Bolehkah Sholat Mengenakan Kaos Kaki?

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 13 Juli 2016 20:02
Bolehkah memakai kaos kaki ketika sholat? Bagaimana aturan sebenarnya dalam Islam?

Dream - Sholat wajib dilakukan sesuai dengan adab dan tata cara yang telah ditentukan dalam Islam. Namun ada kalanya, antara umat muslim yang satu dengan yang lain menerapkan adab yang sedikit berbeda dalam pelaksanaan sholat.

Tak jarang, perbedaan itu menuai perdebatan di kalangan kaum muslim. Salah satu contohnya adalah penggunaan kaos kaki ketika sholat. Ada yang berpendapat bahwa seorang muslim tidak boleh sholat dengan memakai kaos kaki. Namun ada juga yang menganggap hal itu diperbolehkan.

Lantas bagaimana aturan sebenarnya dalam Islam? Ada dua penjelasan mengenai penggunaan kaos kaki ketika sholat, yaitu:

1. Sekadar memakai kaos kaki saat sholat dibolehkan baik untuk laki-laki atau perempuan. Kalau hanya sekadar memakai saat sholat, maka tidaklah ada syarat-syarat tertentu yang harus dilakukan, jika memang tujuannya untuk menghilangkan dingin, panas, atau karena sakit.

2. Jika tujuannya agar kaos kaki cukup bisa diusap saat berwudhu sebagai pengganti dari mencuci kaki, maka itu adalah keringanan bagi laki-laki maupun perempuan (sama dengan hukum mengusap khuf atau sepatu). Namun ada syarat-syarat yang mesti dipenuhi untuk tujuan yang satu ini.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.   

 

Beri Komentar
Luna Maya Resmi Jadi Suzzanna, Serem Nggak Sih?