Pakar Pendidikan Arief Rachman Diberhentikan Labschool

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Juli 2016 13:49
Pakar Pendidikan Arief Rachman Diberhentikan Labschool
Arief mengatakan mendengar kabar pemberhentian dirinya setelah berbincang dengan Ketua Badan Pengelola Sekolah Labschool Jakarta. Alasannya....

Dream - Pakar Pendidikan Profesor Arief Rachman kini tidak lagi menjabat sebagai Penasehat Badan Pengelola Sekolah Labschool Jakarta. Dia diberhentikan dari jabatan tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya.

" Betul, saya diberhentikan," ujar Arief saat dihubungi Dream melalui sambungan telepon, Kamis, 28 Juli 2016.

Arief mengatakan dia tidak mendapatkan kabar apapun terkait pemberhentian itu. Menurut dia, kabar itu didapat setelah berbincang dengan Ketua Badan Pengelola Sekolah Labschool Jakarta, Karnadi.

" Saya dapat kabar dari Ketua BPS Pak Karnadi. Dia mengatakan mendapat instruksi dari Rektor UNJ (Universitas Negeri Jakarta)," ucap Arief.

Arief mengaku mendapat kabar tersebut dua hari lalu. Selain dia, Konsultan Labschool Conny L Semiawan juga diberhentikan.

" Begitu mendapat kabar tersebut, saya bersama Bu Conny langsung memberitahukan kepada pengelola, kami sudah tidak lagi menjadi bagian dari Labschool."

Alasan Pemberhentian

1 dari 3 halaman

Alasan Pemberhentian

Terkait alasan pemberhetian tersebut, Arief mengaku sampai kini tidak tahu. " Untuk alasannya, mungkin Anda bisa bertanya ke pihak universitas," kata dia.

Arief mengaku selama ini tidak ada masalah antara dirinya dengan pengelolaan Labschool. Sehingga, Arief juga tidak mempermasalahkan pemberhentian tersebut meski tanpa pemberitahuan resmi.

 

2 dari 3 halaman

`Mungkin Sudah Tua`

Dengan berkelakar, Arief menduga pemberhentian dirinya kemungkinan karena faktor usia.

" Biar saja. Saya sambil berseloroh, mungkin karena saya sudah tua," tutur Arief sembari tertawa.

Labschool merupakan lembaga pendidikan yang digagas oleh Arief bersama sejumlah pakar pendidikan lainnya. Pengelolaan keuangan Labschool berada di bawah kewenangan Universitas Negeri Jakarta, sementara untuk hal teknis administrasi dan kurikulum diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hingga saat ini, Dream masih berusaha mengonfirmasi kabar pemberhentian 

3 dari 3 halaman

Muncul Petisi

Sementara itu di lini masa, muncul petisi yang mendesak rektor UNJ untuk membatalkan pemberhentian Arief Rachman.

" Pak Arief Rachman adalah bapak pendidik yang sangat kami segani di labschool. Beliau merintis labschool dari awal sampai saat ini berdiri dengan nama yg sangat harum dengan sejumlah prestasi akademik maupun non akademik yang setiap tahun ditorehkan oleh siswa siswa Labschool jakarta, kebayoran maupun cibubur," ujar pembuat petisi SK Nawangsari, dalam laman change.org

Nawangsari menambahkan, Arief saat ini sudah diberhentikan oleh rektor UNJ tanpa alasan yang transparan. " Kami sebagai alumni, orang tua yang menitipkan anaknya ke sekolah ini merasa sangat prihatin," tegasnya.

Dalam tuntutannya, Nawangsari mendesak agar Arief tetap duduk menjadi penasehat dan penaung anak-anak.

" Semoga suara kecil kami didengar. #saveariefrachman #savelabschool #saveconny,," pungkasnya.

Hingga pukul 13.42 WIB, petisi tersebut telah mendapat dukungan sebanyak 3.439 orang. Petisi ini ditujukan kepada Rektor UNJ.

Hingga saat ini, redaksi Dream masih mencoba mengonfirmasi kabar pemberhentian tersebut.

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo