13 Cara Cepat Melupakan atau Move On dari Mantan Pacar Menurut Islam

Reporter : Sugiono
Selasa, 15 Oktober 2019 17:12
13 Cara Cepat Melupakan atau Move On dari Mantan Pacar Menurut Islam
Inilah 13 cara cepat untuk melupakan atau move on dari mantan menurut Islam. Berbagai cara cepat untuk move on dari mantan pacar ini bisa dipraktikkan untuk kehidupan yang lebih baik.

Dream - kalian mungkin pernah putus cinta. Rasanya tentu tidaklah mengenakkan. Putus cinta bisa membuat seseorang kecewa dan patah hati, bahkan bisa memilih menutup diri dari luar.

Orang-orang yang putus cinta ini biasanya sulit sekali melupakan atau move on dari mantan. Mereka sulit menerima kenyataan cintanya kandas di tengah jalan.

Akibatnya, mereka yang putus cinta ini bisa menjadi sakit, baik fisik dan mental. Dampaknya bisa membahayakan diri sendiri, bahkan orang di sekitar.

Di zaman sekarang, orang susah move on alias melupakan mantan pacar sudah menjadi tren. Padahal move on dari mantan pacar adalah sebuah bentuk hijrah yang sangat positif.

Hijrah yang dimaksud di sini adalah bukan melupakan atau move on dari mantan dan kemudian pacaran lagi. Yang dimaksud hijrah adalah tidak berpacaran lagi.

Hijrah dengan melupakan atau move on dari mantan pacar sama sekali adalah keputusan yang tepat, karena memang tidak ada kata pacaran dalam Islam.

Mengapa Islam Melarang Pacaran?

Islam telah mengajarkan agar umatnya menjauhi hal-hal yang disukai setan dan iblis. Salah satunya adalah pacaran.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa wanita dan laki-laki tidak boleh berduaan jika keduanya bukan mahram atau saudara sepersusuan.

" Tidak boleh antara laki-laki dan wanita berduaan kecuali disertai oleh mahramnya, dan seorang wanita tidak boleh bepergian kecuali ditemani oleh mahramnya." (HR. Muslim)

Hadis lainnya juga menguatkan larangan wanita dan laki-laki yang bukan mahramnya untuk berada dalam satu tempat sendirian. Karena bisa menimbulkan zina di antara keduanya.

" Zinanya mata adalah melihat (dengan syahwat), zinanya lidah adalah mengucapkan atau berbicara (dengan syahwat), zinanya hati adalah mengharap dan menginginkan (pemenuhan nafsu syahwat), maka farji (kemaluan) yang membenarkan atau mendustakannya." (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Larangan pacaran ini sebenarnya bukan hanya dalam Islam. Dalam penelitian modern menemukan bahaya yang mungkin terjadi dalam hubungan pacaran.

Sebuah eksperimen di Inggris menyebutkan bahwa pacaran menimbulkan getaran otak yang meningkatkan keinginan untuk bersentuhan lebih jauh, yang tentunya menjurus ke perbuatan zina.

Dari sini sudah jelas bahwa pacaran hanya akan mendatangkan kesakitan hati dan dosa saja. Karena, setelah putus cinta, seseorang biasanya sulit melupakan atau move on dari mantan pacar.

Nah, daripada sakit hati dan hanya menumpuk dosa, maka bagi yang Muslim cobalah untuk menggunakan cara cepat melupakan atau move on dari mantan menurut Islam.

13 Cara Cepat Melupakan atau Move On dari Mantan Pacar Menurut Islam

Mungkin di antara Sahabat Dream banyak yang melakukan berbagai cara cepat melupakan atau move on dari mantan tapi selalu gagal.

Itu mungkin karena kamu salah langkah dalam proses cara melupakan atau move on dari mantan tersebut.

Memang, sudah banyak yang berniat untuk melupakan mantan pacar. Tapi selalu saja teringat dia yang dulu pernah singgah. Masih saja suka mengingat kenangan manis dan indah yang pernah dilakukan bersama.

Hal-hal seperti itulah yang membuat proses cara melupakan atau move on dari mantan selalu gagal dan gagal.

Nah, berikut ini Dream akan membagikan tips cara cepat melupakan atau move on dari mantan pacar menurut Islam yang dijamin manjur dan mujarab.

1. Menyadari Diri Sendiri

 Cara cepat melupakan atau move on dari mantan dengan menyadari kesalahan.

Tips cara move on dari mantan pacar yang pertama adalah menyadari diri sendiri bahwa berpacaran itu tindakan yang salah. Maksudnya, dari segi agama Islam, pacaran itu tidak dibenarkan. Dengan menyadari hal ini, kamu akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, yaitu menaruh cinta sebelum waktunya. Baik pada sang mantan atau pada orang lain. Kamu juga harus sadar bahwa rasa sakit dan kecewa akibat putus dari pacar ini mungkin teguran Allah.

2. Sholat Taubat

 Sholat Taubat sebagai salah satu cara move on dari mantan pacar menurut Islam.

Cara melupakan mantan pacar selanjutnya adalah mengerjakan sholat Taubat. Minta ampunlah kepada Allah SWT atas apa yang telah dilakukan selama ini. Lakukan taubat dengan sungguh-sungguh. Jangan ragu dan pesimis bahwa pertaubatan kamu tidak akan diterima Allah. Ingat selalu ayat-ayat Alquran ini jika kamu merasa ragu dan pesimis dengan pertaubatan kamu dengan mengerjakan sholat Taubat.

" Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."  (QS. Az Zumar: 53)

" Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi)." (QS. Az Zumar: 54)

1 dari 6 halaman

3. Membaca Doa Seperti Ummu Salamah

 Membaca doa Ummuh Salamah agar bisa cepat melupakan mantan pacar.

Cara cepat untuk move on menurut Islam tak membutuhkan waktu lama. Apalagi menghabiskan uang untuk travelling atau jalan-jalan ke sana ke mari. Cukup mantapkan hati dan keyakinan bahwa dengan hijrah meninggalkan pacaran, kamu akan diberikan yang terbaik. Setelah itu, kamu cukup berdoa ke Allah seperti yang dipanjatkan Ummu Salamah atau Hindun binti Abi Umayyah ketika ditimpa musibah.

INNAA LILLAAHI WA INNAA ILAIHI RAAJI’UUN – ALLAHUMMA’-JURNII FII MUSHIIBATII, WA AKHLIFLLII KHOIRAM MINHAA

Artinya: " Ya Allah, berikanlah pahala kepadaku atas musibah yang menimpaku, dan gantikanlah aku dengan yang lebih baik dari pada musibah ini."

Dengan memanjatkan doa tersebut setiap selesai sholat, Insya Allah kamu akan cepat melupakan atau move on dari mantan.

4. Yakin Putus Cinta Adalah Jalan Terbaik

 Yakin putus cinta adalah jalan terbaik jika gagal move on.

Dengan putus dari pacar, berarti Allah telah menyelamatkan dirimu dari kemaksiatan dalam berzina. Maka bersyukurlah sebanyak-banyaknya atas jalan yang diberikan oleh Allah. Tidak ada jalan yang paling baik selain jalan yang dipilih Allah untuk diri kita sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini:

" Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al Baqarah: 216)

2 dari 6 halaman

5. Menyibukkan Diri

Salah satu cara cepat untuk melupakan atau move on dari mantan menurut Islam adalah dengan menyibukkan diri dengan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Tindakan ini akan membuat fokus pikiranmu kepada sang mantan lambat laun akan teralihkan. Selain itu, tindakan ini juga untuk mengurangi waktu-waktu kamu berkhayal tentang dia dan kenangan indah bersamanya.

Sebagai Muslim, kegiatan yang bermanfaat itu banyak. Mulai dari ikut pengajian rutin, terlibat aktivitas kemanusiaan, fokus pada sekolah, dan sebagainya. Ingat kata-kata Ibnu Qayyim Al Jauziyah ini: " Siapapun yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat, pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal yang sia-sia."

Jadi, mulai sekarang berhenti menyakiti hatimu sendiri dan segeralah move on dari mantan pacar.

6. Berhenti Stalking Mantan

 Stop stalking mantan jika ingin cepat melupakan atau move on dari mantan.

Mungkin ini salah satu penyebab utama orang-orang sering gagal move on dari mantan pacar. Terlalu sering 'mengintip' aktivitas sang mantan di media sosial akan membuat kamu sulit melupakannya. Hampir tiap hari cek Instagram, Facebook, dan Twitter sang mantan. Selalu ingin tahu komentar dan foto mantan. Sudah begitu, pura-pura tidak sengaja tekan tombol Likes akun media sosial sang mantan. Parahnya, kamu pura-pura blok mantan tapi bikin akun baru untuk mengintip sang mantan!

3 dari 6 halaman

7. Melumpuhkan Ingatan Tentang Mantan

 Lumpuhkan ingatamu soal mantan jika ingin cepat move on.

Seringkali kamu gagal move on karena tergoda untuk menghubungi sang mantan dengan alasan ingin tetap menjalin silaturahim. Ini salah satu dari sekian modus orang-orang untuk balik dengan sang mantan. Jadi, lumpuhkan ingatan tentang mantan dengan benar-benar melupakannya dalam segala hal. Sebenarnya niat kamu bukan untuk menjalin silaturahim tapi merasa kangen ingin ketemu lagi dengan sang mantan. Jadi, segera hapus dan lupakan nomor HP atau apapun tentang sang mantan dari ingatan. Karena, seringkali, nomor HP mantan dihapus di ponsel tapi masih diingat di kepala.

8. Menjauhi Teman yang Doyan Pacaran

Menjauhi teman yang doyan pacaran bisa menjadi salah satu cara cepat melupakan atau move on dari mantan menurut Islam. Ingat bahwa perilaku orang itu bisa menular, dan ini bahaya karena kamu bisa terbawa arus hingga ingin pacaran lagi. Carilah teman yang baik dalam agama sehingga kamu juga akan ikut menjadi baik. Jadi, meski kamu tahu mereka sedang bermaksiat, tapi kadang kesendirian akan membuat kamu sedih dan membutuhkan seseorang yang memberi perhatian.

4 dari 6 halaman

9. Memperbanyak Ibadah

 Memperbanyak ibadah untuk melupakan atau move on dari mantan pacar

Semakin dekatkan diri pada Allah SWT. Mungkin kamu sudah terlalu lama melakukan dosa pacaran dan inilah saatnya untuk memperbanyak ibadah. Perbaikilah ibadah, baik itu ibadah wajib maupun sunnah. Dengan memperbanyak beribadah, kamu bisa fokus pada kehidupan yang lebih baik. Mungkin dari doa-doa dalam berbagai ibadah itu Allah akan mengganti sang mantan dengan istri yang lebih sholihah.

10. Jangan Hanya Ingat Manisnya

Segala kenangan manis bersama mantan mungkin selalu diingat di kepala. Terkadang sampai senyum-senyum sendiri jika mengingatnya. Padahal cara cepat untuk melupakan atau move on dari mantan itu adalah melupakan kenangan manis dan kebaikan mantan pacar. Ingat-ingatlah juga segala kejelekan dan sikap buruknya. Satu lagi, jodoh kamu nantinya tentu tidak suka atau rela jika kamu masih menyimpan cinta untuk sang mantan.

5 dari 6 halaman

11. Memperbanyak Dzikir dan Istighfar

Berdzikir adalah salah satu cara menghilangkan perasaan galau dalam Islam. Salah satu keutamaan berdzikir adalah kamu jadi lebih mudah untuk bersyukur atas apa yang terjadi. Dengan berdzikir kamu akan mendapatkan ampunan dan pahala yang besar.

" Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS. Al Ahzaab: 35)

Bila setelah menikah kamu masih juga gagal move on dari mantan, maka perbanyak istighfar. Selalu mengingat sang mantan setelah menikah adalah pertanda ada bisikan setan pada dirimu.

12. Habiskan Waktu dengan Keluarga

 Meluangkan waktu bersama keluarga agar cepat move on dari mantan pacar.

Cara cepat move on dari mantan pacar yang mudah dilakukan adalah dengan menghabiskan waktu dengan keluarga. Keluarga adalah orang-orang yang akan senantiasa ada untukmu. Jangan khawatir, mereka tidak akan menambah beban kesedihanmu. Keluarga justru akan mendukung dan memberikan hiburan untuk kesedihanmu akibat gagal move on dari mantan.

6 dari 6 halaman

13. Taaruf dan Menikah

 Taaruf dan kemudian menikah, cara cepat melupakan atau move on dari mantan.

Jika semua cara cepat untuk melupakan atau move on dari mantan tadi tidak berhasil, maka langkah terakhir adalah melakukan taaruf dan menikah. Sebagai sarana yang objektif dalam melakukan pengenalan dan pendekatan, taaruf berbeda dengan pacaran. Taaruf secara syar'i diperintahkan oleh Nabi Muhammad bagi pasangan yang ingin menikah.

Tidak ada obat paling mujarab dari orang yang sedang dilanda virus cinta selain dengan pernikahan. Segera minta bantuan ustadz atau keluarga yang kamu percaya untuk dicarikan calon taaruf. Niatkan bahwa kamu menikah karena ingin mendapatkan ridho dan pahala dari Allah. Semoga cinta dari pasangan halal ini akan membuat kamu cepat melupakan atau move on dari mantan.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone