Belum Lunasi Utang, Jasad Dihimpit Bumi

Reporter : Vinda Prashita
Senin, 25 April 2016 20:02
Belum Lunasi Utang, Jasad Dihimpit Bumi
Tak lama kemudian, Sayyid Ali bermimpi bertemu ayahnya. Dalam mimpimya, ia melihat seolah-olah sedang duduk di rumah dan...

Dream - Jangan pernah meremehkan kata utang. menjadi kewajiban setiap muslim untuk mengembalikan pinjaman suatu barang atau berupa uang dalam jangka waktu yang ditentukan.

Bisa saja si pihak pertama terlewat lupa dari tanggal yang dijanjikan. Atau ajal lebih dulu memanggil dan utang pun belum terlunaskan. Lalu bagaimana hukumnya?

Seperti pada kisah Sayyid Ali, seorang ulama di zamannya. Beliau merupakan putra dari seorang ulama besar, seorang ahli fiqih yakni Al Amir Sayuid Hasan bin Al Amir Sayyid Muhammad.

Pada suatu hari, Saayid Ali yang tinggal di Iran saat tengah menimba ilmu, telah mendengar kabar berita duka. Ayahnya meninggal dunia sehingga ia meminta izin untuk mengurus jenazah ayahnya.

Tujuh bulan kemudian, giliran ibunya yang meninggal dunia dan di makamkan di daerah Najef, Irak.

Tak lama kemudian, Sayyid Ali bermimpi bertemu ayahnya. Dalam mimpimya, ia melihat seolah-olah sedang duduk di rumah dan ayahnya masuk sembari mengucapkan salam.

Sang ayahnya kemudin duduk di hadapannya sambil menyapanya dengan lemah lemubut. Sayyid Ali sadar benar bahwa ayahnya sudah meninggal dunia. 

Ia pun bertanya kepada ayahnya, " Ayah, bukankah ayah telah meninggal?"  Kemudian Syayyid Ali bertanya tentang keadaannya.

Ayahnya menjawab, " Dahulu kuburku kesempitan, dan sekarang alhamdulillah dalam keadaan yang baik, kesempitan dan himpitan itu menghilang dariku."

Baca kisah selengkapnya di sini ...

Kirimkan blog atau website kamu ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan
ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

Beri Komentar