Video Pilu Pemakaman Jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, dari Drone Bikin Merinding

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 8 Juli 2021 12:34
Video Pilu Pemakaman Jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, dari Drone Bikin Merinding
Ngeri, mobil pembawa jenazah covid-19 sampai antre untuk dikuburkan di TPU Rororotan

Dream - Lonjakan Covid-19 di Indonesia belum juga mereda, khususnya di Ibukota. Bahkan baru-baru ini, jagat maya dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan antrean ambulans di pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19 TPU di wilayah Jakarta Utara.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @alivikry, terlihat setidaknya sekitar tujuh mobil ambulans tengah mengantre di kawasan TPU Rororotan di kawasan Clincing Jakarta Utara.

TPU Rorotan dipersiapkan Pemprov DKI Jakarta khusus bagi pasien yang meninggal karena Covid-19. Dalam unggahanya, pemilik akun menyampaikan tanggapannya mengenai video tersebut.

Baca juga: Cowok Paksa Cewek Jadi Pacarnya: Kamu Ga Mau Lagi Sama Aku? Oke, Aku Calon TNI

“ Suasana pilu di pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Rororotan. Meningkatnya kasus kematian Covid-19 mengakibatkan kesibukan pemakaman di TPU Rorotan hingga malam hari,” tulis akun @alivikry.

Penasaran bagaimana suasana antrean ambulan jenazah covid-19 di pemakaman TPU Rorotan? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Viral Wajah Polwan Mirip Lesti Kejora, Pengen Cari Tunangan Kayak Rizky Billar

1 dari 4 halaman

Antrean Ambulans Jenazah Covid

Ilustrasi© Foto : Instagram/alivikry

Baca juga: Dituding Pakai Orang Dalam karena Lolos CPNS, Wanita Ini Buktikan Perjuangannya

Video tersebut direkam menggunakan Drone, memperlihatkan suasana TPU Rorotan di kawasan Clincing Jakarta Utara yang sibuk oleh nakes yang bertugas. Di sana terlihat pula antrean ambulans yang membawa jenazah Covid-19 untuk dilakukan proses pemakaman dengan protokol Covid-19.

Selain itu, terlihat pula para petugas yang menggunakan baju APD protokol covid-19 dengan lengkap. Pemilik akun membagikan foto dan video yang memperlihatkan beberapa pekerja menggali kubur yang sedang memakamkan dan mempersiapkan liang lahat bagi para jenazah. Petugas itu pun juga tampak menggali tanah dengan menggunakan alat berat maupun manual.

Dilansir dari Liputan6.com, hingga Senin 5 Juli pukul 18.00 WIB sudah 90 jenazah dimakamkan dengan protokol Covid-19 di TPU Rorotan.

Baca juga: Sultan Gabut, Driver Ojol Ini Pakai Motor Harley untuk Ngojek

© Dream
2 dari 4 halaman

Ambulans Mengular hingga Malam Hari

Ilustrasi© Foto : Instagram/alivikry

Baca juga: Fantastis, Gaji Tukang Cukur di Kapal Pesiar Ternyata Puluhan Juta

Suasana ambulans yang mengular memasuki area TPU itu terjadi hingga malam hari. Jumlah kasus Covid hampir setiap hari mencacatkan rekor baru. Banyak rumah sakit, para nakes kewalahan menghadapi lonjakan kasus yang setiap hari jumlahnya sangat banyak. Salah satu yang terdampak adalah lahan di TPU jenazah Covid-19 yakni TPU Rorotan.

Baca juga: Antara Takjub & Kasihan, Kurir Ini Antar Paket ke Ranu Kumbolo di Gunung Semeru

Masih dilansir dari Liputan6.com, sejak digunakan sebagai lahan pemakaman khusus pasien Covid-19 pada akhir Maret 2021 lalu, tercatat sudah lebih dari 900 jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU Rorotan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk membuka TPU Rorotan sebagai lahan baru yang akan digunakan khusus memakamkan pasien Covid-19. Keputusan ini diambil setelah areal pemakaman di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, sudah melebihi kapasitas.

Baca juga: Viral Pemuda Syok Lihat Pantai Pulau Kei Kering, Bisa Jalan ke Tengah Laut

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video tersebut sontak mendapat banyak komentar dari warganet. Di antaranya seperti komentar yang dilontarkan oleh akun @ahmaddfajrii, yang mengatakan jika video yang beredar tersebut memang nyata.

Baca juga: Anak Main HP Orangtua Klik Barang COD, Saat Tiba Totalnya Bikin Emak Nanngis

“ Ini deket banget sama rumah, emang setiap hari ambulan selalu gentian buat anter jenazah bahkan sampe larut malam. Semoga pandemic ini cepat berlalu,” tulis akun @ahmaddfajrii.

Sementara sebagian besar dari mereka berdoa agar pandemic covid-19 cepat berlalu. Selain itu ada juga netizen yang mendukung adanya berita realita seperti dalam video tersebut agar masyarakat sadar dan mematuhi peraturan kesehatan yang ada.

“ Cepat pulih Indonesiaku, kita pasti bisa melawan virus ini, yuk jangan lupa 5M,” komentar akun @adihariyanto.

Baca juga: Marah-Marah Terkena Razia Masker, Pemuda Ini Ngaku Ponakan Jenderal Bintang Dua

“ Yang sehat rebutan susu, yang sakit rebutan vitamin oksigen rumah sakit, yang meninggal masih harus berjuang antri ambulans peti dan pemakaman, TAMPARAN KERAS,” ujar akun @annisarobbayani.

“ Semoga menyadarkan orang Indonesia,” komentar akun lainnya.

“ Semoga pandemic ini segera berakhir,” imbuh yang lain.

Baca juga: Diduga Kelelahan Tangani Pasien Covid, Nakes Rebahan di Halaman Rumah Sakit

© Dream
4 dari 4 halaman
Beri Komentar