Cara Mendapat Pahala Jemaah Jika Sholat Sudah Bubar

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 25 Februari 2019 13:00
Cara Mendapat Pahala Jemaah Jika Sholat Sudah Bubar
Merupakan kejadian yang sering kita alami yaitu ketinggalan sholat jemaah.

Dream - Seorang Muslim sangat dianjurkan melaksanakan sholat fardu dengan berjemaah di masjid. Pahalanya begitu tinggi, mencapai 27 derajat.

Selain itu, ada banyak manfaat lain dari sholat jemaah. Beberapa di antaranya yaitu memperkuat ukhuwah dan silaturahmi.

Dalam hadis Muttafaq Alaihi, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Sholat berjemaah lebih utama daripada sholat sendiria dengan selisih 27 derajat."

Ada kalanya, kita datang ke masjid untuk melaksanakan sholat jemaah. Sayangnya, ketika sampai di masjid, sholat jemaah sudah berjalan atau bahkan sudah selesai.

Jika mengalami hal ini, apakah kita tetap bisa mendapatkan pahala jemaah?

 

1 dari 1 halaman

Cara Meraih Pahala Jemaah

Dikutip dari Islami.co, bisa saja kita tetap mendapatkan pahala sholat jemaah. Ada beberapa cara untuk bisa mendapatkannya.

Cara pertama, langsung bergabung dalam shaf sholat jemaah. Cara ini dilakukan apabila sholat jemaah sudah berlangsung namun belum selesai.

Cara ke dua, jika ada satu orang sholat sendirian, kita bermakmum padanya. Cara ini dilakukan dengan memberitahu kepada orang bersangkutan kita hendak menjadi makmum melalui tanda tertentu.

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Asalkan cara tersebut tidak mengganggu kekhusyukan imam.

Bisa dengan menggelar sajadah di samping imam. Bisa juga dengan langsung berdiri di sampingnya dengan posisi hampir sejajar.

Ini seperti dijelaskan oleh Habib Zain dalam kitab Asy Syamsu Al Muniroh.

" Oleh karena itu, pantas sekali bagi siapa saja yang ingin bermakmum pada orang yang sholat sendirian untuk memberi isyarat padanya. Misalkan dengan menepuk bahu, (calon imam) agar ia berniat menjadi imam sehingga mendapatkan fadhilah sholat berjemaah."

Sedangkan cara ketiga yaitu menunggu orang lain yang belum sholat. Dengan begitu, kita bisa berjemaah dengan orang tersebut.

Sumber: Islami.co

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie