9 Keutamaan Surat Yusuf, Salah Satunya Untuk Ikhtiar Mencari Jodoh

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 29 Desember 2020 09:51
9 Keutamaan Surat Yusuf, Salah Satunya Untuk Ikhtiar Mencari Jodoh
Apa saja keutamaan surat yusuf apabila diamalkan setiap hari?

Dream – Surat Yusuf merupakan surat ke-12 dari Al Quran yang termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat Yusuf terdiri dari 111 ayat dan memiliki banyak sekali keutamaan.

Surat Yusuf menceritakan tentang pelajaran penting mengenai kehidupan Nabi Yusuf dalam mengemban amanah sebagai seorang utusan Allah Swt.

Cerita dari Al Baihaqi dikatakan bahwa terdapat golongan yahudi yang masuk islam disebabkan sudah mendengar kisah Nabi Yusuf yang luar biasa.

Kisah Nabi Yusuf merupakan kisah yang paling baik untuk dijadikan pelajaran bagi umat manusia. Lantas bagaimana kisah Nabi Yusuf yang diceritakan dalam surat Yusuf tersebut? Dan apa saja keutamaan surat yusuf apabila diamalkan setiap hari? Bisakah menjadi alat ikhtiar untuk mendapatkan jodoh?

Sahabat Dream, mari kita simak penjelasannya berikut ini ya!

1 dari 4 halaman

Kisah Nabi Yusuf dalam Surat Yusuf

Kisah Nabi Yusuf yang diceritakan dalam surat Yusuf adalah bermula ketika bermimpi melihat 11 bintang, matahari, dan bulan bersujud kepadanya. Namun beliau tidak menceritakan mimpinya itu kepada siapapun termasuk kepada 12 saudaranya.

Ilustrasi© freepik.com

Oh iya, Nabi Yusuf merupakan anak ke-12 dari seorang ayah bernama Nabi Yaqub. Beliau mendapat perhatian lebih dari ayahnya dibandingkan saudaranya yang lain. Bahkan seringkali saudaranya cemburu dengan perlakuan ayahnya kepada Nabi Yusuf.

Suatu ketika, 11 saudaranya meminta izin sang ayah untuk mengajak Nabi Yusuf bermain. Mereka berjanji pada ayahnya untuk menjaga Nabi Yusuf dengan baik. Sehingga Nabi Yaqub sebagai ayah pun akhirnya mengizinkannya.

Ketika matahari akan terbenam, 11 saudaranya bertukar pendapat tentang bagaimana cara menyingkirkan Nabi Yusuf. Supaya tidak dicurigai sang ayah dan tidak meninggalkan jejak, saudaranya sepakat melemparkan Nabi Yusuf ke dalam sumur.

2 dari 4 halaman

Nabi Yusuf Dilempar Ke Dalam Sumur

Usai melempar Nabi Yusuf ke dalam sumur, 11 saudaranya pun pulang ke rumah dan menceritakan kejadian bohong kepada ayahnya. Namun beberapa waktu kemudian sebuah rombongan kafilah hendak mengambil air dari sumur tersebut. Mereka menemukan anak laki-laki yang masih hidup di dalam sumur itu. Mereka pun mengangkatnya dan membawanya ke Mesir untuk dijual.

Ilustrasi© freepik.com

Saat itu di Mesir ada seorang raja bernama Al Aziz yang mengalami mimpi aneh. Ia melihat 7 ekor sapi kurus dan 7 ekor sapi gemuk berkelahi. Namun sapi kurus dapat mengalahkan sapi gemuk. Selain itu sang raja juga bermimpi melihat bulir gandum hijau dan bulir gandum kering.

Lalu raja pun memerintahkan seseorang untuk mencari juru ramal untuk menafsirkan mimpinya. Tak ada yang mampu mengartikan mimpinya kecuali Nabi Yusuf. Beliau menghadap raja Mesir dengan menjawab bahwa 7 tahun akan datang masa subur dan 7 tahun belakangan akan datang masa kekeringan. Nabi Yusuf menyarankan bahwa saat memanen, gandum digunakan secukupnya saja sedangkan sisanya untuk disimpan dalam menghadapi masa kekeringan nantinya.

3 dari 4 halaman

Nabi Yusuf Difitnah

Kisah selanjutnya tentang tuduhan melakukan hal senonoh Nabi Yusuf kepada istri raja Mesir. Istri raja memfitnahnya dengan berkata bohong kepada Raja Mesir. Al Aziz pun tak percaya apa yang dikatakan istrinya dan mencari tahu kebenarannya.

Seorang penasehat raja mengatakan bahwa jika baju Nabi Yusuf robek di bagian depan, maka Nabi Yusuflah yang berbohong. Kemudian jika bajunya robek di bagian belakang, maka istri rajalah yang berbohong. Lalu raja memerintahkan prajuritnya untuk memeriksa baju Nabi Yusuf. Ternyata bajunya robek di bagian belakang, sehingga beliau terlepas dari hukuman raja.

Surat Yusuf ayat 1 sampai 111 menceritakan kisah tersebut dengan sangat gamblang. Dari kisah itu Sahabat Dream bisa mengetahui bahwa Nabi Yusuf memiliki sifat yang baik, yaitu:

  1. Penyabar
  2. Teguh dalam menjaga diri
  3. Membalas kejahatan dengan kebaikan
  4. Suka memaafkan orang lain
  5. Mampu menahan amarah
  6. Cerdik dalam berdakwah
  7. Mendoakan kebaikan untuk orang yang berbuat zalim kepadanya

Dari kisah-kisah itu, surat Yusuf seringkali dijadikan amalan yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari umat muslim. Sebab surat Yusuf memiliki keutamaan yang luar biasa.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Surat Yusuf

Ilustrasi© freepik.com

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa Surat Yusuf memiliki keutamaan yang menakjubkan apabila diamalkan setiap hari. Berikut keutamaan Surat Yusuf yang bisa didapatkan:

  1. Jika mengamalkan Surat Yusuf ayat 64 maka akan terhindar dar kepahitan serta kesukaran hidup.
  2. Bagi orang yang membaca surat Yusuf setiap hari, maka Allah Swt akan memberikan kemuliaan serta meluaskan rezekinya.
  3. Jika membaca surat yusuf ayat 68, maka Allah akan menjadikan anaknya sholeh, namun apabila belum memiliki anak maka jika anak itu lahir jadilah anak yang sholeh.
  4. Siapapun yang belum memeroleh jodoh sampai sekarang, membaca surat yusuf ayat 4 menjadi ikhtiar untuk bertemu dengan jodohnya.
  5. Apabila ingin hubungan yang harmonis, maka bacalah surat yusuf ayat 4 sebanyak 7 kali setiap selesai sholat.
  6. Bisa menumbuhkan rasa cinta kepada pasangannya dengan membaca surat Yusuf ayat 4 setiap mendirikan sholat.
  7. Membaca surat yusuf ayat 4 setelah sholat juga bisa membuat wajah berseri dan disenangi banyak orang.
  8. Membaca surat yusuf sesudah sholat subuh dan sholat magrib maka Sahabat Dream akan memeroleh daya kharisma.
  9. Rajin membaca surat Yusuf setiap hari, pada hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan wajah indah berseri dan dicatat sebagai hamba yang sholeh.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar