Makna di Balik Iman Kepada yang Gaib

Reporter : Ayik
Jumat, 5 Juni 2015 17:30
Makna di Balik Iman Kepada yang Gaib
Beriman kepada yang gaib, yang pertama adalah iman kepada Allah SWT, Dzat yang menciptakan seluruh alam yang tidak dapat disaksikan oleh mata telanjang

Dream - Beriman kepada yang gaib merupakan salah satu bentuk rukun iman. Dalam rukun iman terdapat perintah bagi umat muslim mengimani Allah dan juga malaikat.

Dalam Quran Surat (QS) Al-Baqarah ayat 3, Allah menegaskan beriman kepada yang gaib adalah salah satu ciri orang yang bertaqwa:

" (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka." [QS. Al-Baqarah ayat 3]

Isi kandungan dari ayat diatas menerangkan bahwa manusia terbagi atas dua golongan. Pertama adalah mereka yang hanya mempercayai hal nyata namun tidak mempercayai atau tidak mengakui adanya sesuatu dibalik kenyataan itu.

Orang-orang yang seperti itu, biasanya tidak mempercayai adanya Tuhan, malaikat, kiamat, akhirat, dan lain-lain.

Sedangkan golongan kedua adalah orang yang mempercayai adanya hal yang nyata dan gaib.

Surat Al-Baqarah ayat 3 dimulai dengan kalimat: “ Mereka yang beriman kepada yang gaib”, kata “ yang gaib” dapat diartikan dengan yang tidak dapat disaksikan oleh panca indera, tidak tampak oleh mata, tidak dapat didengar oleh telinga, namun keberadaannya dapat dirasakan.

Beriman kepada yang gaib, yang pertama adalah iman kepada Allah SWT, Dzat yang menciptakan seluruh alam yang tidak dapat disaksikan oleh mata telanjang, akan tetapi dapat dirasakan sifat dan wujud-Nya.

Ingin tahu penjelasannya lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

 

Apakah masjid di tempat Anda sudah terdaftar? Apa kegiatan masjid Anda menjelang Ramadan? Ayo berbagi informasi seputar aktivitas masjid dalam Komunitas Masjid Terbesar di Indonesia. Klik di sini.

Beri Komentar