Menjaga Kehormatan Masjid Lewat Tata Cara Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 10 Februari 2019 18:30
Menjaga Kehormatan Masjid Lewat Tata Cara Ini
Masjid adalah tempat mulia dan sudah sepatutnya kehormatannya dijaga.

Dream - Masjid merupakan tempat yang mulia. Tempat ini menjadi pusat aktivitas religius umat Islam, mulai dari sholat, menuntut ilmu agama hingga membangun peradaban rohani.

Karena kedudukannya yang mulia, maka kita wajib menjaga kehormatan masjid. Tidak peduli besar atau kecil bangunan masjid itu.

Belakangan, cukup banyak masjid dibangun dengan megah. Orang-orang menjadi tertarik untuk datang ke masjid tersebut.

Sayangnya, mereka terkesan abai dan lupa menjaga kehormatan masjid. Sebab, sedari awal mereka berniat untuk wisata menikmati keindahan masjid.

Dikutip dari NU Online, terdapat tata cara yang patut diperhatikan ketika berada di masjid. Ini semata untuk menjaga kehormatan masjid sebagai tempat ibadah.

 

1 dari 2 halaman

Tubuh dan Pakaian Dipastikan Suci

Cara pertama yaitu sudah dalam keadaan bersih dan suci sebelum masuk masjid. Baik badan maupun pakaian harus dipastikan bebas hadas dan najis.

Kedua, memakai baju bersih, bagus, sopan dan menutup aurat secara sempurna. Ini sesuai perintah Allah dalam Surat Al A'raf ayat 31.

" Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid."

Dianjurkan tidak memakai pakaian yang bergambar. Sebab, dapat mengganggu kekhusyukan sholat.

 

2 dari 2 halaman

Pakai Wewangian dan Jauhi Makanan Berbau Tak Sedap

Ketiga, memakai wewangian dan hindari makan makanan berbau tak sedap. Contohnya seperti jengkol, bawang putih, petai dan lain sebagainya.

Keempat, dahulukan kaki kanan ketika masuk masjid. Apabila keluar, dahulukan kaki kiri.

Kelima, berniat untuk itikaf atau berdiam diri di dalam masjid untuk sepenuhnya beribadah kepada Allah. Keenam, menunaikan sholat tahiyatul masjid sebelum duduk ketika sudah berada di dalam masjid.

Ketujuh, tidak mengotori masjid dengan membuang sampah atau meludah. Sedangkan kedelapan yaitu menjaga sikap seperti tidak berbicara dengan nada tinggi, kasar, atau bersenda gurau.

(ism, Sumber: NU Online.)

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim