Anjuran Sholat Witir Sebelum Tidur

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 4 Februari 2019 20:02
Anjuran Sholat Witir Sebelum Tidur
Sholat witir termasuk amalan sunah yang tidak hanya dianjurkan saat Ramadan saja.

Dream - Selama ini, mungkin banyak yang mengenal sholat witir adalah ibadah penutup tarawih. Sehingga, sholat sunah ini hanya dijalankan sepanjang Ramadan.

Ternyata, sholat witir juga dianjurkan untuk dikerjakan di luar Ramadan. Ibadah ini menjadi amalan sunah sebelum tidur.

Dikutip dari Islami.co, sebagian ulama berpandangan sholat witir dibandingkan sholat sunah rawatib. Bahkan ada juga ulama yang sampai mewajibkan sholat sunah ini.

Sholat witir memiliki perbedaan dengan sholat sunah lainnya. Jika sholat sunah kebanyakan dijalankan dengan rakaat genap, maka sholat witir memiliki jumlah rakaat ganjil. Paling sedikit satu rakaat dan paling banyak 11 rakaat.

Waktunya bisa setelah sholat Isya hingga menjelang Subuh. Tetapi, jika tidak yakin bisa bangun sebelum Subuh, dianjurkan untuk sholat witir sebelum tidur.

 

 

1 dari 1 halaman

Amalan Rutin Sahabat Rasulullah SAW

Sholat sunah ini merupakan amalan yang selalu dikerjakan para sahabat Rasulullah. Terutama Abu Bakar As Shiddiq RA dan Umar bin Khattab RA.

Abu Bakar menjalankan sholat witir sebelum tidur, kemudian tidur dan bangun di pertengahan malam untuk sholat tahajud. Sementara Umar biasa sholat witir setelah bangun tidur, yaitu setelah selesai melaksanakan sholat tahajud.

Amalan dua sahabat ini dibenarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Sehingga, amalan ini bisa dijalankan oleh setiap Muslim.

(ism, Sumber: Islami.co)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie