Ucapkan Ini Jika Anda Kembali Masuk Rumah Setelah Mudik

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 11 Juli 2016 12:24
Ucapkan Ini Jika Anda Kembali Masuk Rumah Setelah Mudik
Jangan langsung masuk ke rumah!

Dream - Saat kembali ke rumah setelah mudik dan rumah kita dalam kondisi kosong, jangan langsung masuk. Ucapkan salam. Namun, salamnya berbeda dengan salam ketika bertemu orang lain.

Jika kita bertemu dengan sesama muslim, maka ucapan salam kita adalah:

“ Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu”

Atau lebih lengkapnya

“ Semoga keselamatan, rahmat, dan barakah Allah dilimpahkan kepadamu”

Demikian pula ketika kita memasuki rumah yang di dalamnya ada penghuninya, maka ucapan salam kita sama seperti ucapan di atas. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

“ Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik.” (QS. An Nur: 61)

Ada pun jika rumah itu tidak ada penghuninya, seperti rumah yang kita tinggalkan mudik sehingga kosong, maka ketika kita memasukinya, kita perlu mengucapkan salam sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu.

“ Jika kalian memasuki rumah yang tidak ada penghuninya, maka ucapkanlah: “ Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin” (Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih)” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Ulasan selengkapnya klik si sini.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak