4 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Diketahui

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 15 Agustus 2019 08:48
4 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Diketahui
Jangan sekali-sekali menyepelekan rambut rontok! Bisa jadi pertanda penyakit, berikut penyebab-penyebabnya.

Dream - Rambut rontok menjadi masalah banyak orang, baik ringan maupun parah. Biasanya orang baru resah bila jumlah rambut yang rontok semakin bertambah dan kepala mulai terlihat botak.

Apabila jumlah rambut rontok sangat banyak, disarankan segera melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan rambut. Cara perawatannya pun beragam, mulai menggunakan obat pabrikan hingga bahan alami.

Namun yang tak kalah penting adalah mengetahui penyebab rambut rontok. Ada berbagai macam, mulai masalah kesehatan tubuh hingga faktor lingkugan. Mengetahui penyebab menadi penting untuk mengatasi rambut rontok.

Berikut penyebab rambut rontok sebagaimana dikutip dari American Academy of Dermatology.

1 dari 4 halaman

Penyebab Rambut Rontok karena Gangguan pada Rambut

 Penyebab Rambut Rontok© Shutterstock

Penyebab rambut rontok yang pertama karena kondisi kesehatan rambut. Dan, gangguan pada rambut ada bermacam-macam, seperti:

  • Androgenetic alopecia, atau penipisan rambut yang bisa menyebabkan kebotakan. Gangguan rambut ini menjadi penyebab rambut rontok yang paling umum. Kasus ini banyak terjadi pada wanita, dan sayangnya penyebab pasti gangguan ini belum bisa diketahui secara pasti.
  • Alopecia areata, diyakini sebagai salah satu jenis penyakit autoimun. Di mana imun dalam tubuh menyerang tubuh. Beruntungnya rambut rontok yang disebabkan oleh gangguan ini, bisa disembuhkan dan rambut bisa tumbuh kembali.
  • Alopesia Cicatricial, yaitu kondisi di mana folikel rambut yang hancur dan mengakibatkan munculnya jaringan parut.
  • Alopecia sentrifugal, gangguan rambut ini paling sering terjadi pada wanita keturunan Afrika. Tanda-tandanya ialah kulit kepala menjadi mengkilap dan membuat rambut perlahan rontok.

2 dari 4 halaman

Penyebab Rambut Rontok karena Pengaruh Penyakit

 Penyebab Rambut Rontok© Shutterstock

Selain kondisi rambut yang buruk, penyakit yang diderita seseorang juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Kondisi kesehatan yang buruk bahkan bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah.

  • Kondisi kesehatan tubuh menjadi tolak ukur pertama bagi orang yang mengalami rambut rontok. Penyakit, seperti tiroid dan anemia, menjadi penyakit yang umum menyebabkan kerontokan.
  • Selain itu penyakit lain yang diderita tubuh, seperti pasca operasi, demam tinggi, infeksi dan bahkan flu, juga dapat jadi penyebab rambut rontok.
  • Perawatan penyakit kanker menjaid penyebab rambut rontok yang tergolong parah, bahkan bisa menyebabkan kebotakan.
  • Kurap di kulit kepala juga menjadi penyebab rambut rontok yang paling umum. Dan, bahayanya, penyakit kurap dapat menular, serta bisa menyebabkan kebotakan.
  • Trichotillomania, yaitu gangguan medis yang menyebabkan seseorang tidak bisa berhenti mencabut rambutnya sendiri. Gangguan ini menjadi kelainan yang jarang terjadi.

3 dari 4 halaman

Penyebab Rambut Rontok karena Pengaruh Hormon dan Stres

 Penyebab Rambut Rontok© Pixabay

Kerontokan tidak hanya disebabkan oleh penyakit dan gangguan kesehatan fisik saja. Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh masalah hormon dan stres.

Penyebab rambut rontok ini lebih kerap dikaitkan dengan wanita, yang lebih sering mengalami perubahan hormon dibandingkan dengan laki-laki.

  • Melahirkan, menjadi penyebab rambut rontok yang wajar terjadi. Penurunan kadar estrogen dapat menyebabkan rambut rontok yang bersifat sementara.
  • Menopause juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Sama seperti pada kondisi setelah melahirkan, perubahan hormon juga terjadi pada seseorang yang mengalami menopause. Rambut rontok yang disebabkan oleh menopause ini bersifat sementara.
  • Stres, ialah kondisi di mana seorang individu mengalami peristiwa traumatis. Kondisi ini akan membuat hormon dalam tubuh berubah dan menyebabkan rambut rontok.

4 dari 4 halaman

Penyebab Rambut Rontok karena Pengaruh Diet dan Kurang Nutrisi

 Penyebab Rambut Rontok© Pixabay

Penyebab rambut rontok yang terakhir ialah diet dan asupan nutrisi yang kurang. Sama seperti masalah kesehatan tubuh lainnya, rambut juga memerlukan nutrisi untuk membuatnya tetap tumbuh dan sehat. Apabila terjadi kekurangan gizi, maka rambut juga akan terpengaruh.

  • Diet dan penurunan berat badan yang dratis dapat menjadi penyebab rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh rambut yang kekurangan nutrisi sehingga tidak mampu bertahan.
  • Asupan vitamin A yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Vitamin A memang penting, namun konsumsinya harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan.
  • Asupan protein yang cukup. Protein tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang dan menjaga kekebalan tubuh saja. Protein juga sangat penting untuk menjaga rambut tetap sehat dan tumbuh dengan baik.
  • Sama seperti protein, asupan zat besi yang cukup menjadi penting untuk pertumbuhan rambut. Asupan zat besi yang kurang dapat menyebabkan rambut rontok.
  • Gangguan makan hingga anoreksia, ialah kondisi di mana tubuh kekurangan gizi. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi pertumbuhan rambut, dan menyebabkan rambut rontok.

Sumber: American Academy of Dermatology

Beri Komentar