Hukum Menjawab Salam di Radio dan TV

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 26 November 2016 18:02
Hukum Menjawab Salam di Radio dan TV
Seiring perkembangan teknologi, pengajian kerap disiarkan melalui radio maupun televisi. Dalam pengajian itu, si narasumber kerap mengucapkan salam.

Dream - Memberikan salam merupakan salah satu amalan sunah yang sangat dianjurkan saat bertemu orang lain. Sementara menjawabnya dihukumi sebagai amalan wajib.

Salam kerap disampaikan saat bertemu orang lain secara langsung. Ini agar terjalin silaturahim yang baik di antara sesama Muslim.

Salam juga kerap disampaikan dalam sebuah acara. Baik acara pengajian, rapat, pernikahan dan sebagainya.

Seiring perkembangan teknologi, pengajian kerap disiarkan melalui radio maupun televisi. Dalam pengajian itu, si narasumber kerap mengucapkan salam.

Lantas apakah hukum menjawab salam dari radio atau televisi?

Dikutip dari laman Konsultasi Syariah, para ulama membagi penyampaian salam menjadi dua. Pembagian tersebut yaitu salam yang disampaikan dalam siaran langsung dan rekaman.

Salam yang disampaikan penyiar atau narasumber melalui siaran langsung wajib dijawab. Karena salam itu disampaikan dengan sengaja dan dengan niat untuk beramal.

An Nawawi dalam kitab Al Adzkar mengutip keterangan Abu Sa'd Al Mutawalli memberikan penjelasan:

" Jika ada orang di balik dinding atau di balik tabir memanggil, ‘Hai Fulan, Assalamu alaikum.’ Atau dia menulis surat, dan menyatakan, ‘’Hai Fulan, Assalamu alaik.” Atau “ Assalamu ‘ala Fulan.” Atau dia menyuruh seseorang untuk menyampaikan salam kepada Fulan. Jika surat dan utusan ini sampai kepada Fulan, maka Fulan wajib menjawab salamnya."

Untuk salam rekaman, seperti bunyi bel, suara burung beo, maupun siaran radio dan televisi yang direkam sebelumnya tidak wajib dijawab.

Salam tersebut tidak disampaikan penyiar sehingga tidak termasuk amal.

Imam Ibnu Utsaimin dalam Liqa Al Bab Al Maftuh memberikan penjelasan:

" Terkadang itu rekaman. Mereka putar kaset, dan mereka nyalakan. Jika salamnya rekaman, maka tidak wajib dijawab. Karena ini ungkapan suara."

Baca selengkapnya di sini

Beri Komentar