CONNECT WITH US!

Cara Bertobat dari Dosa Zina, Begini Tahapannya

Reporter : Puri Yuanita | Senin, 13 November 2017 07:44
Ilustrasi
Allah membuka kesempatan bagi pelakunya untuk bertobat. Lantas, bagaimana cara bertobat dari dosa zina? Inilah beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Dream - Semua orang yang pernah berbuat dosa punya kesempatan mendapatkan ampunan ketika bertobat kepada Allah. Apapun bentuk dosanya, sebesar apapun takaran dosanya.

Allah berfirman,

Katakanlah: " Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar: 53)

Sebagian ulama ahli tafsir mengatakan, ayat ini memberikan harapan terbesar bagi para hamba.

Al-Hafidz Ibnu Katsir mengatakan,

Ayat mulia ini merupakan ajakan bagi semua tukang maksiat, baik orang kafir maupun yang lainnya untuk bertobat dan kembali kepada Allah. Dan berisi informasi bahwa Allah mengampuni semua dosa bagi siapa yang mau bertobat dan kembali ke jalan Allah. Apapun bentuk dosanya, meskipun sangat banyak, sebanyak buih di lautan. (Tafsir Ibnu Katsir, 7/106)

Tak terkecuali dosa zina. Allah membuka kesempatan bagi pelakunya untuk bertobat. Lantas, bagaimana cara bertobat dari dosa zina? Inilah beberapa tahapan yang harus dilakukan:

1. Menyesali dengan sungguh-sungguh terhadap kesalahan yang dia lakukan

Inilah inti tobat. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, " Penyesalan adalah hakikat tobat." (HR. Ahmad 3568, Ibn Majah 4252 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Untuk bisa menyesal, Anda tidak harus menunggu ketangkap basah atau ketahuan orang yang Anda segani atau dipermalukan di depan orang lain. Penyesalan bisa dilakukan ketika dia merasa telah bertindak sangat bodoh, dengan kemaksiatan yang dia lakukan.

Bayangan kenikmatan maksiat bisa jadi tetap terngiang. Tapi harus dia lawan dengan kesedihan.

2. Meninggalkan dosa zina dan semua pemicunya

Untuk bertobat dari dosa zina maka harus benar-benar meninggalkan dosa zina dan semua pemicunya. Dia harus menghindar jauh dari pasangan zinanya, kecuali setelah menikah.

3. Bertekad untuk tidak mengulangi dosa zina

Tanamkan bahwa dosa ini berbahaya. Karena bisa menghalangi Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, cepat atau lambat.

4. Dekatkan diri dengan banyak beribadah kepada Allah

Perbanyak ibadah dan terus dekatkan diri kepada Allah. Semoga ini bisa membantu untuk menggugurkan dosa. Karena ketaatan bisa menghapus dosa maksiat.

Ulasan selengkapnya baca di sini. 

#KapanLagiKepo - Joko Anwar Ingin Jadi Leonard Cohen