5 Tips Mencegah Kenaikan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 29 Desember 2020 14:32
5 Tips Mencegah Kenaikan Berat Badan
Lakukan hal ini sebelum timbanganmu bertambah.

Dream - Setiap orang ingin memiliki berat badan yang ideal agar lebih nyaman dan sehat. Namun, pola hidup kurang sehat atau beberapa faktor lainnya dapat memicu kenaikan berat badan.

Meski penyebabnya cukup jelas, tapi tidak semua orang sadar ketika berat badannya bertambah. Ketika mereka mencoba menimbang berat badan, angkanya tiba-tiba saja bertambah.

Atau ketika mencoba pakaian yang ketat, ternyata sudah tidak muat lagi. Bahkan, kenaikan berat badan juga bisa menyebabkan penyakit tertentu.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Dilansir dari Times of India, berikut tips untuk menjaga berat badan agar tidak mengalami kenaikan.

1 dari 3 halaman

Tidak mengonsumsi banyak makanan setelah berat badan turun

Makan© Shutterstock.com


Orang yang berhasil mengalami penurunan berat badan setelah menjalani program diet dan berolahraga, biasanya menginginkan reward atau penghargaan.

Biasanya, penghargaan tersebut berupa makanan kurang sehat atau jam makan yang tidak ditentukan. Inilah yang kadang menjadi peluang untuk mengalami kenaikan berat badan.

Terutama jika mengonsumsi makanan terlalu banyak. Jadi, selalu perhatikan kalori yang dikonsumsi agar berat badanmu tetap stabil.

2 dari 3 halaman

Membuat daftar makanan yang dikonsumsi

Salah satu penyebab kenaikan berat badan adalah bertambahnya kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Jika ingin mencegah hal tersebut, buatlah daftar makanan yang dikonsumsi setiap hari dan jumlahkan kalori hariannya.

Cari tahu jumlah kalori harian yang sebaiknya dikonsumsi menggunakan calorie tracker. Kamu bisa menemukannya di situs tertentu.

Makanan yang dibekukan

Makanan yang dibekukan atau frozen foods biasanya telah ditambahkan pengawet, gula dan bahan kimia lainnya. Sehingga, seringkali diklaim sebagai makanan kurang sehat.

Hindari jenis makanan seperti ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah kenaikan berat badan.

3 dari 3 halaman

Mengonsumsi protein

Salmon© Pexels.com


Protein merupakan makronutrien yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi protein dalam jumlah cukup juga bisa mencegah kenaikan berat badan.

Jika terbiasa mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi karbohidrat atau lemak, gantilah dengan makanan kaya protein seperti daging merah dan brokoli.

Menghindari makanan tinggi karbohidrat

Makanan yang kaya akan karbohidrat dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Meski mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks, jika jumlahnya cukup banyak juga tetap akan meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati ketika mengonsumsi karbohidrat. Jika tidak melakukan banyak aktivitas, karbohidrat akan terus menumpuk menjadi lemak dan meningkatkan berat badan.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar