Remaja Ini Tiap Tengah Malam Lari 10 Km di Jalanan Sepi, Alasannya Bikin Haru

Reporter : Okti Nur Alifia
Selasa, 22 Maret 2022 10:00
Remaja Ini Tiap Tengah Malam Lari 10 Km di Jalanan Sepi, Alasannya Bikin Haru
Hanya tempo 24 jam, video itu sudah ditonton 7 juta kali. Video itu menyentuh hati banyak orang, termasuk Jenderal Angkatan Darat.

Dream - Salah satu kunci sukses adalah keuletan. Mungkin itulah yang ingin dibuktikan oleh Pradeep Mehra. Remaja 19 tahun ini saban tengah malam berlari sejauh sepuluh kilometer di jalanan yang sepi untuk mewujudkan mimpinya menjadi tentara.

Kisah Mehra terungkap dalam unggahan pembuat film Vinod Kapri. Video pendek yang diunggah Kapri menunjukkan Mehra yang sedang berlari di tengah malam di jalanan sepi di Noida, Uttar Pradesh, India.

Kala itu, Kapri menawarkan tumpangan kepada Mehra yang tengah berlari sambil membawa ransel di jalanan yang mulai lengang dari lalu-lalang kendaraan. Namun, Mehra yang sudah mandi keringat menolak tawaran itu dengan sopan.

1 dari 5 halaman

Dengan mengendarai mobilnya, Kapri terus mengikuti Mehra dan berkali-kali pula menawarkan tumpangan kepada pemuda itu. Namun Mehra tetap menolak tawaran itu dengan halus. Dia terus mengayunkan kakinya untuk berlari menyusuri jalanan sepi di tengah malam itu.

Karena berulang kali tawarannya ditolak, Kapri menanyakan alasan Mehra. Ternyata, remaja itu terus berlari bukan tanpa sebab. Remaja yang bekerja di restoran cepat saji di Noida itu berlari karena sedang mempersiapkan diri untuk seleksi masuk Angkatan Darat India.

Bagi Mehra, berlari saat pulang dari tempat kerja ke rumahnya menjadi satu-satunya kesempatan berlatih. Pemuda asal Uttarakhand memberi tahu Kapri bahwa dirinya saban hari berlari sejauh sepuluh kilometer setiap hari, dari tempatnya kerja di pasar Sektor 16 Noida ke rumahnya di Barola, tempat dia tinggal bersama kakak laki-lakinya.

2 dari 5 halaman

Kapri sekali lagi menawarkan tumpangan, meminta pemuda itu menghentikan latihannya hari itu dan melanjukan keesokan harinya, Mehra tetap menolak mengaku tidak punya waktu berlatih saat itu, karena saban hari harus bangun pukul delapan pagi untuk memasak makanan sebelum bekerja.

Dalam video itu pula Kapri bertanya tentang orangtua Mehra. Remaja itu mengatakan bahwa ibunya sedang tidak sehat dan dirawat di rumah sakit. Terkesan dengan tekad Mehra, Kapri yang mengendarai mobil memberi tahu pemuda itu bahwa videonya bakal viral.

" Siapa yang akan mengenaliku?" demikian Mehra menanggapi Kapri, sambil tertawa.

3 dari 5 halaman

" Jika video itu menjadi viral, tidak apa-apa, itu tidak seperti saya melakukan kesalahan," tambah dia.

Karena berulang kali tawaran tumpangannya ditolak, Kapri mencoba mengajak Mehra makan malam bersama. Namun lagi-lagi Mehra menolaknya dengan sopan.

" Tidak, kakak lelaki saya akan kelaparan karena dia bekerja shift malam dan tidak bisa memasak untuk dirinya," kata Mehra.

4 dari 5 halaman

Benar saja kata Kapri, videonya viral setelah diunggah ke Twitter. Hanya tempo 24 jam, video itu sudah ditonton tujuh juta kali. Video itu menyentuh hati banyak orang, termasuk Mantan Kepala Staf Pertahanan Terpadu India, Letnan Jenderal (Purn) Satish Dua.

Komandan Korps Kashmir itu melalui Twitter menawarkan diri untuk melatih Mehra dan mewujudkan mimpi menjadi anggota Angkatan Darat India.

Satish Dua bahkan telah berkomunikasi dengan Kolonel Resimen KUMAON, Letnan Jenderal Rana Kalita, Komandan Angkatan Darat Timur, untuk perekrutan Mehra.

5 dari 5 halaman

Beri Komentar