Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Mudah

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 17 Juni 2019 11:43
Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Mudah
Masalah rambut rontok bisa saja dialami oleh siapa saja. Ada banyak cara mengatasi rambut rontok, apa saja?

Dream - Ada banyak penyebab rambut rontok, dan tidak semuanya berkaitan dengan masalah penuaan. Faktor-faktor penyebabnya bisa dari internal maupun eksternal.

Baik internal maupun eksternal dari seseorang yang mengalami masalah rambut rontok. Mulai dari dari masalah hormon, asupan gizi, hingga pengaruh lingkungan.

Dirasakan orangtua, atau muda, maupun laki-laki dan perempuan, semua orang bisa saja mengalami masalah rambut rontok.

Banyak perempuan yang mengalami rambut rontok karena hormon, baik ketika menstruasi dan pada saat melahirkan ataupun menyusui.

Banyak cara mengatasi rambut rontok yang bisa Sahabat Dream lakukan dan praktekan di rumah.

Ada tiga metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok, berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Metode 1: Topical Treatment di Rumah

Untuk membuat bahan perawatan ini bisa dibuat di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada kuning telur, minyak hangat, sampai teh hijau.

Cara membuat dan mengaplikasikannya ke rambutpun sangat mudah. Seperti beberapa tips di bawah ini:

-    Mencampurkan essential oil dengan minyak pijat, mampu membuat sirkulasi darah di kepala menjadi lancar.

Banyak jenis minyak yang bisa digunakan sebagai bahan campuran, seperti minyak almond, minyak wijen, hingga minyak kepala.

Dengan memijat kepala dengan campuran ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok.

 Minyak


-    Perawatan dengan minyak telur, juga terbukti jadi cara mengatasi rambut rontok. Minyak telur juga mampu membantu mengurangi uban, mencegah ketombe dan melembabkan rakmbut. Caranya dengan memijatkan minyak telur ke kulit kepala dan membiarkannya semalaman.

-    Selain itu, ada juga teh hijau yang bisa jadi cara mengatasi rambut rontok. Selain itu, teh hijau mengandung antioksidan yang mampu membantu pertumbuhan rambut.

Caranya dengan menyeduh the hijau dan membiarkannya dingin dan mengoleskannya ke rambut dan membiarkannya selama 1 jam sebelum dibilas.

2 dari 3 halaman

Metode 2: Mengubah Gaya Hidup


Selain mengaplikasikan minyak ke rambut secara rutin, mengubah gaya hidup bisa jadi pendukung cara mengatasi rambut rontok. Gaya hidup yang perlu diubah yaitu gaya hidup yang merugikan kesehatan dan mempengaruhi kondisi rambut.

Berikut ini gaya hidup yang bisa diubah untuk mengatasi rambut rontok:

-    Makan makanan yang mengandung protein tinggi menjadi satu di antara cara mengatasi rambut rontok dengan mengubah gaya hidup. Makanan seperti daging,  ikan, kedelai, dan sayur-sayuran bisa dikonsumsi, karena mengandung protein dan vitamin yang dibutuhkan rambut.

-    Jangan terlalu sering mencuci rambut, dan gunakanlah sampo yang bebas sulfat. Mungkin banyak yang merasa kerap mencuci rambut akan membuat rambut sehat, namun baiknya untuk jarang mencuci rambut. Selain itu pemilihan sampo juga sangat mempengaruhi kesehatan rambut.

 Ilustrasi

-    Mengurangi stres. Gaya hidup yang penuh tekanan memungkinkan kita mengalami stress sehingga membuat rambut rontok. Oleh karena itu, cara mengatasi rambut rontok dengan mengubah gaya hidup, salah satunya dengan mengurangi stress.


-    Selain itu, merokok jadi salah satu penyebab rambut mudah rontok. Bagi perokok, berhenti merokok menjadi cara mengatasi rambut rontok yang paling efektif untuk dilakukan. Kandungan toksin dalam rokok dapat merusak folikel rambut, sehingga membuat rambut rontok.

3 dari 3 halaman

Metode 3: Mengonsumsi Herbal


Selain dengan melakukan perawatan dengan minyak dan mengubah gaya hidup yang tidak sehat, ada satu lagi metode yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Dengan mengonsumsi suplemen dan herbal dapat menjadi cara mengatasi rambut rontok yang ampuh.

Berikut beberapa herbal dan suplemen yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi rambut rontok:

-    Suplemen saw palmetto, bisa menjadi pilihan suplemen yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi rambut rontok.

Sejak dahulu, saw palmetto sudah digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Saw Palmetto mampu memblokir DHT atau metabolit testosteron.

 Suplemen


-    Mengonsumsi berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, C, D, E, dan Omega-3, mampu mengatasi masalah rambut rontok. Vitamin A mengandung antioksidan yang baik digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut.

Vitamin E juga baik dikonsumsi, karena mampu mensirkulasi darah dan membuat folikel rambut menjadi lebih produktif.

Ketiga metode di atas sangat mudah diterapkan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Selain alami, metode tersebut bisa dilakukan di rumah tanpa harus repot. Selamat tinggal rambut rontok! (ism, sumber: WikiHow )

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik