Doa Diberi Kekuatan Menghadapi Musibah

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 25 Februari 2020 20:00
Doa Diberi Kekuatan Menghadapi Musibah
Musibah menjadi jalan bagi seorang mukmin naik derajat.

Dream - Musibah menjadi pengalaman hidup yang terkadang mendatangkan kesedihan dan keterpurukan. Mereka yang selalu berpasrah pada Sang Ilahi, musibah hadir sebagi ajang melatih jiwa dan kesabaran seorang Muslim.

Jika sudah terlatih, seorang Muslim tak akan larut dalam kesedihan ketika tertimpa musibah. Dia mampu menerima apa yang terjadi dengan penuh kepasrahan, lalu berusaha untuk bangkit dan lepas dari keterpurukan.

Musibah datang dalam bentuk tertentu namun bisa menimbulkan banyak makna. Bisa dipandang sebagai azab, bisa pula sebagai cobaan.

Musibah sebagai azab terjadi berkaitan dengan kekurangan manusia. Lewat musibah, manusia diingatkan untuk instropeksi dan bertobat dari segala kesalahannya.

Musibah sebagai cobaan berkaitan dengan kesiapan manusia untuk diangkat derajatnya. Musibah dalam makna ini kerap dialami mereka yang rajin ibadah dan beramal sholeh.

Ketika musibah melanda, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diriwayatkan Imam Muslim.

1 dari 5 halaman

Doa Ketika Mengalami Musibah

 Doa ketika mengalami musibah© Dream.co.id

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlif li khairan minha.

Artinya,

" Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Terbebas dari Tuduhan

Dream - Tuduhan kerap menjadi ancaman bagi seseorang. Kehidupan dan nama baik seseorang bisa menjadi berantakan karena menjadi korban tuduhan orang tak bertangngung jawab. 

Meski orang yang bersangkutan jauh dari hal yang dituduhkan kepadanya, namun dampak yang dirasakan sudah terlanjur terjadi.

Ketika terkena tuduhan, seseorang terpaksa bekerja keras untuk memulihkan nama baiknya. Seringkali, upaya tersebut sulit dilakukan dan berujung kegagalan.

Tidak sedikit pula yang putus asa akibat tuduhan yang diterimanya. Dia seperti tak punya daya untuk membalikkan keadaan.

Terkena tuduhan adalah hal yang menyakitkan. Sehingga, kita perlu untuk senantiasa berpasrah diri dan memohon pertolongan Allah agar diberikan kekuatan menghadapi tuduhan tersebut.

Agar bisa terbebas dari segala macam tuduhan, dianjurkan untuk membaca doa ini.

3 dari 5 halaman

Doa Saat Diterpa Tuduhan

 Doa Terbebas dari Tuduhan© Dream.co.id

Allahumma innaka lasta bi ilahin istahdatsnaka wala ma'aka ilahun a'anaka 'ala kholqina wala ma'aka rabbun fa yusyrikuka fi rububiyatika anta rabbunaa kama taqulu wa fawqo ma yaqulul qo-iluna as-aluka an tushalliya 'ala muhammadin wa ali muhammadin wa an tubriani bi baraati.

Artinya,

" Ya Allah, Engkau bukan Tuhan yang kami ciptakan, bersama-Mu tidak ada Tuhan yang menolong-Mu dalam menciptakan kami, bersama-Mu tidak ada Tuhan yang bersekutu dalam ketuhanan-Mu, Engkau Tuhan kami sebagaimana Engkau katakan, dan melebihi anggapan dan perkataan orang. Aku memohon kepada-Mu untuk senantiasa memberi rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, dan aku memohon kepada-Mu untuk membebaskan aku dengan pembebasanku."

4 dari 5 halaman

Doa Ketika Mengalami Kesusahan

Dream - Kesusahan mungkin bisa dihindari. Tetapi, tak ada seorang makhluk pun yang bisa menolak kedatangannya.

Meski kita sudah membuat banyak persiapan agar tidak mengalami kesusahan, tetap saja kondisi tersebut bisa terjadi. Kita hanya perlu menyikapi dengan patut.

Ada banyak karakter orang dalam menanggapi kesusahan. Ada yang marah hingga menyalahkan siapa pun, ada pula yang sampai menyakiti dirinya sendiri maupun orang lain.

Tetapi, seorang yang beriman tidak dianjurkan untuk menyikapi kesusahan dengan amarah. Tetap diharuskan untuk menghadapinya dengan sabar dan penuh kepasrahan.

Ketika sedang dalam kondisi kesusahan, dianjurkan untuk mengucapkan doa ini, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

 

5 dari 5 halaman

Doa Ketika Kesusahan

 Doa saat kesusahan© Dream.co.id

La ilaha illallahul 'adhimul khalim, la ilaha illallahu rabbus samawati wal ardli wa rabbul 'arsyil 'adhim.

Artinya,

" Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Agung lagi Maha Santun. Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, Rabb langit dan bumi, Rabb 'Arsy yang agung."

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak