Tiktik Beauty Star, Foto : Nur Ulfa/Dream
Dream - Platform berbagi video pendek, TikTok, kini tak sekadar jadi aplikasi untuk pamer diri. Banyak Tiktokers di dunia kecantikan yang mulai menunjukan eksistensi dengan membuat konten video yang membahas skincare dan makeup.
Salah satu fenomena yang cukup menarik perhatian adalah para makeup artis (MUA) yang mememarkan keahlian mereka merias kliennya. Ide konten para MUA ini bahkan selalu sukses memikat penikmat TikTok karena kemampuan memoles wajah seseorang yang biasa saja menjadi terlihat cantik.
Haswar Hafid, Head of Brand Partnerships, TikTok Indonesia melaporkan konten bertema kecantikan dan fesyen telah mengalami pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun ke belakang.
Hal ini terlihat dari performa tagar #GayadiTikTok yang telah menerima lebih dari 8,6 miliar tayangan.
" Konten paling banyak itu adalah makeup di tiktok kaya skincare dan makeup sangat populer. Yang berhubungan dengan hastag skincare ada 11 miliar, orang-orang itu sangat suka dengan kecantikan," ujar Haswar Hafid dalam acara Beauty Star on TikTok di Jakarta, Kamis, 1 September 2022.
Haswar mengungkapkan terdapat sejumlah tagar populer seputar kecantikan yang menarik perhatian sangat besar dari para netizen. Beberapa di antaranya adalah #Beauty101 yang membahas tutorial makeup dengan 1,7 miliar tayangan.
Disusul #makeup yang telah disaksikan 292,1 miliar kali serta tagar #skincare yang telah dilihat sebanyak 110,6 miliar kali.
Melihat antusiasnya masyarakat terhadap konten makeup dan skincare, Tiktok Indonesia bekerjasama dengan L’Oréal Indonesia dan Indonesian Beauty Vlogger menggelar kompetisi nasional 'Beauty Star on TikTok'.
Event ini digelar untuk mencari sosok kreator konten yang memiliki kemampuan dan bakat yang luar biasa di dunia kecantikan.
" Kita mau apresiasi konten kreator untuk lebih berkembang. Harapan kita mereka bisa lebih berkembang," kata Haswar.
Sementara Fabian Prasetya Wijaya, Chief Digital & Media L’Oréal Indonesia mengatakan bahwa pertumbuhan komunitas kecantikan di TikTok merupakan indikasi positif untuk masa depan kreator kecantikan.
" Kami bangga bisa bekerja sama dengan TikTok dan menjadi bagian dari inisiatif ini," ungkap Fabian.
Dalam acara ini Beauty Star on TikTok juga berkolaborasi dengan figur publik dan para ahli di industri kecantikan Indonesia sebagai juri dan pembawa acara, di antaranya Jharna Bhagwani, Bubah Alfian, Patricia Gouw, Cindercella (Kreator Konten Kecantikan), Ashilla Sikado (TikTok's Top Beauty Creator), dan Minyo33 (Kreator Konten Kecantikan, IBV Founder dan CEO PT. DKCI).
Vanya Qinthara, Founder dari Indonesian Beauty Vlogger dan Juri Beauty Star on TikTok ikut merasa senang ikut dalam bagian ajang ini. Menurut dia, sangat banyak talenta luar biasa yang dimiliki generasi muda saat ini.
" Saya sangat bangga menyaksikan pertumbuhan komunitas kecantikan Indonesia yang sangat pesat bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu," imbuh Vanya Qinthara.
Hadir dalam format reality show, Beauty Star on TikTok diawali dengan audisi terbuka menggunakan tagar #BeautyStaronTikTok untuk menyaring 100 kreator terbaik guna memasuki babak semifinal, 100 semifinalis terpilih kemudian mengikuti berbagai tantangan intensif yang dihadirkan oleh TikTok dan L’Oréal.
Setelah mengikuti tantangan tersebut, 15 kreator finalis akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi workshop dan program mentoring eksklusif dari para ahli kecantikan Indonesia.