Taruh Air Mineral Dekat Jendela Mobil, Hasilnya Mengerikan

Reporter : Sugiono
Kamis, 28 Juni 2018 15:27
Taruh Air Mineral Dekat Jendela Mobil, Hasilnya Mengerikan
Sebaiknya buang kebiasaan tersebut jika tidak mau terjadi hal-hal tak diinginkan.

Dream - Pernah menaruh botol air mineral dekat jendela di dalam mobil? Sebaiknya hilangkan kebiasaan itu jika tidak mau terjadi hal-hal tak diinginkan.

Kanal YouTube Idaho Power membagikan video tentang botol air mineral yang mampu membakar kursi mobil hingga berlubang ketika ditaruh dekat jendela.

Panas Botol Plastik Membuat Kursi Mobil Berlubang© YouTube Idaho Power

Kejadian terbaru selama berlangsungnya Piala Dunia 2018, sebuah botol air mineral berbentuk bola yang diproduksi perusahaan air minum Rusia, Holy Water, juga menyebabkan kebakaran.

Botol air berbentuk bola itu seolah berubah menjadi lensa pengumpul cahaya yang sempurna. Dalam video di kanal Fontanka Ru, botol unik itu mengumpulkan cahaya matahari sehingga menyulut sekotak korek api.

Panas Botol Plastik Membuat Korek Api Terbakar© YouTube Fontanka Ru

" Botol air bertindak seperti lensa yang mengumpulkan cahaya matahari dalam satu titik," kata Odile Madden, seorang ilmuwan material di Getty Conservation Institute di Los Angeles, kepada Live Science.

Menurut Madden, semua itu bisa terjadi karena cahaya terdiri dari banyak foton, yang merupakan partikel sub atom yang bergerak dalam garis lurus.

Botol air itu seperti lensa kacamata dan mikroskop yang mengarahkan foton sehingga mereka bertemu pada suatu titik.

" Anda dapat menggunakannya untuk melihat benda berukuran kecil dengan lebih baik. Tapi, Anda juga bisa mengumpulkan banyak cahaya dalam satu titik yang sangat kecil dan memusatkan semua energi ke titik tersebut, hingga menyebabkan benda meleleh dan terbakar," jelas Madden terkait fungsi lensa kacamata dan mikroskop.

Meski begitu Madden tetap tak percaya botol air mineral juga memiliki sifat yang sama dengan lensa, meski cahaya matahari telah melewati jendela mobil.

" Ternyata cahaya itu masih menyisakan panas yang bisa menembus botol air mineral dan menyebabkan kebakaran," katanya.

Sementara itu, Michael Doutre, seorang ahli kimia dan juga rekan Madden, mengatakan bahwa proses tersebut telah membuktikan adanya energi luar biasa yang dimiliki matahari.

" Kita mungkin melihatnya sebagai botol plastik biasa. Tapi secara tidak sadar kita telah menciptakan lensa yang memiliki sifat optik yang sempurna," kata Doutre.

Doutre mengatakan meski telah melewati jendela mobil, sinar matahari tetap mampu memanaskan tempat duduk dengan kekuatan energi sebesar 600 watt per meter persegi.

" Kekuatan energi itu sama dengan sebuah pemanas listrik mini. Karena intensitas cahaya yang sangat fokus akan menghasilkan energi panas yang bisa membakar tempat duduk mobil," jelas Doutre.

Namun, kedua ilmuwan itu sepakat bahwa untuk bisa menyebabkan kebakaran, air dalam botol plastik tersebut harus benar-benar bening. Sehingga ada cukup cahaya yang bisa melewatinya.

" Dalam hal ini, botol minuman soda, jus atau teh aman untuk ditaruh di dekat jendela mobil," kata Doutre.

(Sumber: Livescience.com)

Beri Komentar