Arti Al Falaq, Surah Pelindung Diri dari Gangguan Jin dan Setan

Reporter : Arini Saadah
Senin, 18 Januari 2021 10:50
Arti Al Falaq, Surah Pelindung Diri dari Gangguan Jin dan Setan
Bersama dengan Surat An-Nas, arti Al Falaq bermanfaat sebagai pelindung diri. Hal ini sudah dijelaskan dalam hadis Rasulullah Saw.

Dream – Banyak orang mengeluhkan mendapat gangguan yang tak kasat mata semacam sihir dan gangguan jin. Untuk menangkal gangguan jin dan setan serta gangguan sihir, Rasulullah Saw menganjurkan umatnya untuk membaca surat Al Falaq.

Arti Al Falaq memiliki kandungan yang luar biasa serta manfaat yang baik untuk berlindung dari marabahaya. Allah Swt telah menjelaskan surat al Quran sebagai obat penyakit dan penangkal sihir salah satunya adalah surat al Falaq.

Surat Al Falaq merupakan salah satu surat yang ada di juz 30 atau juz amma. Surat Al -falaq berada di urutan ke-113 dan disebut sebagai Al-Mu’awwidzatain bersama dengan Surat An-Nas.

Para ulama mengkategorikan surat Al -falaq ke dalam golongan Surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekkah sesudah Surat Al-Fiil. Bahkan Rasulullah Saw membaca surat Al -falaq saat sedang sakit menjelang wafatnya.

Sebagaimana manfaatnya yang luar biasa untuk menangkal sihir dan santet, mari kita lebih mendalami arti al Falaq lengkap dengan keutamaannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Asbabun Nuzul

Asbabun nuzul arti Al Falaq seperti dilansir dari brainly.co.id, diriwayatkan oleh Al Baihaqi di dalam kitab Dalaa-ilun Nubuwwah, dari Al Kalbi, dari Abu Shalih, yang bersumber dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah Saw eprnah mengalami sakit parah.

Ilustrasi© freepik.com

Maka datanglah kepada beliau dua malaikat, yang satu duduk sebeah kepala beliau, dan satu lagi duduk di sebelah kaki beliau. Berkatalah malaikat ayng duduk di sebelah kaki beliau kepada malaikat yang duduk di sebelah kepala beliau, “ apa yang kau lihat?”

Ia menjawab, “ beliau terkena guna-guna.” Ia bertanya lagi, “ siapa yang membuat sihir?” Ia menjawab, “ Labid bin Al Asham Al Yahudi, yang sihirnya merupakan gulungan yang disimpan di dalam sumur keluarga si fulan di bawah sebuah batu besar. Datanglah ke sumur itu, timbalah airnya dan angkatlah batunya, kemudian ambillah gulungannya dan bakarlah.

Pada pagi harinya Rasulullah Saw mengutus ‘Ammar bin Yasir dan kawan-kawannya. Setibanya di sumur itu, tampaklah airnya merah seperti air pacar. Air itu ditimbanya, diangkat batunya, serta dikeluarkan gulungannya lalu dibakar.

Ternyata di dalam gulungan itu ada tali yang terdiri atas sebelas simpul. Kedua surat ini (al Falaq dan An Naas) diturunkan berkenaan dengan hal tersebut. Setiap kali Rasulullah Saw mengucapkan satu ayat, terbukalah simpulnya.

2 dari 4 halaman

Arti Al Falaq

Jika sudah mengetahui asbabun nuzul atau latar belakang, maka selanjutnya kita perlu mengetahui bunyi surat al Falaq dan artinya. Dilansir dari quran.kemenag.go.id, berikut surat al Falaq dan artinya lengkap dengan arab dan latinnya:

Ilustrasi© dream.co.id

Qul a’udzu birabbil falaq.

Katakanlah, “ Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar).

Ilustrasi© dream.co.id

Min syarri ma khalaq.

Dan dari kejahatan (mahluk yang) Dia ciptakan.

Ilustrasi© dream.co.id

Wa min syarri ghasiqin idza waqab.

Dan dair kejahatan malam apabila telah gelap gulita.

Ilustrasi© dream.co.id

Wa min syarrin naffasati fil ‘uqad.

Dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya).

Ilustrasi© dream.co.id

Wa min syarri hasidin iza hasad.

Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.

3 dari 4 halaman

Manfaat Arti Al Falaq

Arti Al-Falaq memiliki keutamaan yang luar biasa apabila ditelaah dan diamalkan oleh manusia. Adapun manfaat surat Al Falaq adalah sebagai berikut:

Pelindung Diri

Bersama dengan Surat An-Nas, arti Al Falaq bermanfaat sebagai pelindung diri. Hal ini sudah dijelaskan dalam sabda Rasulullah Saw., “ Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku beritahu sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?”

Ibnu Abbas menajwab, “ Iya wahai Rasulullah.” Beliaupun bersabda, “ Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surat ini.” (HR. An-Nasa’i)

Ilustrasi© freepik.com

Sebagai Obat

Arti Al Falaq memiliki manfaat sebagai obat terutama apabila diamalkan sebelum tidur. Disebutkan bahwa Nabi Saw., apabila menghampiri tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangannya kemudian meniupnya, lalu membacakan pada keduanya, “ Qul huwallahu ahad, Qul a’udzu birabbil falaq, Qul a’udzu birabbin naas.” Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat ia jangkau. Beliau mulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan itu tiga kali.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4 dari 4 halaman

Terhindar dari ‘Ain

Pada zaman nabi, kaum kafir quraisyi selalu berusaha meyakiti Nabi Muhammad Saw. Salah satunya dengan menggunakan ‘ain yaitu upaya menyakiti orang lain melalui pandangan mata.

Kemudian Allah Swt mengajarkan kepada Nabi untuk membaca arti Al Falaq dan An-Nas sebagai penangkalnya.

Penangkal Sihir

Nabi Saw pernah disihir oleh orang yahudi bernama Lubaid Bin Asham. Ia menggunakan pelepah kurma yang berisi rambut Rasullah. Di dalamnya terdapat beberapa gigi sisir dan 11 ikatan yang ditusuk jarum.

Kemudian Rasulullah Saw membaca Surat Al Falaq. Setiap satu ayat yang dibacakan, terlepaslah satu ikatan hingga Rasulullah merasa lebih ringan. Ketika seluruh ayat dibaca, terlepaslah seluruh ikatan tersebut.

Arti Al Falaq apabila dipahami dan diresapi maknanya hingga diamalkannya, maka bisa melindungi diri kamu dari ‘ain, kejahatan di malam hari, sihir, hasad, maupun waswas yang dihembuskan oleh setan.

Beri Komentar