit khusus bagian mata.

Selain itu, dengan mengompres mata bawah dengan air dingin juga dipercaya sebagai cara menghilangkan kantung mata yang mudah.

Kantung mata dibagi menjadi tiga, yaitu kantung mata yang disebabkan karena bengkak ringan, kulit kendur, dan lingkaran hitam. Untuk mengatasi kantung mata tersebut berbeda-beda.

Berikut cara menghilangkan kantung mata sebagaimana dikutip dari Mayo Clinic:

1 dari 4 halaman

Gejala dan Penyebab Kantung Mata

Kemunculan kantung di bawah kelopak mata, bisa disebabkan karena bengkak ringan akibat pukulan benda tumpul atau karena gigitan serangga. Selain itu, kantung mata juga bisa disebabkan karena penuaan jaringan kulit dan menimbulkan gejala lingkaran hitam di bawah kelopak mata.

 Kantung Mata© Shutterstock

Masalah kantung mata sebenarnya bukan masalah yang begitu serius pada tahap tertentu, dan tidak perlu panik. Namun, kita juga perlu mengantisipasi kantung mata yang tergolong parah dan perlu konsultasi dengan dokter.

Selain karena usia, kemunculan kantung mata juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Retensi cairan, hal ini biasa terjadi ketika bagun tidur atau beberapa saat setelah mengonsumsi makanan asin.
  • Kurang Tidur
  • Alergi
  • Merokok
  • Keturunan

2 dari 4 halaman

Menghilangkan Kantung Mata dengan Obat dan Terapi

Dari berbagai penyebab kantung mata tersebut, cara untuk mengatasi dan menghilangkannya berbeda-beda. Cara menghilangkan kantung mata dengan mengonsumsi obat-obatan bisa diterapkan untuk kantung mata yang disebabkan oleh alergi.

 Kantung Mata© Shutterstock

Namun, sebelum mengonsumsi obat, ada baiknya mengunjungi dokter terlebih dahulu, untuk mendapatkan resep dan penanganan yang tepat.

 Kantung Mata© Shutterstock

Sedangkan cara menghilangkan kantung mata dengan terapi bisa dilakukan untuk mengatasi kantung mata akibat penuaan jaringan kulit. Ada berbagai macam perawatan kulit yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata, seperti dengan laser, filler, dan terapi pengencangan kulit lainnya.

3 dari 4 halaman

Menghilangkan Kantung Mata dengan Operasi

Cara menghilangkan kantung mata yang satu ini terbilang cukup ekstrem. Namun, untuk kasus kantung mata ringan tidak perlu hingga ke tahap operasi. Cara ini efektif dilakukan untuk kantung mata yang disebabkan oleh faktor genetik.

Operasi untuk menghilangkan kantung mata ini sering disebut dengan blepharoplasty. Dalam proses operasi ini, dokter bedah akan membuang lemak yang mengakibatkan kantung mata. Operasi ini juga bisa dilakukan untuk menambah lipatan kelopak mata bagian atas.

 Kantung Mata© Shutterstock

Selain bisa untuk menghilangkan kantung di bawah mata, operasi ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi beberapa hal berikut ini:

  • Kelopak mata atas yang bengkak
  • Kelebihan kulit pada kelopak mata bagian atas
  • Kelebihan kulit pada kelopak mata bawah
  • Kelopak mata bawah yang menyebabkan mata pucat

Namun, perlu diketahui bahwa operasi mata ini juga dapat menimbulkan efek samping, seperti mata kering, perih dan berair hingga pendarahan.

4 dari 4 halaman

Menghilangkan Kantung Mata dengan Mengubah Kebiasaan

Cara menghilangkan kantung mata yang terakhir adalah yang paling mudah dilakukan, dan hanya memerlukan konsistensi. Kantung mata yang disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan seperti kurang tidur dan merokok, bisa diatasi dengan cara yang satu ini.

Ada beberapa tips dilansir dari Mayo Clinic, yang bisa membantu menghilangkan kantung mata:

  • Mengompres mata dengan air dingin. Caranya dengan menyelupkan handuk atau kain bersih ke air dingin dan meletakannya di bawah mata selama beberapa menit. Cara ini ampuh mengurangi cairan retensi yang mengakibatkan kantung mata.
  • Kurangi konsumsi garam sebelum tidur, maupun dalam aktivitas sehari-hari. Cara ini efektif untuk mengurangi kantung di bawah mata akibat retensi cairan
  • Jangan merokok. Merokok hanya akan memperparah kondisi kantung mata.

 Kantung Mata© Shutterstock

  • Tidur yang cukup. Untuk cara menghilangkan kantung mata yang satu ini sudah tidak asing lagi. Kurang tidur atau gangguan tidur lainnya memang bisa memicu kemunculan kantung mata akibat mata yang kelelahan.
  • Tidur dengan menggunakan bantal tambahan. Cara ini dapat dilakukan untuk mencegah cairan retensi menumpuk di bawah mata, dan mengakibatkan munculnya kantung mata ketika bangun tidur.
  • Jika kantung mata disebabkan oleh alergi, cari penyebab alergi dan kurangi penggunaannya. Biasanya kandungan pewarna dalam sabun, kosmetik dan produk-produk kecantikan lainnya bisa mengakibatkan alergi di bagian bawah mata.
  • Tutupi kantung mata dengan make up. Cara yang satu ini sangat mudah dilakukan dan efektif menutupi kantung mata dalam beberapa waktu.

Beri Komentar