Bacaan Doa Setelah Sholat Jenazah Arab, Latin, Arti Lengkap dengan Tata Caranya

Reporter : Arini Saadah
Senin, 21 Desember 2020 10:25
Bacaan Doa Setelah Sholat Jenazah Arab, Latin, Arti Lengkap dengan Tata Caranya
Sholat jenazah dikerjakan dengan 4 kali takbir tanpa ruku, tanpa sujud, dan tanpa gerakan lainnya seperti di dalam sholat pada umumnya.

Dream – Kewajiban umat muslim apabila ada saudara sesama muslim yang meninggal adalah mengurus jenazahnya. Cara mengurus jenazah adalah dengan memandikan, mengkafani, menyolatkan dan menguburkannya.

Keempat hal itu adalah wajib dilakukan untuk menghantarkan jenazah ke peristirahatan terakhirnya. Sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah, artinya wajib dilakukan oleh sebagian orang.

Meskipun fardhu kifayah, namun sebagai umat islam kita harus mengetahui bagaimana memperlakukan jenazah saudara seiman kita yang sudah meninggal dunia.

Sholat jenazah dikerjakan berbeda dengan ibadah sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat jenazah dikerjakan dengan 4 kali takbir tanpa ruku, tanpa sujud, dan tanpa gerakan lainnya seperti di dalam sholat pada umumnya.

Seluruh gerakan sholat dilakukan dengan posisi berdiri. Selain itu umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat jenazah. Berikut bacaan doa setelah sholat jenazah arab, latin, arti lengkap dengan tata caranya.

1 dari 4 halaman

Doa Setelah Sholat Jenazah Bahasa Arab

Doa setelah sholat jenazah dibaca untuk mendoakan orang yang meninggal supaya dijauhkan dari api neraka dan diterima di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Setelah selesai sholat jenazah yang dipimpin oleh imam, kemudian bersama-sama membaca surat al Fatihah lalu dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat jenazah. Berikut doa setelah sholat jenazah dalam bahasa Arab:

Ilustrasi© dream.co.id

 

2 dari 4 halaman

Doa Setelah Sholat Jenazah Latin

Ilustrasi© Shutterstock

Setelah mengetahui bacaan doa setelah sholat jenazah dalam bahasa arab, selanjutnya berikut doa setelah sholat jenazah dalam huruf latinnya supaya lebih memudahkan kamu dalam membacanya.

Bismillahirahmannirahim, allahumma sholli ‘ala sayyidina mMuhammad wa’ala aali sayyidina Muhammadin. Allahumma bihaqqil fatihati I’tiq riqaa banaa wa riqaaba haadzal mayyiti (hadzihil mayyitati) waj’al qabrahu (haa) roudhotan minal jannati.

Wal aa taj’alhu lahuu (lahaa) hufratan minan niiraani. Washollallahu ‘alaa khoiri kholqihi sayyidinaa Muhammad wa aalihi wa sohbihi ajma’in. Wal hamdulillahi rabbil alamin.

3 dari 4 halaman

Arti Doa Setelah Sholat Jenazah

 

Usai mengetahui doa setelah sholat jenazah dalam bahasa arab dan huruf latinnya, maka kita perlu mengetahui artinya. Berikut arti bacaan doa setelah sholat jenazah dalam bahasa Indonesia:

“ Ya Allah curahkanlah rahma atas junjungan kami Nabi Muhammad  dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah dengan berkahnya surat al Fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayit ini dari siksaan api neraka (3 kali).

Ya Allah curahkanlah rahmat dan berilah ampunan kepada mayit ini. Dan jadikanlah tempat kuburnya taman nyaman dari surga dan janganlah Engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. Semoga Allah memberi rahmat kepada semulia-mulia mahluk-Nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.”

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Jenazah

Sholat jenazah antara laki dan perempuan memiliki perbedaan yaitu terletak pada niat sholat dan posisi imamnya. Apabila ada saudara seiman perempuan yang meninggal, imam yang menyolatkannya harus menempatkan diri sejajar dengan tali pusar jenazah.

Sedangkan apabila saudara seiman laki-laki meninggal dunia, maka posisi imam sejajar dengan kepala jenazah.

Setelah mengetahui penataan posisi dalam tata cara sholat jenazah, sebagai umat muslim kita juga harus mengetahui bacaan dalam sholat jenazah, mulai dari niat dan bacaan saat sholat.

Sama seperti penataan, bacaan niat untuk sholat jenazah perempuan berbeda dengan sholat jenazah laki-laki. Berikut bacaan niat sholat jenazah!

Bacaan Niat Sholat Jenazah Perempuan

" Usholli 'alaa haadzihil mayyitati arba'a takbiratatin fardhol kifayaatai ma'muuman lillahi ta'aala."

Bacaan Niat Sholat Jenazah Laki-laki

" Usholli 'alaa haadzal mayyiti arba'a takbirootin fardhol kifaayati makmuuman lillahi ta'aalaa."

Dalam sholat jenazah, ada 4 takbir, tanpa rukuk dan sujud.

  • Dalam takbir pertama, diwajibkan untuk membaca surat Al Fatihah.
  • Kemudian dilanjutkan dengan takbir kedua. Di takbir kedua, dianjurkan untuk membaca bacaan sholawat nabi.

Ilustrasi© niatpuasa.com

  • Lalu, pada takbir ketiga, ada bacaan yang wajib dilafalkan saat sholat jenazah, seperti berikut ini.

Ilustrasi© niatpuasa.com

  • Setelah selesai membaca doa di atas, lanjutkan dengan takbir keempat dengan melafalkan bacaan doa pendek berikut ini.

Ilustrasi© niatpuasa.com

  • Kemudian diakhiri dengan salam, tengok ke arah kanan dan ke arah kiri.
  • Lalu dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat jenazah yang sudah disebutkan di awal artikel ini.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar