Ini Bahaya Sering Gonta-ganti BBM

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 12 Oktober 2018 07:16
Ini Bahaya Sering Gonta-ganti BBM
Apalagi jika kamu mencampur dua jenis BBM di tangki yang sama.

Dream – Ketika mengisi bahan bakar, ada banyak pilihan bagi Sahabat Dream. Ada BBM bensin yang memiliki nilai oktan 88, 90, bahkan 92.

Bicara tentang BBM, tak jarang orang-orang beralih dari BBM bernilai oktan rendah ke yang tinggi. Terlebih jika tangki bensin di kendaraan sudah sekarat. Plus, SPBU kehabisan jenis BBM yang sering kita pakai.

Contohnya, kamu yang sering menggunakan pertalite akan beralih ke pertamax jika SPBU itu tidak menjual RON 90.

Kalau hanya satu kali pindah untuk mengisi kekosongan, no problem. Semua jenis bahan bakar, pada dasarnya, punya rantai hidrokarbon. Tak masalah jika 1-2 jenis BBM nyampur di satu tangki.

Alangkah lebih baik kalau kamu menunggu dulu bensinnya habis, baru, deh, diisi dengan BBM yang sering dipakai. Kalau mau ganti sekalian dengan jenis BBM baru juga boleh. Tapi, kamu harus konsisten.

Yang jadi masalah, banyak orang seenaknya gonta-ganti BBM. Misalnya, hari ini pertamax. Besok pakai pertalite. Besoknya lagi pakai premium. Malah, ada yang suka mencampur premium dan pertamax demi mendapatkan bahan bakar setara pertalite.

Kalau sering gonta-ganti jenis BBM, kamu akan membahayakan “ nyawa” kendaraanmu.

1 dari 1 halaman

Bahaya Apa, Tuh?

Cara-cara ini sangat berbahaya. Setiap mesin kendaraan punya nilai kompresi yang berbeda. Umumnya, mesin ini sudah disesuaikan dengan bahan bakar yang ada di pasaran.

Ketika bahan bakar yang biasa dipakai itu diganti, mesin otomatis akan menyesuaikan diri kembali kompresinya. Peralihan yang cepat bisa mendatangkan dampak buruk bagi mesin. Salah satunya adalah mesin mudah rusak dan sulit dihidupkan.

Ini juga sama jika kamu sering gonta-ganti merek. Misalnya dari merk A ke merk B. Setiap produsen punya konfigurasi yang berbeda. Perbedaan konfigurasi ini bisa membuat mesin kaget dan bermasalah. 

(Sumber: Suzuki)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo