Kecerdasan Burung Gagak Tertera Dalam Al-Qur'an

Reporter : Ayik
Selasa, 17 Februari 2015 07:02
Kecerdasan Burung Gagak Tertera Dalam Al-Qur'an
Burung gagak memiliki kemampuan dan mental yang sangat baik untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Dream - Hewan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Tidak sedikit manfaat hewan-hewan yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Ikan-ikan misalnya seringkali dijadikan obat atau makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi. Bukan hanya itu kecerdasaan hewan seperti lumba-lumba, anjing laut, anjing, gajah seringkali dimanfaatkan kelucuannya dalam sebuah pementasan.

Tahukah Anda ada jenis hewan mamalia yang juga memiliki kecerdasan yang setara dengan hewan lainnya. Burung gagak sering dikatakan memiliki kecerdasan satu tingkat lebih tinggi dari hewan lainnya. Hal itu telah dikemukakan oleh ilmuan Heinrich dan Thomas Bugnyar dari Vermont University, Kanada dan St Andrews University, Skotlandia, yang mengatakan burung gagak memiliki kemampuan dan mental yang sangat baik untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Dalam sebuah percobaan telah ditemukan burung gagak mampu membuat hewan lain bekerja dan mencari makanan untuk mereka. Gagak juga selalu berhasil mencari kreatifitas dan solusi logis dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Kecerdasan gagak dalam kisah masa lalu juga disebutkan di dalam Alquran:

" Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi." [QS. Al-Ma'idah ayat 30]

" Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: " Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal." [QS. Al-Ma'idah ayat 31]

Ingin tahu lebih lanjut tentang kecerdasan burung gagak? Yuk Baca di sini

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke redaksi@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian